Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Paragraf Deduktif

2 min read

Pernahkah Anda membuat sebuah tulisan dengan ide utamanya ada di sebuah awal paragraf dan kemudian ide itu berkembang menjadi berbagai kalimat yang utuh satu sama lain?

Nah, tulisan dengan konsep yang dijelaskan di atas menggunakan konsep alinea atau paragraf deduktif.

Namun, seperti apa sih maksud dari alinea deduktif itu sendiri dan bagaimanakah ciri-ciri yang mudah dikenali dari pola deduktif?

Untuk memudahkan Anda memahami alinea deduktif, di bawah ini merupakan penjelasannya dari Cryptowi secara mendetail.

Pengertian Paragraf Deduktif

Pengertian-Paragraf-Deduktif


Paragraf dengan pola deduktif adalah sebuah tulisan dengan ide utamanya ada di awal paragraf yang dijelaskan secara umum. Gagasan pendukung yang terkait dengan ide pokok kemudian terletak dalam pengembangan dan kesimpulan paragraf. Di antara ide-ide tambahan yang dijelaskan ada argumen, contoh atau motivasi.


Kemudian, strukturnya berubah dari makro (umum) ke mikro (khusus). Anda bisa membuat paragraf  dengan menjelaskan gambaran besar di awal dan saat mengembangkan tulisan, paragraf selanjutnya akan menjelaskan ide-ide tertentu yang muncul dari ide utama.

Metode dari alinea deduktif adalah memberikan pernyataan di awal kalimat dan kemudian mendukung pernyataan itu dengan beberapa poin seperti contoh, ciri, karakteristik, panduan dan lain sebagainya.

Misalnya, “Anda perlu menyikat gigi setiap hari. Berikut adalah tiga alasan mengapa Anda harus menyikat gigi setiap hari. Satu, Anda akan menghemat uang karena tidak perlu ke dokter gigi, kedua tidak memiliki banyak gigi berlubang dan terakhir gigi Anda terlihat lebih putih ”

Nah, contoh kalimat singkat itu merupakan prinsip deduktif. Alinea deduktif berarti memberikan alasan umum di awal kalimat dengan contoh spesifik di kalimat selanjutnya.

Simak Juga: Paragraf Induktif

Ciri-ciri Kalimat Paragraf Deduktif

Ciri-ciri-Kalimat-Paragraf-Deduktif

Di bawah ini ada beberapa ciri-ciri alinea deduktif yang bisa Anda coba perhatikan, di antaranya adalah :

1. Ide Pokok Utamanya Ada di Awal Alinea

Ciri utama dari sebuah aline deduktif adalah ide pokok atau gagasan tulisannya ada di kalimat awal paragraf. Nah, gagasan atau ide utama ini bisa diisi dengan untaian kalimat yang nantinya akan dikembangkan secara luas.

2. Pola Alinea Adalah dari Umum Ke Khusus

Ciri kedua yang bisa dikenali adalah pola tulisannya dari umum kemudian ke khusus. Jadi ide utamanya nanti ada di awal yang kemudian akan dikembangkan dengan berbagai kalimat pendukung. Adapun kalimat pendukung ini akan dituliskan dengan lebih khusus.

3. Kalimat Pendukung Menjelaskan Ciri-ciri, Karakteristik atau Contoh

Apabila ada sebuah kalimat diawali dengan penjelasan definisi dan kalimat selanjutnya dikembangkan menjadi kalimat-kalimat  yang mengungkapkan ciri atau menjelaskan contoh, langkah-langkah dan sebagainya, maka jelas alinea itu menggunakan pola deduktif.

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh-Paragraf-Deduktif

Untuk lebih memudahkan Anda memahami struktur tulisan yang menggunakan pola deduktif, berikut adalah beberapa contoh alinea deduktif :

Contoh Paragraf Deduktif Pendidikan

Pendidikan karakter adalah pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang mendorong peserta didik untuk lebih bertanggung jawab dan disiplin. Ciri dari pendidikan karakter adalah memahami bahwa semua orang memiliki nilai sebagai manusia, memiliki rasa tanggungjawab untuk memenuhi tugas dengan baik, dapat dipercaya dan mengakui kesalahan.

Cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan pendidikan karakter pada peserta didik adalah dengan mengajarkan kerja sama dan kolaborasi di antara siswa yang lebih ditekankan pada kompetisi. Tidak lupa ajarkan siswa untuk bersikap adil, jujur dan bertanggungjawab.

Contoh Paragraf Deduktif Hewan

Herbivora adalah jenis hewan yang makanannya hanya terdiri dari tanaman. Seperti yang Anda ketahui, tanaman mudah ditemukan di hampir setiap habitat. Beberapa jenis hewan serangga yang herbivora adalah kupu-kupu, belalang, lebah madu, belatung, kutu daun, dan masih banyak lagi.

Sementara hewan mamalia yang herbivora adalah sapi, rusa, kuda, domba, rusa, zebra, kelinci, gajah, kijang, badak, dan sebagainya. Ciri dari mamalia yang herbivora adalah memiliki gigi tumpul yang membantu hewan melepaskan daun dari tanaman dan mengunyah serat tanaman yang keras.

Contoh Paragraf Deduktif Kesehatan

Anemia  adalah jenis penyakit dengan penurunan jumlah sel darah merah yang bersirkulasi dalam tubuh manusia. Sirkulasi darah merah yang turun adalah hemoglobin (Hb) atau hematokrit (Hct). Anemia adalah kondisi umum yang dapat disebabkan oleh produksi sel darah merah yang tidak memadai, kerusakan sel darah merah yang berlebihan, atau kehilangan darah.

Penyebab paling umum adalah kekurangan zat besi.Anemia dapat mempengaruhi banyak sistem dalam tubuh dan menghasilkan berbagai gejala dan yang mempengaruhi kesehatan termasuk pusing, lemas, muka pucat, sakit kepala, tangan dan kaki yang dingin, mati rasa, dan suhu tubuh rendah.

Contoh Paragraf Deduktif Lingkungan

Penggundulan hutan adalah penghancuran atau pemindahan pohon melalui cara yang disengaja, alami, atau tidak disengaja. Penggundulan hutan ini dapat terjadi di daerah mana pun yang padat oleh pohon dan tanaman lainnya.

Hilangnya pohon dapat menyebabkan perubahan iklim, banjir, peningkatan gas rumah kaca di atmosfer, dan sejumlah masalah bagi masyarakat. Salah satu efek penggundulan hutan yang paling berbahaya dan meresahkan adalah hilangnya spesies hewan dan tumbuhan karena kehilangan habitat. 70% hewan darat dan jenis tanaman, semuanya hidup di hutan.

Tidak hanya itu saja, efek lebih lanjut dari penggundulan hutan adalah erosi tanah dan banjir. Pohon membantu tanah untuk menahan air. Tanpa hutan, tanah terkikis dan hanyut sehingga menjadi lebih rentan terhadap banjir, khususnya di wilayah pesisir.

Dari beberapa contoh paragraf deduktif yang ada di atas, sudahkah Anda mengenali apa saja yang menjadi ciri-ciri dari pola deduktif? Tidak sulit bukan? Semoga Anda dapat memahaminya dengan mudah.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Nota

Danar
3 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Contoh Biodata

Danar
3 min read

Majas Metafora

Danar
2 min read

Evaluasi

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *