Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pendidikan Karakter

2 min read

Dalam dunia pendidikan nasional Indonesia, terdapat salah satu wacana utama yang sering dibicarakan yaitu mengenai pendidikan karakter.

Segala jenis kegiatan yang ada di dalam proses belajar dan mengajar di sekolah, harus mengacu kepada pendidikan tersebut. Karakter para peserta didik sangat dibutuhkan dan sangat penting, untuk menciptakan pendidikan yang sesuai.

Pendidikan ini harus sesuai dengan karakter dari manusia itu sendiri, yang dimana karakter ini adalah akumulasi dari sifat atau watak manusia pada saat ia menjalani kehidupannya setiap hari. Supaya bisa lebih jelas, silahkan simak ulasannya dari Cryptowi dibawah ini hingga selesai.

Pengertian Pendidikan Karakter

Pengertian-Pendidikan-Karakter

Sebuah upaya atau usaha yang memang telah direncanakan untuk mewujudkan suasana dan juga proses di dalam pemberdayaan potensi, atau pembudayaan setiap siswa dalam membangun sebuah karakter sebagai warga Negara Indonesia yang baik disebut dengan pendidikan karakter.

Ketika kita memiliki usaha atau upaya tersebut, maka nantinya akan tercipta seorang warga negara yang memiliki moral sekaligus akhlak yang baik.

Suatu bentuk dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia, yang dengan suatu tindakan yang sifatnya mendidik bagi generasi yang akan datang juga merupakan definisi dari pendidikan serta karakter itu.

Pengertian lainnya yaitu sebuah sistem pendidikan, yang di dalamnya terdapat tujuan yaitu penanaman nilai karakter yang mencakup segala hal seperti kesadaran atau kemauan, komponen dasar pengetahuan, hingga tindakan untuk melaksanakan nilai itu sendiri.

Karakter pendidikan juga masih berkaitan dengan pendidikan moral, yang memiliki tujuan yaitu melatih serta membentuk kemampuan pada individu yang secara terus menerus menyempurnakan diri untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi.

Tujuan Pendidikan Karakter

Tujuan-Pendidikan-Karakter

Membangun generasi muda yang jauh lebih tangguh, dengan tipe masyarakat yang memiliki moral, akhlak yang mulia, sikap gotong royong dan toleransi dalam hal apapun menjadi tujuan utama dari karakter pendidikan itu sendiri.

Namun jika ingin mencapai tujuan itu maka setiap siswa harus diberi nilai yang mampu membentuk karakter mereka, dengan sumber yang ada yaitu budaya, agama dan pancasila.

Berikut ini nilai yang mampu membentuk suatu pendidikan karakter :

  1. Religius
  2. Kejujuran
  3. Tanggung Jawab
  4. Disiplin
  5. Peduli Sosial
  6. Kerja Keras
  7. Peduli Lingkungan
  8. Kreatif
  9. Gemar Membaca
  10. Mandiri
  11. Cinta Damai
  12. Demokratis
  13. Bersahabat
  14. Rasa Ingin Tahu
  15. Menghargai Prestasi
  16. Semangat Kebangsaan
  17. Cinta Tanah Air

Tujuan lainnya dari karakter pendidikan ini adalah untuk pembentukan bangsa yang mempunyai jiwa saling tolong menolong antar manusia, dan jiwa patriotik sebagai warga negara Indonesia yang sesuangguhnya.

Macam-Macam Pendidikan Karakter

Macam-Macam-Pendidikan-Karakter

Seorang manusia yang memiliki karakter yang baik merupakan manusia yang selalu melakukan kebaikan, baik pada Tuhan Yang Maha Esa, orang lain, lingkungan, negara bahkan pada dirinya sendiri.

Seorang manusia juga harus tahu seperti apa potensi dirinya dengan nilai dan jenis karakter sebagai berikut :

1. Religius

Merupakan perilaku/sikap yang taat dan juga patuh dalam melaksanakan segala yang diperintahkan oleh agama, bisa hidup dengan rukun dan berdampingan dengan pemeluk agama lainnya, serta bersikap tolerasi pada siapa saja yang melaksanakan ibadah lainnya.

2. Jujur

Merupakan sikap yang berasal dari usaha/upaya seseorang yang menjadikan dirinya sebagai orang yang bisa dipercaya dalam hal apapun, misalnya dalam hal sikap, perkataan, atau bahkan pekerjaan yang dilakukannya.

3. Toleransi

Merupakan sebuah sikap yang mampu menghargai segala perbedaan yang ada seperti perbedaan dalam suku, agama, sikap, etnis, pendapat dan tindakan yang memang berbeda dengan apa yang biasa ia miliki atau lakukan.

4. Disiplin

Merupakan sikap/tindakan yang mampu memperlihatkan ketertiban pada setiap aturan atau kebiasaan, atau pada ketentuan yang sudah ada.

5. Kreatif

Merupakan cara berpikir pada seorang manusia dalam menghasilkan sesuatu yang baru atau cara baru dari sesuatu yang sudah ia miliki.

6. Mandiri

Merupakan sikap/tindakan yang dimana seseorang tidak akan mudah bergantung pada orang lain dalam melakukan segala hal yang memang seharusnya ia lakukan sendiri.

Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat-Pendidikan-Karakter

Kurangnya pendidikan karakter di dalam kehidupan masyarakat akan membuat seseorang memiliki sikap yang negatif, contohnya kasus-kasus sosial di masyarakat yang meliputi kekerasan pada anak-anak, pergaulan bebas, pencurian, kekerasan sesual, penyalahgunaan obat terlarang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini manfaat dari pendidikan karakter itu sendiri, diantaranya yaitu :

✓    Untuk membangun masyarakat atau bangsa yang cara hidupnya multikultural.

✓    Untuk membangun sikap pada setiap warga negaranya yang memiliki sikap yang kreatif, mampu hidup berdampingan dengan bangsa yang lain, cinta damai, dan sebagainya.

✓    Membangun masyarakat/bangsa yang cerdas, mampu berkontribusi dalam mengembangkan kehidupan manusia, memiliki sikap/perilaku yang baik, berbudaya luhur dan lain sebagainya.

Fungsi Pendidikan Karakter

Fungsi-Pendidikan-Karakter

Adapun fungsi dari pendidikan karakter ini adalah untuk mengembangkan peradaban manusia dalam pergaulan dunia, dengan cara-cara yang baik.

Sedangkan fungsi pokok dari pendidikan ini adalah untuk mengembangkan sikap/perilaku anak bangsa yang sifatnya multikultural.

Ditambah lagi dengan fungsi dasarnya yaitu, untuk mengembangkan potensi pada seseorang supaya ia bisa bersikap baik dalam menjalani kehidupannya.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pentingnya-Pendidikan-Karakter

✓    Pendidikan ini menjadi cara yang baik untuk selalu memastikan bahwa setia murik memiliki karakter/kepribadian yang baik di dalam hidupnya.

✓    Mampu membantu seseorang dalam meningkatkan prestasinya di bidang apapun.

✓    Bisa membentuk seseorang dalam menghormati serta menghargai orang lain di dalam hidupnya, sehingga bisa hidup dan menjadi bagian dari masyarakat yang majemuk.

Dari yang telah dibahas dan diuraikan secara lengkap di atas, jelas sudah bahwa di dalam kehidupan manusia ataupun kehidupan peserta didik pada umumnya memang dibutuhkan pendidikan karakter demi masa depan yang lebih baik.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

Contoh Nota

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Observasi

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *