Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Manfaat Mentimun Untuk Kulit Wajah

3 min read

Ada banyak manfaat dari mentimun yang sering diolah menjadi sayuran atau hanya sekadar menjadi lalapan dan pemanis pada suatu olahan makanan tertentu.

Namun, ternyata mentimun ini bermanfaat juga untuk kesehatan kulit wajah. Salah satu manfaat mentimun untuk kulit wajah ini adalah untuk kecantikan wajah.

Terdapat kandungan folat, vitamin A dan C, serta asam kafeik yang mempunyai sifat antiradang serta antioksidan. Itulah sebabnya mentimun bisa digunakan untuk perawatan wajah.

Silahkan simak ulasan lengkapnya terkait manfaat dan cara membuatnya dibawah ini.

Manfaat Mentimun Bagi Perawatan Kulit Wajah

Manfaat-Mentimun-Bagi-Perawatan-Kulit-Wajah

Jika Anda ingin mencoba melakukan perawatan kulit wajah terutama untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, maka Anda bisa menggunakan mentimun untuk membuat wajah tampak lebih bersih dan cerah.

Berikut ini beberapa manfaat mentimun untuk kulit wajah yang bisa Anda coba untuk merawat wajah dengan cara alami :

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya mencoba perawatan alami khusus untuk kulit berminyak, dengan menggunakan mentimun.

Terdapat 90% air yang terkandung di dalam mentimun ini, kandungan air itulah yang akan membuat minyak pada wajah menjadi berkurang sehingga kulit akan menjadi lebih lembab.

Selain itu, kandungan vitamin C pada mentimun juga ampuh dalam menjaga keseimbangan kadar minyak pada wajah.

Selain bagus untuk kulit berminyak, mentimun juga bisa mencegah kulit kering. Kadar pH kulit pada wajah akan menjadi lebih seimbang serta mampu mengontrol produksi sebum yang merupakan penyebab dari kulit wajah berminyak.

2. Melembabkan Wajah

Prosentase kadar air sebanyak 90% yang terdapat di mentimun ini juga yang membuat kulit wajah menjadi lebih lembab dan membuat kulit kusam menjadi lebih cerah.

Terkadang kita mencuci wajah dengan air supaya kulit wajah menjadi lembab, tetapi air saja belum cukup untuk kelembapan kulit wajah itu sendiri.

Jika ingin membuat kulit wajah menjadi lebih lembab maka Anda bisa membuat campuran ramuan yang dibuat dari mentimun dan aloe vera, ditambah dengan madu yang juga mampu melembabkan kulit.

3. Kulit yang Iritasi dan Berjerawat

Bagi Anda yang terbiasa beraktivitas di lapangan, ruang terbuka atau di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung tentu akan memberi efek buruk pada kulit wajah.

Seperti misalnya pada bagian dagu, pipi, dahi dan hidung yang membuat kulit wajah menjadi terasa tidak nyaman. Kulit pun bisa menjadi iritasi dan muncul jerawat.

Namun, kandungan mineral yang terdapat pada mentimun ini misalnya kandungan sulfat dan kaliumnya akan mampu mengatasi kulit yang terkena sinar matahari terus menerus.

Bukan hanya untuk kulit yang terkena iritasi, tetapi mentimun juga bisa mengatasi kulit yang berjerawat.

Sifat astrigen pada mentimun akan membuat pori-pori wajah menjadi kecil, sehingga kulit akan terhindar dari jerawat.

Sari pada mentimun juga bisa menjadi toner alami yang nantinya akan membersihkan wajah dari jerawat yang mengganggu.

4. Menghilangkan Kantung Mata

Salah satu manfaat mentimun untuk kulit wajah yang sudah dijelaskan tadi adalah dapat mengatasi mata lelah.

Ketika mata sedang merasa lelah hingga timbul kantung mata bisa Anda atasi dengan menggunakan mentimun. Iris mentimun kemudian simpan di atas kelopak mata.

Cara ini bahkan terbukti ampuh dalam mengatasi kantung mata yang sering mengganggu.

Fungsi lain mentimun untuk mata adalah mengatasi mata bengkak yang nantinya akan mendinginkan mata dan mengecilkan pembuluh darah di dalamnya, sehingga mata yang membengkak atau munculnya kantung pada mata akan berkurang.

5. Memperbaiki Kulit Rusak

Kandungan yang terdapat pada mentimun juga ampuh dalam memperbaiki sel kulit mati sehingga dapat mencegah tumbuhnya jerawat, dan bisa memperbaiki kulit yang rusak.

Cara memperbaiki kulit rusak dengan menggunakan mentimun ini, bisa dengan menggunakan masker atau produk perawatan lainnya yang dibuat dari bahan mentimun.

Kulit dijamin akan sehat kembali dan tidak ada kerusakan pada kulit wajah sehingga kulit menjadi tampak cerah, bersih dan tidak kusam. Jika Anda memerlukan beberapa produk kecantikan untuk mencerahkan wajah dan terlihat bersih yang lainnya bisa ke drw skincare.

Atau supaya lebih mudah lagi Anda bisa tinggal klik saja tombol WhatsApp dibawah ini:

WhatsApp

6. Menyegarkan Wajah

Mentimun mengandung folat dan vitamin yang baik untuk kulit, sehingga manfaat lainnya dari mentimun ini adalah untuk membuat kulit wajah menjadi semakin segar dan sehat.

Berkembangnya sel baru yang ada di dalam tubuh termasuk sel kulit akan membuat kulit tampak kencang dan sehat.

Bahkan getahnya pun bisa digunakan di wajah untuk menyegarkan kulit wajah.

Cara Membuat Masker Wajah Dari Mentimun

Cara-Membuat-Masker-Wajah-Dari-Mentimun

Jika Anda sudah mengetahui apa saja manfaat mentimun bagi kulit wajah ini maka kini Anda bisa membuat masker wajah sendiri di rumah, yang dibuat dari olahan mentimun.

Caranya mudah dan tidak memerlukan banyak biaya, berikut cara pembuatannya :

1. Alat dan Bahan

✓    Mentimun 1 buah

✓    Saringan

✓    Gel aloe vera 2 sendok saja

✓    Blender

✓    Mangkuk/wadah

✓    Sendok takaran

✓    Sendok untuk mengaduk

2. Cara Membuat

»   Pertama-tama, kupas terlebih dahulu mentimun lalu ambil bagian dalamnya dan haluskan dengan menggunakan blender sampai teksturnya menjadi cair.

»   Saring dengan menggunakan saringan agar airnya tidak terlalu banyak.

»   Jika Anda ingin melembapkan kulit dengan ramuan mentimun ini, maka tambahkan lagi bahan aloe vera sebanyak 2 sendok lalu campurkan ke dalam adonan.

»   Siap dioleskan ke kulit wajah, pijat perlahan, dan diamkan selama 15 menit.

»   Bilas dengan air dingin sampai wajah kembali bersih.

Cara tersebut harus dilakukan dengan rutin jika Anda ingin hasil yang maksimal, dengan kulit wajah yang bersih, cerah, dan sehat.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Membeli Baju Bayi

Riski M.pd
2 min read

Cara Belajar Efektif

Riski M.pd
2 min read

Tata Ruang Kantor

Riski M.pd
3 min read

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *