Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Access Point

2 min read

Anda mungkin sering bertanya-tanya apa sebenarnya pengertian access point. Jangan khawatir, semua yang perlu Anda ketahui tentang access point, seperti pengertiannya, jenis-jenisnya, contoh penggunaanya, serta keunggulan dan kelemahannya bisa Anda temukan di bawah ini.

Berikut ini Cryptowi akan memberikan ulasan detailnya, silahkan simak dengan baik.

Pengertian Access Point Adalah

Pengertian-Access-Point-Adalah

Access point merupakan suatu teknologi yang berhubungan erat dengan jaringan internet. Teknologi tersebut berupa sebuah perangkat keras pada jaringan komputer yang dirancang untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel atau nirkabel dengan jaringan lokal.

Dalam menghubungkan perangkat keras tersebut, access point akan menggunakan berbagai teknologi seperti wireless, Bluetooth, Wi-Fi dan yang lainnya. Access point juga seringkali disebut sebagai wireless local area network.

Fungsi utama dari access point adalah untuk mengirimkan serta menerima data yang datang dari sebuah adapter wireless.

Pengertian Access Point Menurut Para Ahli

Pengertian-Access-Point-Menurut-Para-Ahli

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para ahli, access point diartikan sebagai sebuah perangkat keras yang terdiri dari berbagai komponen seperti antenna serta transceiver yang berperan penting dalam menerima serta memancarkan sinyal internet,

Sinyal internet yang diterima dan dipancarkan oleh perangkat keras ini bisa bersumber dari client server maupun menuju ke client server.

Pada umumnya, perangkat keras access point bekerja setelah disambungkan ke perangkat keras semacam switch, hub, atau router menggunakan kabel ethernet.

Pengertian Access Point Router

Pengertian-Access-Point-Router

Acces point router merupakan perangkat keras yang mampu menciptakan sebuah jaringan yang disebut WLAN atau wireless local area network secara nirkabel. Router digunakan dengan cara dihubungkan ke access point dengan memanfaatkan kabel ethernet.

Setelah access point terhubung ke router, perangkat ini bisa memancarkan sinyal Wifi di suatu area tertentu. Jika Anda ingin menggunakan perangkat untuk terhubung ke suatu jaringan lokal yang telah dikonfigurasi, Anda perlu melewati access point.

Dengan menggunakan access point router, Anda bisa menghubungkan lebih banyak perangkat ke jaringan Anda.

Selain itu, Anda juga bebas membatasi berapa banyak perangkat yang boleh terhubung. Hal ini dimungkinkan oleh adanya password yang akan diminta oleh access point.

Pengertian Access Point TP Link

Pengertian-Access-Point-TP-Link

Access point TP Link merupakan salah satu jaringan komputer yang berasal dari Shenzhen.

TP Link mulai berkembang sejak tahun 1996 sewaktu kartu jaringan dikembangkan oleh kedua penemunya. TP Link sendiri merupakan sebuah singkatan dari twisted pair link.

Twisted pair link atau TP Link merupakan sebuah kabel elektromagnetik. Pada tahun 2005, access point TP Link mulai berekspansi secara internasional.

Kemudian pada 2008, TP Link USA mulai didirikan. Sejak saat itu, access point TP Link mulai dikenal luas oleh banyak pengguna komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Access Point

Kelebihan-dan-Kekurangan-Access-Point

Setelah memahami pengertian access point, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan alat ini.

Tapi sebelum memutuskan, lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh access point.

Berikut keunggulan yang access point miliki:

✓  Proses pengaturan mudah untuk dilakukan.

✓  Memiliki sistem keamanan yang sudah lebih baik.

✓  Ketika dijalankan di sebuah perangkat keras tertentu, komputer Anda tidak harus bekerja selama 24 jam penuh demi melayani jaringan.

Di bawah ini adalah kekurangan atau kelemahan access point:

✓  Masing memanfaatkan tipe enkripsi berupa Wired Equivalent Privacy atau WEP yang mudah untuk diretas.

✓  Memiliki konfigurasi yang masih lemah.

Dengan mengerti kelebihan serta kelemahan yang dimiliki oleh access point, Anda tentu bisa mempertimbangkan dengan lebih baik apakah akan menggunakan alat ini atau tidak.

Jenis-Jenis Access Point

Jenis-Jenis-Access-Point

Access point terbagi ke dalam setidaknya tiga jenis yang berbeda, yaitu access point router, access point outdoor, serta access point indoor.

Yang manakah yang terbaik untuk Anda gunakan?

1. Access point router

Access point jenis ini bisa Anda gunakan seperti menggunakan access point outdoor maupun access point indoor. Tetapi access point yang satu ini biasanya digunakan oleh para pengguna komputer untuk menciptakan server client.

2. Access point outdoor

Adalah jenis kedua dari access point yang biasanya dipasang di bagian luar ruangan. Access point jenis ini memiliki cakupan area yang jauh lebih luas dibandingkan dengan access point indoor.

3. Access point indoor

Adalah jenis terakhir access point yang seringkali dipasang dan digunakan di dalam sebuah ruangan. Penggunaan access point di dalam ruangan disebabkan cakupan atau jangkauannya yang sempit.

Jika Anda berencana menggunakan access point di dalam rumah, Anda bisa memilih access point indoor atau access point router yang cakupannya sudah cukup untuk menjangkau seluruh bagian rumah.

Contoh Access Point

Contoh-Access-Point

Access point indoor seringkali digunakan di area indoor atau di dalam gedung. Contoh penggunaannya adalah di kafe internet, café atau restoran, dan sebagainya.

Sedangkan untuk penggunaan access point outdoor, biasanya dipasang di tempat yang luas karena jangkauannya yang jauh lebih besar.

Seringkali, access point outdoor dimanfaatkan di kampus, rumah sakit, perkantoran, sekolah, dan area lain yang lebih luas.


Simak juga: √ Pengertian Repeater Adalah – Cara Kerja, Fungsi & Contoh


Apa yang akan Anda lakukan setelah memahami pengertian access point dan keterangan lain mengenai access point? Apakah Anda akan langsung menggunakan perangkat ini?

Sebelum memutuskan, Anda bisa terlebih dahulu bertanya ke teman atau kerabat Anda yang sudah menggunakan alat ini. Mereka akan memberitahu Anda pengalaman menggunakan access point yang bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli dan memasangnya di rumah Anda sendiri.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian ROM

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Router

Riski M.pd
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Flashdisk

Riski M.pd
2 min read

Pengertian LAN MAN WAN

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *