Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Aplikasi

2 min read

Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang penggunaan program atau aplikasi. Anda sendiri pastinya juga memiliki beragam aplikasi di smartphone.

Ada jutaan aplikasi di App Store dan Google Play yang menawarkan layanan gratis hingga berbayar. Tapi apa sebenarnya pengertian aplikasi?

Aplikasi merupakan istilah umum untuk menyebut aplikasi seluler sederhana yang dapat didownload dengan harga murah atau bahkan gratis.

Banyak aplikasi juga tersedia untuk komputer dan bahkan beberapa TV. Berikut informasi lengkapnya.

Pengertian Aplikasi Secara Umum

Pengertian-Aplikasi-Secara-Umum

Sederhananya, aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang memungkinkan Anda melakukan tugas tertentu.

Aplikasi untuk komputer desktop atau laptop disebut aplikasi desktop, sedangkan untuk perangkat seluler disebut aplikasi seluler.

Saat Anda membukanya, aplikasi tersebut berjalan di dalam sistem operasi hingga Anda menutupnya.

Sering kali, Anda akan membuka lebih dari satu aplikasi pada waktu yang sama, yang dikenal sebagai multitasking.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Aplikasi-Menurut-Para-Ahli

Sejumlah ahli mendefinisikan istilah “aplikasi” dengan cara berbeda, seperti berikut ini:

1. Yan Tirtobisono (1999:21)

Aplikasi (atau disebut juga sebagai program aplikasi) adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna.

2. Jogiyanto

Aplikasi adalah program perangkat lunak (software) yang berjalan di komputer. Browser web, program email, pengolah kata, game, dan utilitas lainnya merupakan contoh aplikasi.

3. Vangie Beal

Aplikasi adalah program apa pun atau sekelompok program yang dirancang untuk pengguna akhir. Perangkat lunak aplikasi (juga disebut program pengguna akhir) mencakup hal-hal seperti program database, pengolah kata, browser web, dan spreadsheet.

4. Rachmad Hakim S.

Istilah aplikasi mengacu pada perangkat lunak yang merupakan sekumpulan instruksi atau kode yang ditulis dalam program untuk melaksanakan tugas atau operasi di komputer dan smartphone.

5. Ibisa

Perangkat lunak aplikasi adalah program pengguna akhir yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas di berbagai bidang pekerjaan, seperti membuat dokumen, spreadsheet, database, publikasi, melakukan riset online, mengirim email, membuat desain grafis, menjalankan bisnis, bermain game, dsb.

6. Harip Santoso

Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan dapat sesederhana aplikasi kalkulator atau serumit aplikasi pengolah kata.

7. Kaia Roman

Aplikasi, atau sering disingkat menjadi app, adalah program atau seperangkat program yang memungkinkan pengguna akhir untuk melakukan fungsi tertentu. Misalnya, perusahaan e-commerce menyediakan aplikasi kepada pelanggan untuk memfasilitasi pembelian dan layanan.

8. Dennis Bartolus

Aplikasi adalah istilah yang digunakan dalam komputasi untuk mendefinisikan program atau sekelompok program yang menjalankan suatu fungsi.

Pengertian Aplikasi Komputer

Pengertian-Aplikasi-Komputer

Aplikasi desktop atau komputer adalah program komputer yang berjalan secara lokal di perangkat komputer seperti PC atau laptop. Aplikasi komputer dibatasi oleh persyaratan perangkat keras dari perangkat yang menjalankannya.

Aplikasi memainkan peran penting dalam komputer karena merupakan program pengguna akhir yang memungkinkan user melakukan banyak hal dalam suatu sistem.

Perangkat lunak aplikasi tidak dapat berjalan sendiri karena memerlukan perangkat lunak sistem untuk menjalankan program.

Perangkat lunak sistem seperti Windows, Mac, Linux, dan banyak lagi membantu perangkat lunak aplikasi untuk dijalankan di Komputer.

Dengan kata lain, komputer membutuhkan sistem operasi dan sistem operasi membutuhkan perangkat lunak aplikasi.

Kesimpulannya, tanpa aplikasi, komputer hanyalah sebuah halaman kosong.

Salah satu aplikasi paling populer dan banyak digunakan di komputer adalah pengolah kata Microsoft, yang dapat digunakan untuk kalkulasi, menyalin, menempel, menghapus, dan menambahkan warna/gambar, serta dapat mengubah tampilan dengan menggunakan properti bawaan.

Pengertian Aplikasi Bisnis

Pengertian-Aplikasi-Bisnis

Aplikasi bisnis adalah sebuah paket perangkat lunak yang menjalankan fungsi bisnis seperti akuntansi, penggajian, marketing, desain grafis, project management, dll.

Fungsi aplikasi bisnis adalah menyimpan informasi dan data (yang juga dapat digunakan untuk memanipulasi data tersebut sesuai dengan kebutuhan), meningkatkan produktivitas, mengukur produktivitas, dan menjalankan bisnis secara efisien.

Pengertian Aplikasi Pendidikan

Pengertian-Aplikasi-Pendidikan

Aplikasi pendidikan adalah perangkat lunak yang diciptakan dan dikembangkan untuk tujuan pengajaran dan pembelajaran, yang secara virtual hadir dalam perangkat komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

Perangkat lunak pendidikan mencakup berbagai bentuk, biaya, dan tujuan.

Ada keuntungan tak terhitung dari penggunaan aplikasi pendidikan untuk guru dan siswa, seperti:

✓  Meningkatkan sistem pendidikan

✓  Mendorong siswa dari segala usia belajar dan mengeksplorasi lebih banyak hal dari mana saja

✓  Membantu meningkatkan minat belajar karena merasa bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan

✓  Memudahkan siswa mempelajari berbagai hal dan mengingatnya dalam waktu yang lama

✓  Lebih mudah dipahami dan digunakan dibandingkan dengan buku fisik

✓  Waktu belajar lebih fleksibel

✓  Mengurangi kesenjangan

✓  Interaksi kualitas

✓  Ketersediaan 24/7

✓  Pembelajaran sistematis diaktifkan

✓  Portabilitas dan mobilitas

Pengertian Aplikasi Digital

Pengertian-Aplikasi-Digital

Aplikasi digital adalah alat komunikasi yang memungkinkan suatu brand berkomunikasi dengan pelanggan potensial atau masyarakat luas.

Dalam pemasaran digital, aplikasi ini memungkinkan brand untuk terlibat dengan sejumlah besar pengguna internet sehingga dapat mempromosikan brand tersebut, membuat brand lebih terekspos, menarik pelanggan potensial, dan untuk menghasilkan prospek serta riset pasar.

Biasanya, aplikasi digital dibuat dengan mempertimbangkan beberapa karakteristik penting, seperti kegunaan, harus sesuai dengan strategi komunikasi, memiliki daya tarik visual bagi pengguna, menjadi hiburan (menyenangkan untuk digunakan), dan membawa manfaat.

Intinya, aplikasi digital memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan suatu merek.


Simak juga: √ Pengertian Jaringan Komputer (Macam, Fungsi, Manfaat)


Setiap komputer dan perangkat seluler akan dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang sudah ada di dalamnya, seperti browser web dan pemutar media.

Namun, Anda juga dapat membeli dan menginstal aplikasi baru untuk menambahkan lebih banyak fungsionalitas. Aplikasi sendiri dapat digunakan di berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan sebagainya.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian Sistem Operasi

Danar
2 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *