Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Ekosistem

2 min read

Saat masih di bangku Sekolah Dasar (SD) pada mata pelajaran IPA, pastinya Anda sudah pernah mendengar tentang ekosistem.

Tapi belakangan ini, ingatan tersebut perlu di recall kembali agar lebih memahami apa sih pengertian ekosistem, baik secara umum atau ahli, contoh dan komponennya.

Silahkan simak ulasan lengkapnya dari Cryptowi dibawah ini.

Pengertian Ekosistem Adalah

Pengertian-Ekosistem-Adalah

Secara singkat, ekosistem merupakan interaksi antara biotik (makhluk hidup) dengan abiotik (faktor fisik lingkungannya).

Banyak sekali elemen penyusunnya, diantaranya yaitu air, tanah, bebatuan, siklus energi, mineral dan lain sebagainya. Lebih lanjut lagi, hubungan tersebut juga terjadi antar spesies.

Masing-masing ekosistem memiliki keunikannya tersendiri sebagai pembeda dengan yang lainnya.

Pengertian lain juga menyebutkan bahwa ekosistem merupakan gabungan dari beberapa unsur biosistem yang memiliki hubungan antara lingkungan fisik dengan organisme sehingga mampu mengalirkan energi ke struktur biotik tertentu.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwasanya naluri makhluk hidup adalah berkumpul dengan komunitasnya dan berkembang biak di lingkungan yang ditinggali.

Proses inilah yang membentuk sebuah sistem kehidupan (ekosistem). Makhluk hidup akan mencoba beradaptasi yang secara tidak langsung juga turut mempengaruhi lingkungan yang ditinggali tersebut.

Hubungan semacam itulah yang membuat organisme atau makhluk hidup bekerjasama dalam menciptakan sebuah sistem untuk menjadikan bumi seimbang, sistem penjagaan alam dan layak untuk melangsungkan kehidupan.

Ekosistem sendiri terdiri dari banyak spesies dan unsur yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sumber daya, faktor kimia dan fisika.

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

Pengertian-Ekosistem-Menurut-Para-Ahli

Setelah mengetahui kata kuncinya, Anda juga harus memahami pengertian lebih luas yang didefinisikan oleh para ahli:

1. Soemarwoto

Soemarwoto mendefinisikan ekosistem sebagai sebuah ekologi yang terbentuk dengan hubungan timbal balik antara lingkungan dengan makhluk hidup yang menempatinya. Sebuah organisasi bisa disebut ekosistem apabila terdapat komponen dengan fungsinya masing-masing, namun saling terkoordinasi dengan baik.

Dari interaksi tersebut bisa terbentuk rantai makanan, jaring makanan dalam setiap proses siklus materi dan aliran energi.

2. G Tansley

Ia turut memberikan sumbangan tentang pengertian ekosistem yaitu sebuah ekologi yang di dalamnya terdapat fungsi dan struktur. Struktur tersebut berkaitan dengan keragaman spesies tinggi dengan struktur kompleks.

Sedangkan fungsi dalam ekosistem berkaitan dengan arus energi dan siklus materi semua komponen.

3. UU Lingkungan Hidup Tahun 1997

Pemerintah juga turut andil dalam pendefinisian ekosistem yang diartikan sebagai tatanan utuh, menyeluruh dan unsur yang saling berpengaruh. Unsur tersebut terdiri dari biotik dan abiotik yang semuanya tidak bisa terpisahkan, saling mempengaruhi, berinteraksi dan berhubungan.

4. Woodbury

Woodbury memberikan pengertian ekosistem merupakan tatanan yang sangat kompleks, terdiri dari tumbuhan, hewan dan habitat. Keseluruhannya menjadi mata rantai yang saling berhubungan.

Pengertian Ekosistem Buatan

Pengertian-Ekosistem-Buatan

Anda harus tahu apa sih yang dimaksud dengan ekosistem buatan? Yaitu suatu siklus mata rantai yang diciptakan oleh manusia untuk tujuan tertentu atau pemenuhan kebutuhan.

Disusun secara rapi dengan keanekaragaman yang terbatas.

Ciri-ciri dari ekosistem buatan yaitu diupayakan untuk melestarikan kelompok hewan atau tumbuhan tertentu.

Selain itu digunakan sebagai sarana belajar dan hiburan, pemenuhan kebutuhan sehari-hari hingga mengambil manfaat apa yang sudah dipelihara.

Jenis ekosistem buatan cukup banyak, jika di daratan Anda bisa menemukan agro ekonomi yang didominasi pemenuhan pangan manusia, contohnya adalah tebu, kopi, padi, jagung dan lain sebagainya.

Sedangkan di air contohnya adalah aquarium yang bisa menghadirkan banyak biota dengan desain yang mirip dengan kehidupan di laut.

Contoh Ekosistem Adalah

Contoh-Ekosistem-Adalah

Ekosistem dibagi menjadi dua, yaitu alami yang dibentuk langsung oleh alam dan buatan yang sudah dijelaskan di atas.

Contoh ekosistem alami diantaranya sebagai berikut:

✓   Hutan hujan tropis yang bisa mencapai 200 hingga 225 cm per tahunnya. Ciri-ciri pohonnya tinggi besar dengan hewan seperti badak, kera dan harimau

✓   Hutan gugur yang berada di daerah sub tropis dengan curah hujan 75-100 cm per tahunnya. Pohonnya tidak terlalu banyak dan sedikit rindang. Hewan yang menempatinya adalah hamster, beruang dan jenis lain yang berhibernasi di musim dingin.

✓   Ekosistem sungai yang dihuni oleh beraneka ragam ikan seperti lele, nila, gurami dan lain sebagainya.

Sedangkan ekosistem buatan selain agro ekonomi dan aquarium adalah suaka margasatwa dengan keunikan yang berbeda setiap daerah.

Berisikan flora dan fauna yang dilindungi. Ada juga kebun binatang yang hewannya sengaja dikonservasi dengan alam buatan yang terpisah-pisah sesuai dengan jenis hewannya.

Komponen Ekosistem

Komponen-Ekosistem

Menurut bacaan yang ada di Encyclopaedia Britannica terdapat dua komponen sebagai penyebab terbentuknya ekosistem, yaitu biotik dan abiotik. Penjelasannya berikut ini:

1. Komponen Biotik

Yaitu yang terdiri dari makhluk hidup dan dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah heterotrof yang disebut sebagai pengurai, menciptakan makanannya sendiri, menguraikan bahan organik dengan struktur yang lebih kompleks. Kedua adalah dekomposer untuk menguraikan organisme yang sudah mati.

2. Komponen Abiotik

Komponen abiotik berupa makhluk mati, contohnya adalah tanah dan batu yang mempunyai peran membatasi penyebaran organisme. Ada juga iklim baik global, regional dan lokal. Suhu juga dapat mempengaruhi proses biologi loh, karena makhluk hidup pasti membutuhkan regulasi temperatur untuk tubuhnya.


Simak juga: √ Pengertian Bakteri (Lengkap) Klasifikasi Dan Ciri-Ciri


Pengertian ekosistem di atas harus dipahami dengan sebaik mungkin. Kuncinya adalah interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, saling mempengaruhi dan tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Dipengaruhi oleh dua komponen yaitu biotik seperti manusia atau hewan dan abiotik yaitu batu, tanah, iklim dan lainnya.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Metamorfosis Nyamuk

Danar
2 min read

Metamorfosis Kecoa

Danar
3 min read

Metamorfosis Sempurna

Danar
3 min read

Pengertian Pesawat Sederhana

Danar
2 min read

Pengertian Bakteri

Danar
2 min read

Gaya Pegas

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *