Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Akuntansi

3 min read

Tanpa Anda sadari akuntansi sangat berdekatan dengan kehidupan kita.

Saat Anda mencatat daftar belanjaan, mencatat pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari atau berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan air dan listrik itupun juga merupakan masih bagian dari akuntansi.

Maka untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian akuntansi, mari simak artikel dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian-Akuntansi-Menurut-Para-Ahli

Kata “akuntansi” berasal dari bahasa Perancis yaitu “compter” yang memiliki arti “untuk berhitung”, sedangkan dalam bahasa Inggris berasal dari kata “account” yang berarti “menghitung”.

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian akuntansi, sebagai berikut.

1. Sophar Lumbantoruan

Akuntansi adalah piranti bisnis yang berisi tentang data atau informasi dan hanya dipahami dengan mekanisme tertentu yang telah disepakati dan dimengerti para penggunanya.

2. M. Gede

Akuntansi adalah suatu ilmu terapan dan seni pencatatan menurut aturan dan sistem yang berlaku, yang dilakukan secara terus-menerus.

Akuntansi merupakan proses pengolahan dan analisis catatan yang disusun menjadi sebuah laporan keuangan dan kinerja pada suatu lembaga atau perusahaan.

3. Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison

Akuntansi merupakan suatu sistem atau alat informasi yang digunakan sebagai pengukur aktivitas bisnis, pengolahan data menjadi laporan, dan sebagai alat untuk menyampaikan hasil untuk para pengambil keputusan pada suatu lembaga atau perusahaan.

4. Littleton

Pengertian akuntansi menurut Littleton adalah suatu perhitungan komparasi atau perbandingan antara biaya yang dikeluarkan dengan pencapaian hasil yang merupakan sebuah prestasi atas usaha yang telah dilakukan.

5. Mulyadi

Mulyadi mengemukakan bahwa akuntansi adalah alat pencatatan dan penyajian data menjadi laporan keuangan yang bertujuan untuk memudahkan mengatur pengelolaan sebuah perusahaan atau lembaga.

6. Soemarso S.R.

Akuntansi adalah sebuah proses untuk mengukur, mengidentifikasi, dan mengumpulkan data untuk dijadikan laporan informasi ekonomi, yang akan ditindaklanjuti untuk memberikan penilaian dan sebagai dasar pengambilan keputusan pihak terkait yang membutuhkan data atau informasi tersebut.

7. Arnold

Akuntansi dipandang sebagai suatu sistem atau alat penyedia data atau informasi berupa data keuangan untuk pihak-pihak pembuat keputusan dan yang mengendalikannya.

8. Accounting Principle Board (APB) Statement

Akuntansi didefinisikan sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi memberikan data kuantitatif, berupa ukuran uang yang diberlakukan oleh suatu badan ekonomi atau perusahaan yang bertujuan untuk mengambil keputusan ekonomi.

9. American Accounting Association

Akuntasi adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, mencatat, mengukur suatu data atau informasi yang digunakan sebagai laporan transaksi keuangan suatu lembaga atau perusahaan untuk pertimbangan pengambilan keputusan.

10. Ismail

Ismail mengemukakan pengertian akuntansi adalah suatu seni pencatatan, pengelompokkan, dan pengumpulan data yang hasilnya digunakan sebagai laporan aktivitas keuangan suatu lembaga atau perusahaan.

11. Sofyan Harahap

Akuntansi diartikan sebagai suatu proses pengidentifikasian, alat ukur, dan alat untuk menyampaikan data ekonomi (keuangan) sebagai bahan pertimbangan dan alternatif untuk mengambil keputusan yang digunakan oleh para pelaku ekonomi.

Dari pendapat para ahli yang sudah dijabarkan di atas, pengertian akuntansi secara umum dan singkat adalah sebuah alat ukur yang memberikan sejumlah informasi atau data keuangan perusahaan  atau lembaga yang berguna untuk mengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Pengertian-Akuntansi-Keuangan

Peluang kerja untuk seorang akuntan keuangan dapat ditemukan di sektor publik dan swasta.

Tugas seorang akuntan keuangan berbeda dari akuntan umum, yang bekerja untuk dirinya sendiri dan bukan secara langsung untuk perusahaan atau organisasi. Akuntansi keuangan jauh lebih dari sekadar mencatat secara sistematis semua transaksi bisnis.

Ini memberikan informasi bagi pemilik atau manajer perusahaan mengenai status keuangan perusahaan saat ini apakah sehat atau tidak sehat.

Akuntansi keuangan juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk pengambilan keputusan di masa mendatang.

Laporan keuangan memberikan informasi kepada semua pihak yang berkepentingan baik publik atau swasta.

Informasi ini memungkinkan pemilik dan stakeholder mengetahui likuiditas perusahaan, atau kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, serta solvabilitasnya dalam jangka panjang.

Akuntansi keuangan menggunakan metode pembukuan entri ganda dan dasar akuntansi akrual. Yang pertama, berarti setiap transaksi dimasukkan dalam satu akun sebagai kredit dan lainnya sebagai debit.

Misalnya, jika perusahaan meminjam $ 100.000 dari pemberi pinjaman, kredit dimasukkan ke akun tunai dan debit dimasukkan ke rekening debit, dengan kredit dan debit sama dengan jumlah yang sama.

Di bawah basis akrual, pendapatan tidak dilaporkan saat diterima, tetapi saat terjadi.

Pengeluaran tidak dilaporkan saat dibayar, tetapi saat terjadi.

Sebagai contoh, pajak real estat tidak dilaporkan ketika dibayarkan setiap triwulan, tetapi dibagi dengan 12 untuk mencerminkan tagihan pajak real estat bulanan.

Akuntansi keuangan menghasilkan penentuan laba bersih di bagian bawah laporan laba rugi.

Aset, kewajiban, dan akun ekuitas dilaporkan di neraca.

Neraca menggunakan akuntansi keuangan untuk melaporkan kepemilikan manfaat ekonomi masa depan perusahaan.

Akuntansi keuangan menggunakan serangkaian prinsip akuntansi yang ditetapkan.

Pemilihan prinsip akuntansi untuk digunakan selama akuntansi keuangan tergantung pada persyaratan peraturan dan pelaporan yang dihadapi bisnis.

Pengertian Akuntansi Perusahaan

Pengertian-Akuntansi-Perusahaan

Setiap perusahaan harus melakukan akuntansi, ini  supaya untuk mengidentifikasi kondisi keuangannya.

Dalam jenis pembukuan ini, akuntan perusahaan hanya memusatkan perhatian pada catatan keuangan satu perusahaan.

Lebih khusus lagi, akuntan hanya berfokus pada perusahaan yang telah mempekerjakannya. Ini dapat digunakan untuk menangani proses bisnis perusahaan yang unik seperti penyerapan, penggabungan dan pembuatan dokumen konsolidasi.

Mengapa status keuangan dan operasional perusahaan itu penting? Karena investor selalu tertarik untuk mengetahui kekuatan keuangan perusahaan tempat mereka membeli sejumlah saham.

Oleh karena itu, akuntansi perusahaan dilakukan untuk mengkomunikasikan aset dan kewajiban perusahaan kepada mereka.

Akuntansi perusahaan juga dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan keuangan suatu perusahaan mematuhi hukum dan peraturan yang ditetapkan oleh badan pengawas. Ini juga memastikan bahwa kegiatan bisnis tetap selaras dengan kebijakan organisasi.

Akuntan perusahaan biasanya melakukan banyak pekerjaan secara internal. Akuntan perusahaan menghasilkan laporan yang digunakan oleh manajemen untuk membuat keputusan strategis bagi perusahaan. Akuntansi perusahaan biasanya dilakukan oleh departemen akuntan spesialis.

Anda seorang akuntan perusahaan diarahkan untuk mengelola kondisi keuangan perusahaan di bawah pengawasan Chief Financial Officer (CFO) atau eksekutif pada level yang sama.

Para akuntan perusahaan juga disebut sebagai akuntan manajemen. Sebagian besar perusahaan membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang akuntansi sebagai syarat untuk calon karyawannya.

Bahkan beberapa perusahaan mengharuskan calon akuntannya memiliki kredensial Akuntan Publik Bersertifikat.

Sebuah survei tahun 2012 yang dikelola oleh Robert Half International menunjukkan gaji untuk akuntan perusahaan sangat bervariasi berdasarkan pengalaman dan ukuran organisasi.

Mereka yang memiliki pengalaman satu hingga tiga tahun memperoleh gaji rata-rata mulai dari $ 39.750 hingga $ 62.000 berdasarkan perusahaan kecil, menengah dan besar.

Mereka yang berpengalaman dalam peran tingkat senior memperoleh gaji rata-rata mulai dari $ 49.500 hingga $ 79.250.

Manfaat Akuntansi

Manfaat-Akuntansi

Akuntansi bermanfaat untuk memberi informasi keuangan bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Dengan melakukan pencatatan terhadap pengeluaran Anda sehingga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dan bukti keuangan.

Sebagai contoh misalnya pada bulan ini pengeluaran Anda sangat banyak, bahkan melebihi penghasilan yang didapat, maka untuk mengatasinya Anda bisa mulai membuat laporan keuangan pribadi.

Dengan membuat laporan keuangan, Anda bisa mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan, sehingga dapat Anda jadikan sebagai acuan pembiayaan pada bulan selanjutnya.

Anda bisa melakukan hal-hal kecil sebagai salah satu bentuk penerapan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari. Membuat laporan dan pencatatan keuangan akan sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan, terutama pengeluaran pribadi.

Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Essay

Danar
6 min read

Contoh Report Text

Dhinda
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *