Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Majas Metonimia

3 min read

Penggunaan majas metonimia sebenarnya sudah sangat lumrah di masyarakat atau kehidupan keseharian kita.

Hanya saja, tidak semua orang menyadari bahwa penggunaan gaya bahasa satu ini tidak termasuk ke dalam salah satu khazanah sastra majas nusantara.

Akan tetapi gaya bahasa metonimia ini termasuk ke dalam jenis gaya bahasa perbandingan yang ditujukan untuk memberi perbandingan dari suatu barang.

Supaya lebih paham mendalam, Anda bisa simak ulasan detail dari Cryptowi dibawah ini.

Pengertian Majas Metonimia

Pengertian-Majas-Metonimia

Istilah “metonimia” diambil dari akar bahasa Yunani Kuno yang terdiri dari dua kata yakni meto dan anoma. Kata meto memiliki arti sebagai perubahan sementara anoma memiliki arti nama.

Penggunaan gaya bahasa metonimia sangat lumrah digunakan oleh masyarakat awam untuk menyebut suatu barang yang sejatinya memiliki nama dengan menyebut merk lain yang terasosiasi dengan barang tersebut.

Selain menyebut merk barang sejenis, gaya bahasa metonimia juga bisa digunakan dengan menyebut ciri khas, label atapun karakteristik atribut dari barang tersebut.

Sehingga penggunaan gaya bahasa metonimia sering digunakan untuk menyebut suatu benda dengan kata yang lain yang memang memiliki relasi yang dekat dan sudah dikenal secara umum oleh masyarakat.

Simak Juga: Majas Metafora

Ciri-Ciri Gaya Bahasa Metonimia

Ciri-Ciri-Gaya-Bahasa-Metonimia

Setiap gaya bahasa atau majas dalam khazanah sastra Bahasa Indonesia tentu memiliki karakteristik atau ciri khas tersendiri termasuk gaya bahasa metonimia.

Setidaknya ada 3 ciri-ciri dalam gaya bahasa metonimia, yaitu seperti berikut:

➤  Di dalam gaya bahasa metonimia memiliki tiga jenis relasi kontiguitas atau keterpautan yakni kausal, spasial dan temporal

➤  Gaya bahasa metonimia digunakan untuk menggantikan suatu nama barang atau benda dengan menggunakan kata lainnya seperti ciri khusus, merk barang, jenis dan sebagainya.

➤  Adanya hubungan dari kata yang digunakan untuk mengganti nama suatu benda tersebut seperti merk yang sangat melekat dengan barang tersebut.

Simak Juga: Majas Hiperbola

Contoh Majas Metonimia

Contoh-Majas-Metonimia

Agar lebih mudah dalam memahami penggunaan gaya bahasa metonimia, Anda bisa membaca beberapa contoh penggunaan majas ini.

Gaya bahasa metonimia sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat. Berikut diantara beberapa contohnya:

✓    Tetangga saya baru saja membawa pulang sebuah kijang bekas yang digunakan sebagai hadiah ulang tahun bagi anaknya yang baru saja berulang tahun. (Kata kijang digunakan untuk menggantikan kata mobil merk Toyota)


✓    Ibu meminta adik saya untuk membeli Rinso di warung tetangga karena ibu akan mencuci baju (Kata Rinso digunakan untuk menggantikan maksud sabun cuci baju atau detergen cuci baju)


✓    Saat saya sedang mandi, ternyata saya kehabisan odol sehingga saya tidak jadi gosok gigi. (Kata odol bersinonim dengan kata pasta gigi)


✓    Ibu guru minta tolong kepada Adinda dan Yusuf untuk membeli Snowman di toko buku karena sudah kehabisan tinta (Kata Snowman sebagai merk yang sangat populer untuk spidol seringkali digunakan untuk menggantikan maksud spidol)


✓    Keluarga jauh saya menggunakan Garuda untuk bepergian ke rumah kakek dan nenek di luar Jawa. (Kata Garuda digunakan untuk menyebut maksud pesawat terbang meski orang tersebut belum tentu menaiki pesawat Garuda)


✓    Tadi pagi aku belum menggunakan Sunsilk untuk membersihkan rambutku (Kata Sunsilk sangat dekat maknanya dengan kata sampoo yakni sabun pembersih rambut)


✓    Saya sekarang lebih senang menggunakan Gojek ketimbang menaiki ojek pengkolan karena lebih murah dan lebih aman (Kata Gojek sudah erat kaitannya dengan ojek online)


✓    Kakak saya senang melumuri bayinya yang baru lahir dengan Zwitsal agar bayi merasa lebih hangat dan nyaman (Arti kata Zwitsal yang merupakan merk produk perawatan bayi adalah minyak telon)


✓    Setiap kali ayah saya sakit kepala dia akan segera mengkonsumsi Bodrex sebanyak satu tablet dan istirahat agar sakit kepalanya segera hilang (Kata Bodrex memiliki makna obat untuk mengobati sakit kepala)


✓    Agar tangan kita lebih bersih dan terbebas dari kuman, pastikan untuk selalu mencuci tangan menggunakan Lifebuoy sebelum makan (Maksud dari kata Lifebuoy adalah sabun)


✓    Setiap tiga bulan sekali pastikan Anda selalu mengganti Yamalube pada kendaraan bermotor agar motor tetap dapat bekerja optimal (Kata Yamalube sering diasosiasikan dengan kata oli kendaraan bermotor seperti motor)


✓    Jangan lupa untuk menggosok gigi dua kali sehari dengan menggunakan Pepsodent (Maksud kata Pepsodent adalah pasta gigi)


✓    Ibu mengeluh di rumah karena sanyo sudah rusak dan belum bisa diperbaiki (Maksud kata atau merk Sanyo tersebut adalah pompa air)


✓    Kakak laki-laki saya suka mengenakan celanan levis setiap kali keluar rumah ataupun pergi ke kampus (Kata levis sudah erat kaitannya dengan celana berbahan jeans)


✓    Kita sekarang terpaksa harus mencetak file di luar kantor karena Epson yang digunakan sedang rusak. (Kata Epson memiliki makna mesin printer atau mesin cetak)


✓    Banyak ibu rumah tangga sekarang lebih suka berjualan online lewat Facebook ketimbang berjualan langsung di pasar. (Maksud kata Facebook tersebut bisa juga berarti sosial media)


✓    Keluarga saya lebih suka menonton tayangan tinju langsung dari Panasonic di ruang keluarga ketimbang melalui smartphone (Kata Panasonic memiliki maksuda televisi)


✓    Setiap kali ada tetangga yang datang ke rumah maka ibu akan langsung menyiapkan sariwangi untuk disuguhkan kepada para tamu. (Merk Sariwangi menunjukkan maksud teh)


✓    Setiap bulan puasa Ramadhan tiba, keluarga saya akan langsung menyimpan beberapa botol Marjan untuk diminum saat buka puasa. (Marjan merupakan merk salah satu syrup)


✓    Saya tidak bisa menghubungi ibu karena Telkomsel gangguan (Kata Telkomsel bisa berarti operator jaringan)


Simak Juga: Majas Personifikasi

Masih banyak lagi penggunaan majas metonimia yang digunakan secara tidak sadar oleh masyarakat kita. Gaya bahasa metonimia paling sering digunakan dengan menggantikan kata benda dengan merk yang sudah sangat populer. Semoga dengan adanya ulasan diatas Anda sudah memahami terkait dengan majas ini.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh SOP

Danar
2 min read

Pengertian Puasa

Danar
2 min read

Contoh Review Jurnal

Dhinda
13 min read

Contoh Kajian Pustaka

Danar
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Danar
2 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Danar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *