dhinda penulis Seorang yang mempunyai hobi membaca dan suka berbagi melalui tulisan.

Contoh Motivation Letter

5 min read

Contoh-Motivation-Letter

Motivation letter merupakan dokumen yang sering kali diajukan sebagai syarat mengajukan beasiswa, melamar kerja, magang atau lainnya. Isi dari motivation letter yaitu cara Anda berfikir, tujuan hidup yang Anda miliki.

Misalnya jika Anda mengajukan program beasiswa, maka yang harus da di motivation letter yaitu potensi yang Ada miliki. Anda bisa melihat beberapa contoh motivation letter berikut ini.

Contoh Motivation Letter Untuk Beasiswa

Contoh-Motivation-Letter-Untuk-Beasiswa

Jenis motivation letter yang digunakan dalam mengajukan beasiswa harus ada latar belakang kehidupan Anda, pendidikan, alasan mengapa memilih beasiswa, prospek ke depannya dan kontribusi apa saja yang bisa Anda berikan.

Semua dapat Anda buat dalam bentuk tulisan yang singkat, padat dan jelas tapa berbelit-belit. Sebagai rekomendasi nya, Ada bisa melihat contoh yang ada di bawah berikut:

Kepada Yth,

Panitia Seleksi Beasiswa Singapura 2019/2020

Di tempat.

 

Asalamu’alaikum Wr. Wb

       Saya ucapkan terima kasih kepada pihak panitia seleksi beasiswa Singapura yang sudah memberikan kesempatan untuk saya supaya bisa menemukan takdir di negeri Singapura. Perkenalkan, gadis keturunan Manado-Jawa yang memiliki lengkap Ester Kristiani yang sering kali dipanggil dengan sebutan Ester.

      Saat saya duduk di bangku sekolah dasar di SD N Manado 2, dari kelas 1 hingga kelas 6, saya meraih peringkat 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Ketika saya SMP di SMP N Kristen Manado 01, saya juga meraih prestasi berupa peringkat 1 selama 3 tahun, yaitu dari kelas 7 hingga kelas 9. Setelah lulus SMP, saya mendaftar di SMA unggulan di Manado.

     Ketika saya duduk di bangku SMA, saya menerima kesempatan untuk menjadi ketua OSIS denga prestasi yang saya miliki, seperti juara 1 membaca puisi tingkat provinsi, juara 1 lomba debat antar provinsi, juara 1 sebagai pembicara terbaik dan juara 1 sebagai penulis novel antar kabupaten dengan novel berjudul Andai Beta Jadi Walikota.

      Bagi saya, hal yang paling menyenangkan adalah menulis dan membaca, sehingga hal ini membuat saya suka membaca membuat sebuah novel. Melalui cara inilah yang dapat membuat saya lebih dekat dengan dunia.

      Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan alasan yang mendasari saya layak menerima beasiswa ini, yaitu:

  1. Saya tertarik untuk menjadi seorang dokter, karena seorang dokter memiliki jasa yang begitu sangat besar dalam membatu menyembuhkan segala penyakit para pasien. Banyak orang sakit yang membutuhkan seorang dokter untuk menyembuhkan luka atau penyakit. Saat itulah saya bertekad untuk menjadi orang tang penting dan bisa membantu banyak orang, yaitu dengan menjadi seorang dokter.
  2. Anak menjadi pewaris keturunan suatu keluarga yang akan menjadi pewaris negara yang akan meneruskan kemerdekaan negara. Untuk meneruskan kemerdekaan, negara membutuhkan penerus bangsa yang bisa diunggulkan, terutama dari segi pendidikan. Tanpa memiliki pendidikan yang baik, maka penerus bangsa tidak bisa diandalkan dalam menjaga keharmonisan negara.
  3. Singapura menjadi daftar negara yang paling diminati oleh semua pelajar internasional karena kualitas pendidikannya yang tidak lagi diragukan, khususnya dalam hal teknologi dan pengetahuan. Semua alumni-alumni dari sekolah di Singapura memiliki masa depan yang lebih baik dan semuanya mencapai kesuksesan seperti yang telah dimimpikan.

Demikian motivation letter yang telah saya buat untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Atas perhatiannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Contoh Motivation Letter Untuk Magang

Contoh-Motivation-Letter-Untuk-Magang

Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas dari kampus untuk magang, maka harus melampirkan dokumen berupa motivation letter. Melalui dokumen inilah yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan.

Cara membuatnya pun cukuplah simpel dan mudah. Agar motivation letter dapat diterima baik oleh perusahaan, lihat contoh motivation letter magang berikut:

Yth.

Panitia Seleksi Kegiatan Magang LBH Masyarakat Kantor Jeti

    Melalui motivation letter ini, saya ingin mengekspresikan minat besar saya agar dapat mengikuti program dalam kegiatan magang mandiri tang telah diselenggarakan LBH Masyarakat Kantor di Jatim. Saya yakin, bahwa saya merupakan seseorang yang pantas untuk dipilih.

    Ketertarikan saya di lantas pada latar belakang bidang pendidikan saya, yaitu di hukum yang baru saya tempuh selama 1,5 tahun di Universitas Gajah Mada di Yogyakarta. Tujuan saya dalam mengikuti kegiatan magang ini yaitu untuk menambah ilmu saya dalam bidang pendidikan hukum supaya ada banyak pembelajaran mengenai hukum yang dibutuhkan masyarakat sekitar dan kelak bisa menjadi bagian dari karier saya untuk ke depannya nanti.

    Saya adalah orang yang pekerja keras, dapat menjalin kerja sama dengan tim dalam pemecahan kasus-kasus hukum serta mempunyai inovasi dalam meningkatkan masa depan para hukum yang ada di Indonesia. Melalui ilmu yang saya dapatkan itulah yang akan membantu saya untuk mengaplikasikan nya dalam lingkungan masyarakat dan direalisasikan bersama ke depannya nanti.

  Demikian motivation letter saya buat untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangannya. Besar harian saya agar mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan magang yang diselenggarakan LBH Masyarakat Kantor Jatim ini.

 

Hormat saya,

Endah Prastiwi

Contoh Motivation Letter Bahasa Indonesia

Contoh-Motivation-Letter-Bahasa-Indonesia

Melalui pembuatan motivation letter inilah yang akan membuat Anda lebih mudah dikenali oleh pihak perusahaan. Selain itu, motivation letter juga dapat dijadikan sebagai senjata diri Anda.

Membuatnya pun harus dilakukan dengan baik, karena ada banyak hal yang seharusnya Anda tuliskan dalam motivation letter, namun ada juga hal-hal yang tidak boleh Anda tulis dalam motivation letter.

Yth.

Panitia Seleksi kegiatan PKBH FH UGM,

      Melaui surat motivation letter yang saya buat ini, saya mengekspresikan minat saya untuk melamar kerja sebagai staff di PKBH FH UGM. Setelah saya melihat visi dan misi lembaga bantuan Hukum yang ada di kampus, saya yakin, bahwa saya adalah orang yang pantas untuk di pilih.

      Ketertarikan saya tersebut berlandaskan karena saya memiliki landasan pendidikan kuliah di fakultas hukum selama 3 tahun di Universitas Gajah Mada. Saya mendatar degan tujuan karena saya ingin belajar lebih banyak mengenai pemberian bantuan hukum serta menjadikannya sebagai bagian dari karier saya untuk ke depannya.

     Salah satu hal yang menjadi penyemangat saya untuk melakukan pendaftaran sebagai staff yaitu melalui ilmu yang saya miliki selama duduk di bangku kuliah dan pengalaman yang saya miliki. Hal ini saya jadikan sebagai fondasi yang kuat untuk daya supaya bisa memberikan bantuan secara hukum pada masyarakat yang tengah mengalami permasalahan hukum.

     Tujuan saya dalam masuk staff PKBH FH UGM yaitu ingin mendapatkan pengalaman tambahan pada bidang pemberian bantuan secara hukum pada masyarakat. Selain itu, saya juga berharap bahwa ilmu saya selama ini yang saya dapatkan selama kuliah dapat berguna sesuai dengan bidangnya, baik itu untuk diri saja, untuk lembaga maupun untuk orang lain.

Besar harapan saya agar dapat menjadi anggora lembaga bantuan Hukum PKBH FH UGM. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Okti Dewi

Contoh Motivation Letter Untuk Organisasi

Contoh-Motivation-Letter-Untuk-Organisasi

Masuk dalam sebuah organisasi, tentunya menjadi hal yang sangatlah menyenangkan, karena ada banyak kegiatan yang bermanfaat ketika Anda sudah masuk menjadi anggota dalam suatu organisasi.

Ketika Anda ingin masuk dalam suatu organisasi, maka Anda harus membuat motivation letter sebelum ikut bergabung dalam organisasi. motivation letter inilah yang berguna untuk meyakinkan para anggota.

Selain itu, motivation letter juga dapat dijadikan sebagai senjata yang kuat bagi Anda untuk bisa ikut gabung menjadi anggota organisasi, baik itu untuk tingkat SMP, SMA dan ketika memasuki dunia perkuliahan.

Jika Anda merasa bingung dalam membuat motivation letter untuk masuk sebagai organisasi, Anda bisa melihat contoh motivation letter yang ada di bawah ini.

Kepada Yth

Ketua Organisasi HMPS Akuntansi

Di tempat

       Berdasarkan dari motivation letter yang saya buat ini, saya bermaksud ingin mengajukan permohonan untuk ikut serta dalam kegiatan organisasi untuk menjadi anggota. Melalui pengalaman dan wawasan yang saya miliki sebelumnya, maka saya percaya bahwa saya adalah orang yang pantas dan layak untuk mejadi anggota HMPS Akuntansi.

      Sebelumnya saya memiliki pengalaman dalam organisasi BEM, sehingga saya memiliki pengalaman dalam dunia organisasi dan saya juga bisa mengembangkan soft skill saya dalam memperluas wawasan serta ruang lingkup pergaulan saya. Semakin banyak kegiatan yang saya lakukan, maka akan semakin banyak pula pengalaman yang akan saya dapatkan.

      Sebagai anggota organisasi, maka saya akan melakukan hal tag terbaik untuk fakultas maupun untuk mahasiswanya. Sebagai bahan pertimbangannya, maka saya memberikan analisis SWOT yang saya miliki, yaitu:

  • Streght

Memiliki tanggung jawab pada apa pun yang telah dilakukan maupun telah diucapkan. Memiliki komitmen dalam ucapan, apabila mengalami masalah saya tidak mudah menyerah, selalu sabar dan telaten, selalu tepat waktu dan memiliki tingkat kepedulian yang besar sesama manusia.

  • Weaknes

Ketika berada di hadapan umum merasa kurang percaya diri,

 sering kurang percaya diri dihadapan umum, lemah dalam bahasa inggris, dan tidak mudah mempercayakan pekerjaan kepada orang lain.

  • Opportunity

Mempunyai banyak teman dalam mengembangkan diri dan mempunyai semangat dalam berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  • Threat

Rencana atau niat yang belum terlaksana, selain itu sering kali mudah terpengaruh pada rekan yang memiliki sikap malas.

Demikianlah motivation letter ini saya buat sebagai bahan pertimbangan saudara dalam menerima saya sebagai anggota. Apabila saya memiliki kesempatan dan kepercayaan untuk bergabung menjadi anggota HMPS Akuntasni, maka saya akan memberikan dedikasi terbaik yang sama miliki, kompetensi dan keterampilan secara optimal.

      Surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat banyak kesalahan.

Semarang, 08 Agustus 2019

 

Gunawan

Supaya motivation letter yang Anda buat diterima dengan baik, maka Anda pun harus meyakinkan pembaca bahwa Anda adalah orang yang benar-benar pantas untuk mendapatkan kesempatan yang Anda inginkan selama ini.

Dengan kemampuan atau skill yang Anda miliki tersebutlah yang dapat dijadikan sebagai kunci atau senjata untuk meraih apa yang Anda impikan.

Melalui beberapa contoh surat motivasi seperti yang ada di atas, Anda bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain out Anda pun juga bisa membuat contoh motivation letter untuk seleksi beasiswa ataupun yang lainnya.

Cara membuatnya dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah asalkan Anda mengetahui memperhatikan aturan yang seharusnya ada di dalam motivation letter.

 

Ingin mengetahui artikel menarik lainnya? Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini :

 

dhinda penulis Seorang yang mempunyai hobi membaca dan suka berbagi melalui tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *