Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Evolusi

3 min read

Menurut teori evolusi, semua makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama.

Manusia dan mamalia lain diturunkan dari makhluk yang hidup lebih dari 150 juta tahun yang lalu, dan semua tumbuhan berasal dari mikroorganisme mirip bakteri yang sudah ada sejak 3 miliar tahun silam.

Variasi kehidupan hampir tak terbatas saat ini adalah buah dari proses evolusi. Lalu, apa sebenarnya pengertian evolusi? silahkan simak bahasan detailnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Evolusi Secara Umum

Pengertian-Evolusi-Secara-Umum

Kebanyakan non-ilmuwan tampak agak bingung tentang definisi yang tepat dari istilah evolusi.

Penyebab kebingungan ini adalah karena kata “evolusi” memiliki banyak arti yang berbeda tergantung pada konteksnya.

Namun, definisi evolusi secara umum dan paling sederhana adalah perkembangan sesuatu secara bertahap, terutama dari yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks.

Pengertian Evolusi Menurut Para Ahli

Pengertian-Evolusi-Menurut-Para-Ahli

Inilah beberapa definisi evolusi menurut sejumlah literatur ilmiah:

1. Charles Darwin:

Evolusi adalah keturunan dengan modifikasi. Artinya, spesies berubah seiring waktu, memunculkan spesies baru, dan berbagi nenek moyang yang sama.

2. Douglas J. Futuyma

Evolusi adalah perubahan sifat populasi organisme atau kelompok populasi selama beberapa generasi.

3. John Endler

Perubahan frekuensi alel antar generasi.

4. Ernst Mayr

Evolusi adalah perubahan karakteristik herediter dari kelompok organisme selama beberapa generasi.

5. Leigh van Valen

Evolusi merupakan kendali perkembangan dalam ekologi.

6. Menurut sejumlah kamus populer

Evolusi didefinisikan sebagai proses pertumbuhan dan perkembangan organisme masa kini yang tumbuh dan berkembang dari organisme masa lalu.

7. Juerg Byrne

Evolusi adalah perubahan komposisi genetik suatu populasi selama beberapa generasi berturut-turut.

8. James Hutton

Evolusi adalah cara makhluk hidup berubah seiring waktu.

9. Alfred Russel Wallace

Evolusi adalah teori biologi yang menyatakan bahwa berbagai jenis tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lain di Bumi berasal dari jenis yang sudah ada sebelumnya dan perbedaan yang ada saat ini terjadi karena adanya modifikasi dalam beberapa generasi.

10. Mayr

Evolusi adalah perubahan frekuensi gen dalam populasi.

11. Julian Huxley

Evolusi adalah proses terarah yang pada dasarnya tidak dapat diubah, tapi dalam perjalanannya menimbulkan peningkatan variasi dan tingkat organisasi yang semakin tinggi dalam produknya.

12. Curtis dan Barnes

Evolusi dapat didefinisikan sebagai setiap perubahan dalam frekuensi alel dalam kolam gen dari satu generasi ke generasi berikutnya.

13. Wilson

Evolusi adalah perubahan frekuensi gen dan konfigurasi kromosom dalam suatu populasi.

14. Hartl

Evolusi adalah perubahan kumulatif dalam susunan genetik suatu populasi yang mengakibatkan peningkatan adaptasi terhadap lingkungan.

15. Aristoteles

Evolusi adalah perubahan bertahap organisme dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih rumit.

Pengertian Evolusi Biologi

Pengertian-Evolusi-Biologi

Dalam biologi, evolusi adalah perubahan ciri-ciri suatu spesies selama beberapa generasi dan bergantung pada proses seleksi alam.

Teori evolusi biologi didasarkan pada gagasan bahwa semua spesies terkait dan secara bertahap berubah seiring waktu.

Evolusinya sendiri tergantung pada variasi genetik dalam suatu populasi, yang dapat mempengaruhi karakteristik fisik (fenotipe) suatu organisme.

Sejarah Evolusi

Sejarah-Evolusi

Orang pertama yang menjelaskan bagaimana evolusi terjadi adalah Charles Darwin dengan teori ilmiahnya tentang seleksi alam.

Charles Darwin mengamati bahwa meskipun individu-individu dalam suatu spesies memiliki kesamaan, tapi mereka bukanlah salinan persis satu sama lain, karena selalu ada perbedaan atau variasi kecil di antara mereka.

Pada tahun 1858, Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace mempublikasikan sebuah berjudul “On the Origin of Species” yang menjelaskan mekanisme evolusi secara detail.

Inti dari penjelasannya adalah proses organisme berubah dari waktu ke waktu sebagai akibat dari perubahan fisik dan perilaku yang diwariskan oleh nenek moyang.

Contoh Teori Evolusi

Contoh-Teori-Evolusi

Ada banyak sekali contoh teori evolusi, beberapa di antaranya adalah:

1. Contoh Evolusi di Alam

✓  Ngengat merica: ngengat ini awalnya memiliki warna terang, namun pencemaran industri membuat warnanya berubah menjadi gelap. Selain itu, ngengat berwarna terang lebih mudah dilihat oleh burung, sehingga dengan seleksi alam, ngengat berwarna gelap lebih bisa bertahan hidup dan bereproduksi.

✓  Kadal tembok Italia: kadal ini dibawa ke sebuah pulau dan dibiarkan di sana untuk melihat perubahan yang terjadi. Ternyata, kadal tersebut mengubah pola dan jenis makannya, yang menyebabkan perubahan ukuran kepala dan memiliki gigit yang lebih kuat.

✓  Burung kutilang Galapagos: awalnya, burung kutilang di Kepulauan Galapagos memiliki paruh besar untuk memecah kacang besar. Namun, sekelompok kutilang yang lebih besar datang dari pulau lain dan merebut kacang besar milik kutilang Galapagos. Seiring waktu, keturunan kutilang Galapagos mengembangkan paruh kecil untuk memakan kacang lebih kecil yang tidak dimakan oleh kutilang lainnya.

✓  Jerapah: nenek moyang jerapah yang hidup sekitar 50 juta tahun lalu memiliki leher pendek. Namun, kebiasaan jerapah yang memakan daun dari pohon tinggi membuat lehernya semakin meregang. Hal ini membuat setiap generasi jerapah menumbuhkan leher yang sedikit lebih panjang dari sebelumnya, sehingga jerapah pada masa sekarang memiliki leher sangat panjang.

2. Contoh Evolusi dalam Teknologi

✓  Ponsel telah berubah selama bertahun-tahun dari unit berukuran besar berbentuk kotak dan tebal menjadi unit sangat tipis yang pas digenggam. Berbagai fitur juga telah ditambahkan, sehingga ponsel zaman sekarang menjadi selengkap layar komputer.

✓  Ukuran layar televisi telah meningkat dari 12 inci pada tahun 1930-an menjadi layar sangat besar berukuran 756 inch.

✓  Ukuran komputer telah berkurang dari set-up seukuran ruangan pada tahun 1960-an menjadi layar sekecil tampilan televisi 12 inch.


Simak juga: Pengertian Literasi (Lengkap) Secara Umum & Para Ahli


Evolusi adalah istilah kuno yang saat ini cukup akrab di kalangan masyarakat. Bisa dibilang bahwa teori evolusi merupakan salah satu kunci fundamental dari teori biologi modern saat ini.

Berdasarkan penjelasan di atas, disimpulkan bahwa pengertian evolusi adalah perubahan dari waktu ke waktu, yang melibatkan semua aspek kehidupan termasuk mutasi, seleksi alam, pergeseran genetik, teknologi, dll.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Contoh Landasan Teori

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Riski M.pd
4 min read

Contoh Kajian Pustaka

Riski M.pd
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Riski M.pd
2 min read

Contoh Teks Deskripsi

Riski M.pd
4 min read

Pengertian Puasa

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *