Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian CMS dan Manfaatnya

1 min read

Di zaman serba internet seperti saat ini, melihat seseorang memiliki website entah untuk keperluan branding diri atau bisnis, tentu bukan hal yang aneh. Website memang menjadi cara terbaik memperkenalkan sesuatu di zaman online seperti sekarang. Apakah sulit membuat website? Tentu saja tidak asalkan Anda memilih CMS yang tepat. Nah lho, apa pengertian CMS?

Secara mudah, CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak alias software yeng mengatur konten-konten dalam sebuah website. Tentu saja website yang dimaksud ini bisa e-commerce, company profile, forum hingga tentunya blog yang kerap dimiliki oleh individu. CMS ini sendiri menjadi solusi membuat website tanpa perlu belajar bahasa pemrograman.

Terdapat dua elemen utama dalam CMS yakni CMA (Content Management Application) untuk mengolah dan manajemen konten, serta CDA (Content Delivery Application) untuk meng-update website. Ada banyak sekali macam CMS seperti Joomla, Drupal dan tentunya WordPress yang sangat populer itu. Agar makin paham pengertian CMS, berikut kami bahas manfaatnya:

Manfaat CMS Bagi Pengelolaan Website

1. Bikin Website Makin Efisien

Mereka yang sibuk menggeluti bisnis online, memang bisa dibilang tak punya waktu kalau harus membangun website dari nol. Agar mempermudah dan membuat segalanya makin efisien, Anda tinggal memilih platform CMS saja. Lalu kemudian tinggal tentukan nama domain, sewa jasa hosting dan dalam waktu singkat, website sudah aktif dan Anda dapat update konten rutin.

2. Tak Paham Coding? Bukan Masalah!

Seperti yang disinggung dalam pengertian CMS sebelumnya, platform ini hadir untuk siapapun yang ingin punya website tanpa perlu belajar bahasa pemrograman alias coding. Karena ketika Anda ingin menulis konten, tinggal pilih saja menu yang tersedia lalu kemudian upload, lengkapi dengan foto atau video menarik, konten yang dibuat bakal langsung tayang di website.

3. Gampang Update dan Pilah Konten

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, keberadaan CMS sangat mempermudah Anda untuk update informasi. Misalkan saja sedang berbagi pengalaman saat travelling atau rilis produk bisnis baru, tinggal tulis dan upload saja lewat CMS, semua beres.

Bahkan fitur yang ditawarkan pun lengkap sehingga Anda bisa menambah berbagai fitur dan memilah-milih konten dalam beberapa kategori yang bisa tampil di website.

4. Tak Ribet Maintenance

Maintenance adalah hal penting dalam perawatan website. Tanpa adanya CMS, Anda yang tidak paham coding tentu bakal direpotkan. Namun dengan CMS, proses maintenance akan lebih efektif karena biasanya update dan perbaikan pada salah satu bagian saja, sehingga tak perlu pembaharuan satu-persatu dan semua dilakukan oleh platform CMS secara otomatis

WordPress, CMS Terfavorit Bikin Website

Dari pengertian CMS dan manfaat yang ditawarkan, tak heran kalau platform tersebut kini jadi pilihan banyak orang dalam membangun website. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WordPress menjadi CMS yang disukai banyak orang. Kenapa? Karena cara membuat website dengan WordPress sangatlah mudah dipelajari.

Saat Anda menggunakan CMS WordPress, langkah pertama adalah tinggal menentukan saja mau membuat akun di wordpress.com atau wordpress.org terlebih dulu. Lalu membeli domain yang diinginkan, menyewa layanan hosting dan kemudian langsung upload konten yang diinginkan. WordPress sendiri memang sejalan dengan pengertian CMS yang sudah dijelaskan, sehingga membuat platform itu sangat cocok bagi pemula. Tampilannya yang simple dan clean, menjadikan WordPress sebagai CMS yang paling banyak digunakan oleh pemilik website di seluruh dunia.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Membeli Baju Bayi

Riski M.pd
2 min read

Cara Belajar Efektif

Riski M.pd
2 min read

Tata Ruang Kantor

Riski M.pd
3 min read

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Model Baju Ulos

Riski M.pd
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *