danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Pengertian Evaluasi, Tujuan dan Manfaatnya

3 min read

Pengertian-Evaluasi

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, Anda tentu membutuhkan evaluasi dari orang lain. Evaluasi juga biasa diterapkan pada suatu kegiatan atau pada perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan mutu.

Evaluasi sangat berkaitan dalam berbagai aspek kehidupan untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas, baik pada perushaan, perseorangan, kelompok, maupun masyarakat secara luas. Berikut ini Cryptowi akan membahas secara detail mengenai evaluasi, silahkan simak dengan baik.

1. Pengertian Evaluasi

Pengertian evaluasi menurut Stufflebeam dkk adalah sebuah proses pemerolehan dan penyajian informasi yang berguna untuk menilai sebuah keputusan. Secara sadar atau tidak sadar, Anda akan selalu melakukan evaluasi dalam setiap aspek kehidupan.

Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pengumpulan informasi tentang kinerja pada suatu program yang nantinya informasi tersebut akan digunakan untuk memperbaiki dan mengoreksi kesalahan yang ada. Evaluasi merupakan suatu proses untuk mengumpulkan dan menggali informasi, serta digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.

Pengertian evaluasi secara umum adalah suatu proses menilai, mengukur, mengoreksi, dan perbaikan pada suatu kegiatan yang diselenggarakan dengan membandingkan proses/rencana dengan hasil yang dicapai. Evaluasi digunakan untuk mengumpulkan dan mengombinasikan data dengan standar tujuan  yang ingin dicapai sehingga dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

2. Contoh Evaluasi

Evaluasi memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan Anda. Setiap saat Anda dapat melakukan evaluasi terutama bagi diri sendiri sebagai langkah perbaikan diri. Contoh evaluasi misalnya evaluasi pendidikan atau pembelajaran. Evaluasi ini biasanya diterapkan di dunia pendidikan atau lingkungan sekolah.

Evaluasi pembelajaran berguna untuk mengetahui  kelemahan dari proses belajar-mengajar di sekolah. Misalnya saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru menjelaskan tentang perkalian dan pembagian. Guru memberikan latihan soal matematika untuk dikerjakan oleh siswa. Sebagian siswa mendapat nilai baik dan sebagian lainnya mendapat nilai yang kurang baik.

Hasil dari jawaban siswa dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Guru dapat melakukan perbaikan dan menyusun strategi untuk meningkatkan pemahaman dan nilai siswa. Hasil evaluasi juga bisa dijadikan dasar susunan peringkat pada siswa.

3. Tujuan Evaluasi

Tujuan dari evaluasi sendiri untuk membuat perbaikan agar kegiatan yang terselenggara sesuai dengan rencana yang dirancang. Hasil dari evaluasi itu sendiri dimaksudkan untuk melakukan perencanaan lanjutan untuk memperbaiki kekurangan dan kendala, baik dalam proses administrasi maupun manajemen.

Diterapkannya evaluasi didasari pada maksud dan tujuan tertentu. Berikut adalah tujuan diadakannya evaluasi.

  1. Mengetahui tingkat penguasaan dan pemahaman seseorang terhadap suatu bahasan atau kompetensi tertentu.
  2. Mengetahui kesulitan yang dialami oleh seseorang dalam suatu kegiatan atau program acara, sehingga dengan diadakan evaluasi dapat membantu memecahkan masalah dan kesulitan yang dihadapi.
  3. Mengetahui tingkat keefektifan suatu metode, cara, atau sumber daya yang terlibat dalam pelaksanaan suatu kegiatan.
  4. Sebagai umpan balik bagi pelaksana evaluasi untuk melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang ditemukan pada suatu kegiatan, sehingga dapat dijadikan sebagai langkah perbaikan dan acuan dalam mengambil keputusan untuk kegiatan selanjutnya.

4. Manfaat Evaluasi

Selain dilakukan untuk tujuan tertentu, evaluasi juga memiliki manfaat tersendiri untuk Anda atau pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah acara atau kegiatan. Berikut adalah manfaat dari evaluasi.

  1. Sebagai sarana untuk mengetahui keberhasilan suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan.
  2. Untuk mengetahui tingkat penguasaan dan pemahaman suatu materi, misalnya manfaat evaluasi pembelajaran pada siswa yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman dan nilai pada mata pelajaran tertentu.
  3. Sebagai tolok ukur untuk mengetahui ketepatan suatu metode yang diterapkan pada suatu kegiatan
  4. Untuk mengukur tingkat keberhasilan dan kegagalan pada suatu kegiatan atau objek kajian tertentu untuk dilakukan perbaikan dan peningkatan mutu/kualitas.

Melihat manfaat dari evaluasi yang sangat berguna bagi kehidupan, Anda bisa menerapkannya mulai dari diri sendiri terlebih dulu. Anda bisa memulainya dengan perbaikan dan koreksi sebagai langkah yang Anda tempuh untuk meningkatkan kualitas diri.

5. Metode Evaluasi

Adapun metode pada evaluasi yaitu bagaimana cara untuk bagaimana mendapatkan penilaian atau kesimpulan terhadap objek tertentu. Contohnya bisa jadi dengan evaluasi kerja karyawan atau pada program dan kebijakan. Berikut ulasan mengenai metode tersebut.

Metode Evaluasi Kinerja Karyawan

Cara untuk melakukan evaluasi dalam kinerja karyawan yang pertama Anda bisa melakukan dengan menghitung hasil kerja secara kuantitatif.

Dengan begitu maka akan mendapatkan hasil kinerja yang berkualitas. Metode ini sering dipakai dengan mengukur kemampuan karyawan sehari berhasil berapa banyak pekerjaan yang telah selesai dikerjakan atau produk sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Cara berikutnya Anda bisa meminta tanggapan pada pihak internal perusahaan.

Pasti setiap perusahaan karyawan tidak bekerja dengan sendiri akan tetapi mempunyai rekan kerja atau atasan yang bisa dimintai tanggapan mengenai kinerja karyawan yang sedang Anda evaluasi.

Sebaiknya bukan hanya meminta tanggapan tentang kinerja saja, tetapi tentang perilaku dan sikap karyawan juga penting guna untuk mendapatkan evaluasi yang baik.

Metode Evaluasi Kebijakan atau Program

Salah satu metode yang sering dijumpai ialah metode evaluasi pada kebijakan atau program tujuan dari evaluasi ini supaya bisa mendapatkan program-program ataupun kebijakan yang layak dan dapat diterima oleh kalangan masyarakat dengan baik.

Adapun cara evaluasi pada kebijakan atau program sebagai berikut:

Evaluasi Kebijakan Semu: Kebijakan ini dilakukan demi mendapatkan data atau fakta yang dijamin dengan kebernarannya. Dengan menggunakan berbagai grafik, tabel, angka dan analisis.

Evaluasi Kebijakan Formal: Pada evaluasi ini menggunakan metode deskritif demi menghasilkan informasi yang valid dan bisa dipercaya pada kebijakan. Dengan menggunakan teknik pemetaan pada sasaran, klarifikasi pada nilai dan analisis dampak.

 

Itulah bahasan mengenai pengertian evaluasi, contoh evaluasi, tujuan evaluasi, manfaat dan metode yang sering digunakan. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu permasalahan Anda, Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Sejarah Sepak Bola

danar
2 min read

Sejarah Olahraga

danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *