Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Belajar

2 min read

Apa yang pertama kali Anda pikirkan saat ditanya tentang pengertian belajar? Apakah seorang anak yang duduk di meja dan menghadap buku ataukah para siswa yang sedang mendengarkan penjelasan guru di dalam kelas?

Tidak salah memang karena kegiatan tersebut juga termasuk belajar. Tetapi, Anda perlu mengetahui definisi belajar yang lebih luas dari itu.

Untuk supaya bisa lebih paham, sebaiknya simak ulasan lengkapnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Belajar Secara Umum

Pengertian-Belajar-Secara-Umum

Pengertian secara adalah proses perubahan yang terjadi pada seseorang dari yang tadinya belum baik ataupun masih kurang menjadi lebih bagus ataupun meningkat.

Dengan kata lain, perubahan yang dialami seseorang merupakan hal yang positif karena adanya peningkatan.

Adapun peningkatan yang dimaksud meliputi berbagai hal. Sebagai contoh, melalui belajar Anda dapat meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kemampuan dalam berpikir, menjadi mahir melakukan suatu kegiatan, atau menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar.

Banyak yang mengatakan bahwa belajar adalah proses sepanjang hayat. Benarkah? Bisa dikatakan demikian karena Anda membutuhkan waktu untuk memahami dan mahir dalam bidang tertentu.

Proses yang ada dalam konsep belajar merupakan sesuatu yang berkesinambungan.

Anda akan terus belajar selama masih hidup bahkan saat tanpa disadari.

Belajar yang berkesinambungan tersebut sangat erat kaitannya dengan perkembangan zaman.

Anda akan terus disuguhi sesuatu yang baru. Apabila tidak mampu memahami ataupun mengendalikan, maka Anda akan tertinggal dan tidak dapat bertahan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu usaha agar tetap up to date dengan zaman yang semakin maju.

Perubahan yang dihasilkan dari proses belajar bersifat relatif permanen.

Misalnya, Anda belajar mengendarai motor, maka keterampilan itu akan menjadi milik Anda selamanya. Semakin sering digunakan, maka akan semakin mahir.


Simak juga: Kata-Kata Motivasi Belajar Islam Bikin Semangat


Pengertian Belajar Menurut KBBI

Pengertian-Belajar-Menurut-KBBI

Saat Anda membuka KBBI untuk mencari tahu definisi dari belajar, pasti diarahkan ke kata ‘ajar’. Alasannya, ‘ajar’ merupakan kata dasar dari verba ‘belajar’.

Dengan begitu, kata dasarnya dimunculkan terlebih dahulu sebelum kata pembentukannya yakni ‘belajar’.

Berdasarkan morfologinya, ‘belajar’ terbentuk dari awalan ‘ber-‘ ditambah dengan kata dasar ‘ajar’. Kata ‘ajar’ sendiri tergolong dalam kelas kata nomina yang bermakna petunjuk untuk orang lain agar mengetahui suatu hal.

Lalu, apa pengertian belajar yang termuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Terdapat tiga makna yang dicantumkan untuk menjelaskan kelas kata verba ini.

Pertama adalah usaha untuk mendapatkan ilmu atau kepintaran. Contoh penggunaannya dalam kalimat, yakni “Setiap hari, Anggun selalu belajar merajut ditemani oleh ibunya.” Berarti, Anggun ingin memiliki kepandaian dalam hal merajut dengan berusaha melakukannya secara rutin.

Kedua, belajar memiliki arti yang sama dengan berlatih. Penggunaannya dalam kalimat seperti “Rena sedang belajar menari balet di sanggar dekat rumahnya.” Dalam hal ini, agar pandai menari balet Rena harus belajar dengan cara berlatih terus menerus.

Kemudian, penjelasan belajar yang ketiga yaitu berubahnya tingkah laku seseorang yang dipicu oleh pengalaman. Contohnya dalam kalimat yakni “Andi dipuji oleh Kepala Departemen atas pidatonya yang mengagumkan. Hal tersebut karena Andi sudah belajar public speaking dan terbiasa berbicara di depan banyak orang sejak lama”.


Simak juga: Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak


Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian-Belajar-Menurut-Para-Ahli

Referensi mengenai definisi belajar dapat bersumber dari beberapa pakar.

Berikut beberapa ahli yang memberikan pandangannya:

1. George J. Mouly

Belajar dalam kacamata seorang George J. Mouly adalah proses perubahan perilaku karena pengalaman yang dialami oleh orang tersebut. Pengalaman berperan penting dalam proses belajar.

2. Garry dan Kingsley

Inti yang masih sama tetapi lebih dalam dikemukakan oleh Garry dan Kingsley. Definisi belajar merujuk pada proses dari berubahnya tingkah laku manusia tidak hanya melalui pengalaman tetapi juga latihan yang terus menerus.

3. Arthur T. Jersild

Selanjutnya, Arthur T. Jersild juga menjelaskan pengertian belajar yang hampir sama. Menurutnya, belajar adalah proses perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman dan latihan.

4. Horgen

Berdasarkan pandangan Horgen, belajar juga dipicu oleh adanya pengalaman dan latihan. Lebih jelasnya lagi, beliau menekankan bahwa perubahan yang dihasilkan dari proses belajar bisa bersifat permanen.

5. B. F. Skinner

Pendapat Skinner mengenai belajar adalah proses yang berlangsung secara kontinyu dan menyebabkan perubahan perilaku pada individu yang mengalaminya. Menurut Skinner, hasil yang didapat dari belajar tidak langsung dirasakan tetapi membutuhkan waktu dan penyesuaian.

6. McGeoch

Belajar dimaknai oleh McGeoch sebagai sebuah proses latihan yang menghasilkan perubahan pada diri manusia. Intinya, belajar sama saja dengan berlatih.

7. Kimble

Masih mengandung makna yang sama, Kimble juga menekankan bahwa belajar adalah perubahan yang dihasilkan dari latihan. Semakin kuat latihan yang dialami, maka semakin baik perubahan yang didapat. Sifat perubahan tersebut relatif tetap.


Simak juga: Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam, Tujuan, Manfaat


Membahas mengenai pengertian belajar tidak selalu identik dengan siswa, bukan? Setiap orang termasuk Anda dan apapun profesinya pasti mengalami suatu proses belajar.

Tidak harus duduk manis dengan buku-buku, belajar dapat dilakukan di manapun dan melalui aktivitas apapun. Bahkan belajar adalah proses yang berlangsung sepanjang hidup tiap individu.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

Contoh Nota

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Observasi

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *