Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Database

2 min read

Database atau basis data merupakan hal yang penting di dunia komputer. Basis data juga menjadi aspek terpenting di dalam sistem informasi.

Fungsi dari database itu sendiri adalah sebagai gudang penyimpanan data, yang kemudian akan diolah kembali.

Database ini menjadi penting karena memiliki kemampuan dalam mengorganisasi, menghindari duplikasi dan menghindari hubungan diantara data yang tak jelas, atau data yang updatenya terbilang sulit/rumit. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Database Secara Umum

Pengertian-Database-Secara-Umum

Mungkin masih banyak orang yang belum paham, apa yang dimaksud dengan database.


Pengertian database pada umumnya adalah sekumpulan data dan informasi yang berasal dari berbagai sumber, yang sudah tersusun dan tersimpan dengan cara yang sistematik di dalam komputer, yang juga bisa diperiksa kembali, diolah serta dimanipulasi.


Pemeriksaan, pengolahan dan manipulasi data ini bisa dilakukan dengan menggunakan program komputer. Cara itu dilakukan untuk memperoleh informasi dari database yang sudah ada.

Biasanya program komputer yang digunakan untuk mengolah atau memeriksa data kembali, menggunakan sebuah sistem yang disebut dengan database management system.

Istilah dari basis data itu sendiri merujuk pada beberapa kata yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Tujuan dibuatnya basis data adalah supaya bisa dikelola dan digunakan dengan cara yang lebih efektif dan juga efisien.

DBMS atau database management system merupakan sebuah sistem yang berada di dalam software yang memungkinkan penggunanya, untuk mengakses data, memelihara hingga mengontrol data dengan cara yang lebih praktis dan juga efisien.

Seluruh akses yang masuk ke dalam basis data akan ditanggulangi oleh database management system tersebut.

Lapisan yang menghubungkan program aplikasi tertentu dengan basis data yang ada, akan memastikan bahwa database akan selalu terorganisasi dengan konsisten. Data yang ada juga menjadi lebih mudah diakses.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian-Database-Menurut-Para-Ahli

Banyak ahli yang memiliki kemampuan khusus di bidang teknologi informasi, yang mengemukakan pengertian database atau definisi dari basis data itu sendiri.

Berikut ini pengertian basis data menurut ahlinya yang telah kami dapatkan dari Sudutpc.com:

1. Menurut Jogiyanto

Definisi database menurut Jogiyanto adalah sekumpulan informasi atau data yang saling terkait satu dengan yang lainnya, yang dimana data itu tersimpan di luar komputer. Untuk memanipulasi data tersebut tentu dibutuhkan software tertentu atau software secara khusus.

2. Menurut Abdul Kadir

Pengertian basis data menurut Abdul Kadir adalah sebuah pengorganisasian dari kumpulan data yang juga saling terkait. Hal itu akan saling memudahkan segala aktivitas yang ada untuk mendapatkan informasi.

3. Menurut S. Atte

Pengertian basis data menurut S. Atte adalah koleksi dari beberapa data yang saling terkait dan ada di dalam sebuah organisasi/enterprise dengan penggunaan yang cukup beragam.

4. Menurut Fabbri dan Schwab

Definisi database menurut Fabbri dan Schwab adalah sistem berkasi yang sifatnya terpadu yang memang dirancang secara khusus, supaya bisa meminimalisir pengulangan atau yang disebut dengan redundancy data.

5. Menurut Toni Fabbri

Pengertian basis data menurut Toni Fabbri adalah sebuah sistem yang ada pada beberapa file data yang dimana file data tersebut terintegrasi, dan memiliki sebuah primary key yang tujuannya adalah untuk melakukan proses pengulangan data.

6. Menurut Gordon C. Everest

Database adalah kumpulan data yang sifatnya analisis, terbagi, mekanis, dan juga terdefinisi dengan cara yang formal dan bisa dikontrol. Pengontrolan data itu terpusat di suatu organisasi tertentu.

7. Menurut C.J Date

Pengertian dari database menurut C.J Date adalah koleksi informasi atau data operasional yang memang sengaja disimpan serta dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi tertentu.

Pengertian Database Server

Pengertian-Database-Server

Ada pula yang disebut dengan database server, dan yang dimaksud dengan database server ini adalah sebuah program di dalam komputer yang menyediakan sebuah layanan, dalam mengelola sebuah basis data.

Database server ini juga melayani program aplikasi database dan melayani komputer yang secara umum menggunakan server tertentu.

Tujuannya adalah untuk menjalankan sebuah program terkait. Secara umum, sistem manajemen basis datanya menyediakan beberapa fungsi server pada database.

Beberapa sistem manajemen basis data ini tergantung pada model klien server yang digunakan untuk mengakses database.

Pengertian Database MySQL

Pengertian-Database-MySQL

Tahukah Anda tentang MySQL? Database MySQL ini adalah sebuah database management system yang menggunakan perintah dasar, yang berasal dari SQL atau Structured Query Language.

Database management system pada MySQL ini merupakan jenis database yang open source, dan terbentuk dari 2 lisensi.

Maka database MySQL adalah sebuah database server yang tidak dikenakan biata alias gratis dengan menggunakan lisensi dari  GNU General Public License (GPL).

Hal itu bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi atau keperluan secara komersil, tetapi Anda tidak harus membayar lisensi yang sudah ada.

Dalam MySQL ini terdapat beberapa tabel atau hanya terdiri dari satu tabel saja. SQL merupakan istilah yang digunakan dalam proses mengambil data relational atau data yang sudah terstruktur dengan baik.

SQL ini bisa juga diartikan sebagai penghubung antar software aplikasi dengan database server.

Cara membuat database di excel juga sangat mudah, dan database akan menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Adanya database ini tentu data yang ada di suatu perusahaan atau organisasi akan terjaga dengan baik, dan tidak mudah hilang atau diambil begitu saja. Sesuai dengan pengertian database itu sendiri yaitu segala informasi data yang sudah tersimpan dan tersusun dengan baik di dalam komputer.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian Sistem Operasi

Danar
2 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar
2 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *