Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Akomodasi

2 min read

Apakah Anda sering mendengar kata akomodasi? Terdiri dari beberapa jenis yang mana akan dibahas secara lengkap pada penjelasan di bawah ini meliputi pengertian akomodasi secara umum, ruang lingkup pariwisata dan contohnya.

Silahkan perhatikan dengan baik ulasannya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Akomodasi Adalah

Pengertian-Akomodasi-Adalah

Secara umum, akomodasi merupakan sebuah usaha yang dilaksanakan agar tercapainya penyelesaian dalam suatu masalah oleh pihak yang bertikai.

Selain itu, akomodasi juga bisa diartikan sebagai cara menyelesaikan masalah tanpa ada yang dirugikan atau dijatuhkan. Ditempuh agar semua pihak memperoleh solusi yang sama-sama adil.

Istilah akomodasi ini juga sering digunakan oleh para ilmuwan sosiologi untuk menjelaskan keadaan individu atau kelompok yang sedang bersaing, mencoba mengatasi masalahnya sendiri dengan berbagai cara.

Tidak hanya itu, ilmu psikologi atau pariwisata juga turut andil dalam memberikan pengertian.

Jika dalam kacamata psikologi, akomodasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan tingkah laku manusia.

Sedangkan dalam pariwisata atau perhotelan, akomodasi berarti fasilitas penginapan seperti hotel, homestay atau motel.

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Akomodasi-Menurut-Para-Ahli

Berdasarkan pengertian yang cukup kompleks di atas, membuat para ahli turut menyumbangkan pikiran tentangnya.

Simak beberapa poin di bawah ini:

1. Setzer Munavizt

Setzer memberikan sumbangan pemikiran tentang akomodasi pada tahun 2009. Menurutnya, akomodasi dalam lingkup pariwisata merupakan sesuatu yang sudah disediakan untuk memenuhi kebutuhan seseorang. Baik itu tempat makan, minum, istirahat atau yang lainnya.

2. Gillin dan Gillin

Gillin dan Gillin memberikan definisi bahwa akomodasi adalah istilah yang digunakan oleh ilmuwan sosiologi untuk menggambarkan serangkaian proses adaptasi sosial, baik itu ranah kelompok atau individu. Pada awalnya adaptasi tersebut memang cenderung bertentangan atau menimbulkan sebuah konflik hingga pada akhirnya ketegangan bisa teratasi.

3. Soerjono Soekanto

Akomodasi menurut Soerjono Soekanto adalah proses usaha manusia yang mampu menghindari atau meredakan konflik agar sebuah kestabilan bisa tercapai.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Berdasarkan kamus KBBI, pengertian akomodasi adalah segala sesuatu yang sengaja disediakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu contohnya adalah tempat tinggal sementara untuk orang yang bepergian.

Pengertian Akomodasi Dalam Pariwisata

Pengertian-Akomodasi-Dalam-Pariwisata

Sebenarnya, pada pembahasan di atas sudah disinggung tentang akomodasi dalam ruang lingkup pariwisata, yaitu sesuatu yang disediakan oleh beberapa pihak untuk memenuhi kebutuhan manusia lainnya. Baik itu tempat tinggal, tempat makan atau minum.

Selain itu, akomodasi dalam pariwisata juga bisa dipahami sebagai sebuah industri agar para wisatawan bisa menikmati hiburan yang tersedia.

Secara umum dibagi menjadi 3 jenis. Pertama adalah akomodasi komersil yang dioperasikan dan dibangun untuk mencari keuntungan yang banyak.

Kedua adalah semi komersil yang dioperasikan tidak hanya untuk mencari keuntungan tapi juga tujuan sosial atau kemasyarakatan.

Terakhir adalah non komersil yang benar-benar murni untuk memberikan bantuan kepada kalangan tertentu yang tidak mampu dengan tujuan yang sebelumnya sudah direncanakan.

Contoh Akomodasi

Contoh-Akomodasi

Setelah mengetahui jenis-jenis akomodasi dalam ruang lingkup pariwisata, Anda harus tahu apa saja contohnya, dibawah ini:

1. Akomodasi Komersil

✓  Hotel kecil dengan kamar berjumlah kurang dari 25

✓  Hotel sedang dengan jumlah kamar 25-100 kamar

✓  Hotel menengah, dengan jumlah kamar lebih dari 100 dan kurang dari 300.

✓  Hotel besar yang memiliki kamar lebih dari 300 buah

✓  Motel yang sengaja didesain dengan fasilitas parkir mobil privat, pelayanan menyenangkan dan kemudahan akses

✓  Hostel yang disediakan oleh remaja dengan tarif yang cukup murah

✓  Cottage yang terletak di sekitar danau atau pantai dengan bentuk bangunan seperti pondok

✓  Bungalow, yaitu rumah yang berlokasi di daerah pegunungan untuk kegiatan pendidikan seperti seminar, lokakarya atau yang lainnya.

2. Akomodasi Semi Komersil

✓  Graha wisata remaja

✓  Asrama mahasiswa atau pelajar di sebuah lingkungan pendidikan

✓  Rumah sakit

✓  Home stay

✓  Holiday camp dengan budget yang minim

✓  Wisma

✓  Tempat menginap khusus dan lain-lain.

3. Akomodasi Non Komersil

✓  Mess (bagi para pekerja, instansi pemerintah atau departemen)

✓  Guest house di lingkungan istana atau tamu penting

✓  Panti asuhan

✓  Pemondokan

✓  Dan villa yang dimiliki individu

4. Sudut Pandang Sosial

Sedangkan akomodasi dalam sudut pandang sosial memang lebih mengarah ke penyelesaian konflik.

Contohnya adalah mediasi (mengikutsertakan pihak yang netral), koersi (proses paksaan), kompromi (perundingan), toleransi, arbitrase (bantuan pihak ketiga), konsiliasi (mempertemukan pihak yang berselisih).

Selain itu ada juga konversi (menjadikan satu pihak bersedia menerima penuh keputusan), ajudikasi (melalui jalan pengadilan), stalemate (kekuatan seimbang antara dua belah pihak yang bertikai) dan terakhir adalah displacement (pengalihan objek). Cara terakhir adalah yang paling sering dilakukan belakangan ini.


Simak juga: √ [Definisi] Pengertian Ekosistem, Contoh Dan Komponennya


Dari beberapa pengertian akomodasi berdasarkan sudut pandang sosial, psikologi atau pariwisata di atas harus Anda pahami dengan benar. Jangan sampai keliru penyebutan istilah yang justru membelokkan makna sebenarnya.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Kreativitas

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Siswa

Riski M.pd
3 min read

Ide Pokok

Riski M.pd
2 min read

Pengertian SOP

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Abstrak

Riski M.pd
3 min read

Pendidikan Karakter

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *