Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Materi Bahasa Inggris SMP

3 min read

Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada di sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga menengah ke atas. Khususnya sekolah menengah pertama yang mewajibkan seluruh muridnya belajar bahasa Inggris.

Ada beberapa materi bahasa Inggris untuk sekolah menengah pertama yang harus dipelajari, mulai dari kelas 7 hingga kelas 9.

Materi bahasa Inggris ini berbeda-beda pada masing-masing tingkatannya. Materi ini akan dipelajari oleh guru dan siswa. Anda bisa mempelajari masing-masing materi berikut sesuai dengan tingkatan kelasnya masing-masing.

Materi Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas 7, 8 dan 9

Berikut ini beberapa materi bahasa inggris SMP yang akan dilengkapi dengan penjelasannya masing-masing, berikut penuturannya :

Materi Bahasa Inggris untuk Kelas 7

Materi-Bahasa-Inggris-untuk-Kelas-7

  • Greetings and Leave Takings

Ungkapan salam/sapa di dalam bahasa Inggris dibagi menjadi dua bagian yaitu informal greeting dan formal greeting. Biasanya formal greeting dipakai untuk acara/suasana resmi atau yang belum familiar.

Sedangkan informal greeting biasanya dipakai untuk sapaan/salam pada orang yang sudah dikenal dan suasana yang tak resmi.

Contohnya Good Morning untuk sapaan selamat pagi formal dan Hi How Are You untuk sapaan informal.

  • Expressing Gratitude

Materi berikutnya yang akan dipelajari oleh kelas 7 Sekolah Menengah Pertama adalah Expressing Gratitude atau rasa terima kasih. Ucapan terima kasih biasanya diucapkan pada seseorang yang telah menolong/membantu kita.

Contoh kalimat yang biasa digunakan pada Expressing Gratitude ini yaitu Thank you very much atau terima kasih banyak. Thank You menjadi ucapan terima kasih yang paling umum digunakan.

  • Expressing Apologize (permintaan maaf)

Materi tentang Expressing Apologize merupakan jenis ungkapan atau ekspresi yang biasanya dipakai untuk kesalahan yang dilakukan, kegagalan, penghinaan dan sebagainya.

Seperti ungkapan Sorry yang biasa diucapkan ketika kita meminta maaf yang umum digunakan, dan bisa dipakai di mana saja dan kapan saja.

  • Grammar : To Be (is, am, are, was, were dan was) 

Grammer To Be menjadi komponen penting di dalam pelajaran bahasa Inggris. Kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan To Be menjadi kata kerja yang memang harus ada di hampir setiap kalimat.

Grammer To Be juga menjadi bentuk penegasan dalam subjek dan kata yang mengikuti subjek tersebut.

Am dipakai pada subjek orang pertama, is dipakai pada subjek orang ketiga tunggal dan are dipakai pada subjek yang bentuknya jamak.

  • Preposition Time and Place (kata penghubung Time dan tempat)

Kata pada preposition ini bertujuan untuk menerangkan pada latar waktu, tempat dan sebab yang terjadi pada subject itu sendiri. Untuk bisa mengetahui lebih lanjut Anda bisa memahaminya di https://bacaboy.com/preposition/.

Materi Bahasa Inggris untuk Kelas 8

Materi-Bahasa-Inggris-untuk-Kelas-8

  • Asking and Giving Attention

Materi tentang perhatian merupakan proses pada seseorang yang berkonsentrasi pada beberapa fitur lingkungannya dan orang lain. Perhatian ini menjadi kepentingan umum yang membuat seseorang ingin tahu banyak mengenai suatu hal.

Ada dua jenis ungkapan perhatian dalam bahasa Inggris yaitu showing attention atau menunjukkan perhatian dan asking for attention atau meminta perhatian.

  • Vocabulary on the road

Vocabulary dalam bahasa Inggris adalah kumpulan kata yang terdapat dalam bahasa Inggris, sehingga vocabulary on the road ini artinya kosa kata atau kumpulan kata yang berkaitan dengan jalan raya.

Vocabulary ini bisa juga berhubungan dengan alat transportasi yang ada di jalan raya, seperti misalnya Bus atau Car.

  • Asking and giving suggestion

Ungkapan yang terdapat dalam bahasa Inggris yang biasanya dipakai untuk mengekspresikan bagaimana cara memberi suatu saran pada orang lain, atau bahkan meminta saran mengenai suatu hal.

Bentuk ungkapannya bisa berbagai macam, misalnya asking suggestion atau meminta saran dan giving suggestion atau memberi saran pada orang lain. Respon dari asking dan giving suggestion ini biasanya adalah agree atau disagree.

  • There is  and there are 

Materi bahasa inggris untuk sekolah menengah pertama pada siswa kelas 8 SMP, materi penggunaan there is dan there are akan dijelaskan secara lengkap. There is menunjukkan hanya ada satu objek yang ditunjuk, atau menunjukkan sebuah/seseorang.

Sedangkan penggunaan there are menunjukkan jumlah objek yang ditunjuk lebih banyak atau lebih dari satu, yang akan ditambahkan huruf S di belakang kata benda yang ditunjuknya.

Materi Bahasa Inggris untuk Kelas 9

Materi-Bahasa-Inggris-untuk-Kelas-9

  • Congratulation! 

Ungkapan dari congratulation ini merupakan kata benda yang jumlah maknanya lebih dari satu. Ungkapan dari congratulation ini bisa berupa countable atau uncountable noun. Bentuk countable yaitu plural atau jamak yang isinya berupa pesan/ucapan selamat untuk seseorang.

Kata/ungkapan congratulation dari countbale noun biasanya diawali dengan verb. Sedangkan uncountable noun merupakan kata/ungkapan selamat yang sifatnya formal/resmi.

  • Present Continuous, Past Continuous, dan Future Continuous

Materi berikutnya yang dipelajari oleh siswa kelas 9 SMP adalah tentang Present continuous, past continuous, dan future continuous.

Present continuous merupakan jenis tense yang fungsinya yaitu sebagai ungkapan pada segala hal yang dilakukan di masa kini/sekarang.

Sedangkan bentuk past continuous adalah bentuk tense pada segala kejadian yang terjadi atau dilakukan di masa lampau.

Future tense adalah bentuk tense yang fungsinya menyatakan sesuatu yang terjadi di masa depan.

  • Present Perfect Tense

Jenis tense yang menunjukkan kejadian yang terjadi atau dilakukan di masa lalu namun hal itu masih berimbas ke masa sekarang disebut dengan present perfect tense. Bisa juga segala kejadian yang terjadi di masa lalu, tetapi efeknya masih dirasakan hingga ke masa kini.

Jenis tense ini menjadi penggabungan masa lampau dan masa kini, yang waktunya lebih spesifik.

Masih banyak lagi materi lainnya yang dipakai untuk guru dan siswa kelas 7, 8 dan 9. Materi bahasa inggris untuk sekolah menengah pertama dimulai dari materi yang mudah terlebih dahulu.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *