Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Paragraf Induktif

2 min read

Pernahkah Anda membaca sebuah tulisan yang ternyata gagasan atau ide awalnya ada di bagian akhir?

Disadari atau tidak, kadang seseorang juga pernah membuat sebuah tulisan yang diakhiri dengan ide utama yang dituangkan dalam kesimpulan. Nah, jika Anda pernah membaca atau bahkan membuatnya, itulah yang disebut dengan alinea atau paragraf induktif.

Pola tulisan induktif adalah kebalikan dari deduktif. Jika deduktif struktur tulisannya adalah ide utama ada di awal kalimat paragraf, maka tidak dengan induktif.

Penasaran mengenai penjelasan lebih mendetail tentang pola induktif? Coba perhatikan ulasan dari Cryptowi di bawah ini.

Pengertian Paragraf Induktif

Pengertian-Paragraf-Induktif

Apa sih yang dimaksud dengan alinea induktif? Alinea induktif adalah paragraf yang mana ide utamanya terungkap di akhir. Dalam pengantar dan pengembangan paragraf-paragraf pola induktif, argumen yang menyimpulkan ide utama dijelaskan di akhir.

Dengan kata lain, argumen-argumen diungkapkan dan kemudian teori yang mendukung dijelaskan di kesimpulan.

Oleh karena itu, strukturnya berubah dari yang khusus dan spesifik, menjadi umum dan universal. Ide-ide pendukung dijelaskan di awal teks, dan dari jumlah ide-ide pendukung inilah kemudian gagasan utama dibuat menjadi sebuah kesimpulan.

Perbedaan utama antara penulisan paragraf induktif dan deduktif adalah bahwa dalam penulisan induktif, paragraf dimulai dengan bukti yang mengklaim sesuatu dan berakhir dengan kesimpulan.

Sedangkan dalam kasus paragraf deduktif, paragraf dimulai dengan kalimat topik diikuti dengan serangkaian pernyataan. mendukung bukti. Penulisan paragraf induktif menawarkan kesimpulan yang lebih baik.3

Simak Juga: Paragraf Deduktif

Ciri Ciri Paragraf Induktif

Ciri-Ciri-Paragraf-Induktif

Sebuah tulisan yang mengandung pola induktif mempunyai beberapa ciri yang bisa dikenali. Apa sajakah itu?

➧  Alineanya dimulai dengan pola penjelasan yang spesifik atau khusus.

➧  Semua kalimat yang ada di paragraf disusun dengan pola ide pendukung ada di awal dan ide utamanya di akhir. Ya, polanya adalah khusus ke umum.

➧  Kesimpulan yang ada di akhir alinea berisi kalimat utama.

Jenis Paragraf Induktif

Jenis-Paragraf-Induktif

Ada beberapa jenis alinea yang menggunakan pola induktif yakni generalisasi, analogi, sebab-akibat dan sebaliknya, akibat-sebab, berikut adalah penjelasannya :

1. Alinea Generalisasi

Alinea generalisasi adalah sebuah paragraf yang menuliskan ide pendukung berupa hal-hal spesifik di awal. Setelah itu ide pendukung kemudian dikembangkan menjadi sebuah kesimpulan yang bersifat universal atau umum.

Kesimpulan yang ditulis di akhir ini merupakan sekumpulan poin dari kalimat-kalimat khusus di awal alinea.

2. Alinea Analogi

Alinea analogi adalah sebuah paragraf yang metode penulisannya menggunakan pola deduksi. Artinya, gagasan utamanya disampaikan dengan coba membandingkan sesuatu yang dirasa mempunyai kecenderungan yang sama.

Dari perbandingan yang dicari kesamaannya itulah, kemudian tulisan ditarik menjadi sebuah kesimpulan yang umum.

3. Alinea Sebab-Akibat

Alinea sebab akibat merupakan sebuah paragraf dengan kesimpulan “akibat” yang ada di akhir paragraf. Kesimpulan didapatkan dari ide pendukung berisi hal-hal spesifik tentang “sebab-sebab” di awal paragraf.

4. Paragraf Akibat-Sebab

Adapun aliena akibat-sebab ini  adalah kebalikan dari sebab-akibat, yakni paragraf yang menuliskan sebuah kesimpulan umum berisi “akibat”. Kesimpulan ini tentunya hadir dari rangkaian ide pendukung “sebab” yang ditulis di awal paragraf.

Cara Membaca Paragraf Induktif

Cara-Membaca-Paragraf-Induktif

Paragraf pola induktif menempatkan kalimat utama di akhir.

Paragraf pertama biasanya memperkenalkan lebih banyak informasi terkait. Ide-ide pendukung ini kemudian mengarah pada kesimpulan yang biasanya dapat diprediksi pada akhir paragraf.

Untuk bisa menentukan bahwa sebuah tulisan menggunakan pola induktif atau deduktif, maka Anda harus mengetahui cara membacanya.

Adapun cara membaca paragraf induktif adalah :

➧ Baca kalimat di awal paragraf pertama, apakah berisi hal-hal yang spesifik?

➧ Perhatikan letak ide utama yang disampaikan

➧ Perhatikan pula di bagian kesimpulan, apakah menuliskan secara garis besar tulisan-tulisan yang ada di awal-awal alinea sebelumnya atau tidak.

Contoh Paragraf Induktif

Contoh-Paragraf-Induktif

Agar Anda lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan sebuah paragraf yang mengandung pola induktif, berikut adalah beberapa contohnya :

Contoh 1

Planet bumi adalah satu-satunya rumah yang kita miliki. Tidak ada bukti bahwa manusia di kemudian harinya harus bermigrasi ke beberapa galaksi lainnya dalam beberapa dekade mendatang. Sayangnya, manusia kadang tidak merawat dengan baik bumi yang menjadi rumah ini. Banyak polusi, penebangan pohon di mana-mana, tumpahan minyak di lautan, sampah berserakan dan masih banyak lagi.

Semua aspek ini memperburuk keadaan dan keseimbangan planet Bumi. Kontradiksi terbesar adalah bahwa dengan menghancurkan bumi, maka sama halnya kita menghancurkan satu-satunya tempat di mana kita dapat hidup. Jadi, sudah waktunya kita untuk menyadari dan melakukan segala hal untuk memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan dan untuk menyelamatkan diri kita sendiri.

Contoh 2

Wajar bagi manusia untuk mencari teman di sekitarnya. Teman bisa membentuk kehidupan pada seseorang. Pembentukan kelompok-kelompok sosial ini pada awalnya juga dilakukan dengan sadar.

Tentu saja, prosesnya tidak harus disederhanakan. Membentuk kelompok—kelompok dan komunitas juga butuh waktu bertahun-tahun. Tergantung pada keadaan yang berbeda seperti lokasi geografis, tingkat perkembangan biologis dan pendidikan. Aspek-aspek di atas menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Contoh 3

Banjir terjadi ketika tanggul yang dibangun di sepanjang sisi sungai untuk mencegah air tinggi mengalir ke daratan pecah. Kadang-kadang, kelebihan air dari bendungan sengaja dilepaskan sehingga menyebabkan banjir.

Banjir juga terjadi dalam banyak hal, bisa karena meluapnya aliran sungai, danau, lautan atau sebagai akibat dari hujan yang berlebihan. Namun tahukah kita bahwasannya membuang sampah sembarangan secara tidak langsung juga bisa mengakibatkan banjir.

Bagaimana? Tidak sulit untuk mengetahui tulisan yang menggunakan sebuah paragraf dengan pola induktif bukan? Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa membantu dengan permasalahan Anda.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Nota

Danar
3 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Contoh Biodata

Danar
3 min read

Majas Metafora

Danar
2 min read

Evaluasi

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *