Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Abstrak

3 min read

“Mengapa membicarakan sesuatu yang abstrak?”, “Apakah kamu sudah selesai menulis abstrak?””.

Dua situasi tersebut sama-sama menggunakan istilah ‘abstrak’ namun maknanya tidak seragam.

Agar dapat membedakannya, Anda perlu mengetahui pengertian abstrak secara umum dan khusus. Silahkan simak ulasan lengkapnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Abstrak

Pengertian-Abstrak-

Istilah ‘abstrak’ dapat ditemukan di berbagai bidang seperti karya tulis dan seni rupa.

Dalam karya tulis, abstrak dimaknai sebagai ringkasan yang berisi informasi penting dari karya tersebut.

Sedangkan dalam bidang seni rupa, abstrak merujuk pada kesenian kontemporer yang tidak menampilkan bentuk dan warna asli suatu objek.

Selain itu, bidang hukum juga menggunakan istilah ‘abstrak’.

Maknanya adalah pernyataan yang bersifat ringkas karena hanya berisi poin utama dari dokumen legal tertentu. Dalam kehidupan nyata, Anda pasti mengenal tentang konsep benda abstrak, bukan?

Maksud dari istilah ‘abstrak’ tersebut yaitu tidak dapat dilihat, dicium dan disentuh oleh panca indera. Contohnya adalah perasaan, gagasan, keyakinan, dan kejahatan.

Pengertian Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Pengertian-Abstrak-Dalam-Karya-Ilmiah

Dalam karya ilmiah, definisi dari abstrak adalah rangkuman dari tulisan yang lebih besar.

Abstrak harus memuat kata kunci yang merupakan representasi dari isi karya ilmiah tersebut. Lebih sederhananya, abstrak dapat dianggap sebagai versi mini dari karya ilmiah.

Jumlah kata pada abstrak cukup bervariasi, mulai dari 100 kata sampai 500 kata.

Gaya penyampaian dalam abstrak bukan seperti Anda sedang memberikan review terhadap karya ilmiah. Hindari juga membubuhkan kutipan di dalam abstrak.

Adapun tujuan dari penulisan abstrak yaitu:

✓  intisari mengenai keseluruhan karya ilmiah

✓  Memudahkan pembaca untuk memahami isi yang lebih kompleks

✓  Menjadi petunjuk bagi para pembaca, sehingga mereka mengetahui apakah karya ilmiah tersebutlah yang sedang mereka butuhkan

✓  Menjadi bahan yang efektif saat akan mempresentasikan karya ilmiah dalam bentuk poster


Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Pengertian-Abstrak-Menurut-Para-Ahli

1. Clarence Rowley

Dalam pandangan Clarence Rowley, abstrak adalah ringkasan dokumen yang masih sama dalam hal penggunaan gaya bahasa dan keakuratan isinya.

2. Frederick Lancaster

Menurut pendapat Frederick Lancester, abstrak merupakan perwakilan dari apa yang dijelaskan dalam tulisan aslinya. Kalimat yang menyusun abstrak sudah dimodifikasi, sehingga tidak sama dengan karya asli namun keakuratannya masih terjamin.

3. Maizel

Pengertian abstrak yang intinya sama, disampaikan juga oleh Maizel. Beliau menganggap abstrak sebagai ringkasan yang jelas dan padat. Isi dari abstrak tidak berbelit-belit dan meliputi tujuan penelitian, batasan, dan hasil temuan.

4. Davis & Rush

Pendapat yang lain datang dari Davis & Rush. Menurut mereka, abstrak adalah rangkuman yang dirangkai menggunakan kalimat-kalimat baru, namun intinya masih sama seperti karya utuhnya. Jenis karya yang dimaksud dapat berupa penelitian, karya ilmiah, ataupun buku.

5. Collison

Lebih singkat lagi, Collison menjelaskan bahwa abstrak merupakan ringkasan padat yang hanya berisi poin esensial dari tulisan utuhnya.

Pengertian Abstrak Menurut KBBI

Pengertian-Abstrak-Menurut-KBBI

KBBI mencantumkan dua makna dari kata ‘abstrak’. Pertama adalah ‘abstrak’ yang termasuk dalam kelas kata adjektiva dan memiliki arti yang merujuk pada hal yang lebih umum.

Penjelasannya yaitu tidak memiliki wujud ataupun bentuk. Contoh hal abstrak yang ada di kehidupan adalah kebaikan, keikhlasan, dan kebahagiaan.

Sedangkan kata ‘abstrak’ yang kedua tergolong dalam kelas kata nomina.

Pengertiannya adalah ringkasan atau inti dari sebuah laporan, karangan atau jenis lainnya. Makna yang kedua ini digunakan dalam ranah karya berbentuk tulisan. Sebagai contoh, abstrak dalam skripsi, tesis, dan artikel hasil penelitian.

Ciri-ciri Abstrak

Ciri-ciri-Abstrak

Abstrak yang menjadi bagian dari karya ilmiah bukanlah sekadar ringkasan biasa.

Tulisan singkat dan padat ini harus memiliki ‘kekuatan’ untuk membuat pembaca paham mengenai konsep karya ilmiah. Agar membedakannya dengan tulisan singkat lain, Anda perlu mengetahui ciri-ciri abstrak.

Berikut daftarnya:

✓  Penulisannya menggunakan teknik parafrase dan jenis kalimat aktif

✓  Tetap mempertahankan struktur asli dari karya ilmiah

✓  Mampu membuat pembaca langsung memahami inti dari karya ilmiah

✓  Tidak menyertakan kutipan

✓  Bersifat spesifik dan singkat

✓  Isinya akurat, persis dengan isi karya ilmiah, tidak dilebih-lebihkan dan tidak membumbui dengan informasi baru

✓  Tidak menyertakan komentar atau review apapun mengenai karya ilmiah


Apakah Yang Harus Dimuat Dalam Abstrak?

Apakah-Yang-Harus-Dimuat-Dalam-Abstrak

1. Tujuan

Salah satu unsur penting dalam abstrak adalah tujuan penelitian. Dengan memaparkan tujuan, maka pembaca dapat langsung mengetahui tentang apa karya ilmiah tersebut. Penulisan tujuan tidak perlu detail, tetapi cukup garis besarnya saja.

2. Metode Penelitian

Selanjutnya, hal lain yang wajib dimasukkan adalah metode. Tujuannya adalah untuk memberi informasi kepada pembaca mengenai bagaimana peneliti menyelesaikan permasalahan yang diangkat. Sebab, metode adalah pendekatan khusus yang digunakan untuk penelitian tersebut.

3. Hasil Penelitian

Temuan dari penelitian perlu dimuat hanya saja tidak perlu terlalu mendetail. Cukup tuliskan hasil yang secara umum, sehingga memberikan gambaran singkat namun jelas kepada pembaca. Hasil penelitian yang tercantum dalam abstrak biasanya akan memicu pembaca untuk menelusuri lebih lengkap isi dari karya ilmiah.

4.  Kesimpulan

Akhiri abstrak dengan kesimpulan singkat yang mewakili keseluruhan karya ilmiah. Jangan disalah artikan menjadi penulisan saran ataupun pendapat pribadi dari peneliti.

5. Kata Kunci

Unsur kata kunci memang tidak digabungkan dalam paragraf abstrak. Tetapi memiliki peranan yang krusial sebagai syarat abstrak yang baik. Kata kunci berfungsi untuk mewakili persoalan yang diangkat dalam karya ilmiah. Abstrak wajib menyertakan kata kunci supaya dapat terindeks.


Simak juga: Contoh Abstrak Karya Ilmiah, Skripsi Lengkap & Laporan


Pengertian abstrak ada beragam karena dipengaruhi oleh pada konteks mana kata tersebut dipakai. Para akademisi, mengenal abstrak sebagai intisari dari penelitian yang mereka lakukan.

Struktur dan unsurnya dibuat spesifik sehingga menyuguhkan ringkasan yang mudah dimengerti. Sedangkan para seniman memaknai abstrak sebagai jenis lukisan yang non-representatif.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

Contoh Nota

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Observasi

Riski M.pd
3 min read

One Reply to “Pengertian Abstrak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *