Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Kota Malang

3 min read

Berkunjung ke Jawa Timur tak lengkap rasanya kalau tak mampir ke Kota Malang.

Kota terbesar kedua di Jawa bagian Timur dengan sejuta sejarah dan pesona yang memukau.

Kalau Anda datang sekali pasti jadi ketagihan untuk datang lagi, karena banyak hal menarik yang bisa dikuak di kota yang luasnya mencapai 145,28 kilometer persegi ini. Penasaran? Silahkan simak sejarah, kuliner hingga wisata yang bisa Anda telusuri dari kota satu ini.

Sejarah Kota Malang

Sejarah-Kota-Malang

Bicara soal sejarah kota berpenduduk 895 ribuan orang ini, berdasarkan fakta sejarah berdiri sekitar abad ke-8 pada masa eksistensi Kerajaan Kanjuruhan.

Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya beberapa prasasti hingga bekas pondasi bangunan awal daerah tersebut. Kemudian berkembang menjadi wilayah yang diperebutkan oleh Sultan Mataram dan ditaklukkan tahun 1614.

Sedangkan di masa kolonial Belanda, daerah ini dijadikan Kotapraja dan berkembang, bahkan buktinya masih terlihat dari sejumlah bangunan Belanda di kawasan Ijen.

Lalu ketika masuk pendudukan oleh Jepang, perkembangan terus berlanjut walau agak lambat, karena daerah Malang banyak yang dirombak bangunannya dan dialih fungsikan.

Usai kemerdekaan, Malang direbut dari penjajah dan dideklarasikan sebagai salah satu kawasan di Indonesia pada 2 Maret 1947.

Sedangkan Kota Malang sendiri baru dikukuhkan oleh pemerintah sejak 1 Januari tahun 2001 silam hingga saat ini.

Julukan Kota Malang

Julukan-Kota-Malang

Banyak julukan yang diberikan kepada kota yang punya kembaran di Prancis, China hingga Palestina ini. diantaranya adalah:

✔ Kota Pendidikan

Alasan pemberian julukan ini karena banyaknya sarana pendidikan yang berkualitas di Kota Malang, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Makanya banyak siswa dan mahasiswa yang memilih untuk bersekolah di kota ini.

✔ Kota Pariwisata

Tak perlu diragukan lagi kalau Kota Malang punya berbagai destinasi wisata terbaik, mulai dari wisata sejarah, pantai, sampai wisata kuliner yang menggugah selera.

Jadi wajar kalau orang disebut rugi kalau tak menyempatkan diri menghabiskan salah satu jadwal liburan di kota ini.

✔ Kota Apel

Siapa yang tak kenal dengan Apel Malang dengan warna originalnya hijau muda.

Banyak kawasan di Kota Malang yang jadi pusat budidaya apel malang, termasuk olahan dari apel yang rasanya sedikit asem tersebut. Seperti manisan hingga keripik dengan citarasa yang khas.

✔ Ngalam Kipa dan Kera Ngalam

Coba Anda balik dua suku kata di atas, akan menghasilkan kata Malang Apik dan Arek Malang.

Julukan ini banyak digunakan oleh warga Malang untuk memperkenalkan diri, dan sudah sangat populer di kalangan generasi muda milenial saat ini.

Kuliner Kota Malang

Kuliner-Kota-Malang

Tiga kuliner kota malang yang paling populer saat ini wajib untuk Anda cicipi kalau berkunjung ke kota wisatanya Jawa Timur tersebut. apa saja kuliner maknyus itu? silahkan simak baik-baik.

✔ Bakso President

Bedanya bakso ini dengan bakso lainnya di Kota Malang adalah lokasinya yang unik yaitu di pinggir rel kereta api. Jadi Anda bisa makan bakso  lengkap dengan pangsit goreng dan segelas es teh manis.

Sambil menikmati  getaran rel ketika kereta api lewat. Soal harga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp. 11 ribuan hingga Rp.30 ribuan.

Pecel Kawi

Ini adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Malang yang sudah ada sejak tahun 1975 dan dirintis oleh Hj. Musilah.

Nasi pecel yang masih mempertahankan penyajian original ini menjadi daya tarik tersendiri jika dibandingkan nasi pecel yang lain, karena seporsi nasi pecel bisa dinikmati dengan tambahan lauk  dan gorengan.

Rumah makan yang terletak di Jalan Kawi Atas Nomor 43 B ini juga patut masuk daftar kuliner yang harus disantap saat ke Malang.

Selain enak, harganya juga terjangkau yaitu hanya kisaran Rp. 14.000an saja.

✔ Hok Lay

Buat Anda yang suka makanan berbau China di Kota Malang, jangan lupa mampir ke Depot Hok Lay yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10 Klojen.

Menu utamanya ada beberapa macam, mulai dari es Fasco yang memadukan susu sapi murni dan coklat enak, lalu ada Cwie Mie dan lumpia dengan rasa otentik China yang tak ada duanya.

Satu lagi yang banyak dicari pengunjung Depot Hok Lay adalah nasi bakmoy, yang merupakan perpaduan nasi dengan kuah kaldu kecoklatan.

Di dalamnya diberi irisan daging ayam dan bawang goreng. Soal harga, Anda tak perlu takut, karena kisarannya hanya maksimal Rp.30.000/porsi.

Wisata Kota Malang

Wisata-Kota-Malang

Mau mengunjungi tempat wisata di Kota Malang? Tiga destinasi berikut ini bisa jadi referensi karena punya keunikan yang tak akan Anda dapatkan di lokasi wisata lain.

✔ Pulau Sempu

Sebuah pulau di kawasan Pantai Sendang Biru Malang ini sebenarnya adalah Cagar Alam yang dilindungi pemerintah.

Namun karena keindahan pemandangan di sana yang masih “perawan” menjadikannya sebagai primadona masyarakat yang suka berkemah di alam terbuka.

Untuk mencapai lokasi ini Anda butuh waktu sekitar dua jam perjalanan dengan jarak tempuh 69 km.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, tapi jangan lupa membawa perlengkapan kemah yang lengkap. Soal biaya masuk hanya Rp.5.000/orang plus Rp.20.000/orang untuk biaya menginap satu malam di tepi pantai.

Jawa Timur Park

Kalau Anda mau membawa keluarga berwisata ke Kota Malang, jawa Timur Park adalah salah satu yang bisa dikunjungi.

Ada tiga Jawa Timur Park  yang tersebar di kota tersebut, pertama yaitu Jawa Timur Park 1 yang cocok untuk membawa buah hati yang masih usia sekolah dengan 14 wahana yang bisa dieksplorasi.

Kemudian ada Jawa Timur Park 2 yang letaknya di Jalan Raya Oro-oro Ombo Nomor 9, cocok untuk membawa keluarga berbagai usia karena wahananya terbagi di empat area yaitu Museum Satwa, Eco Green Park, Secret Zoo dan Fantasy Land.

Ketiga yaitu Jawa Timur Park 3 yang terdiri dari 16 Wahana terlengkap dibanding dua objek wisata sebelumnya.

Alun-Alun Kota Malang

Objek wisata yang satu ini adalah ikon Kota Malang. Letaknya di pusat kota dengan berbagai spot  menarik yang banyak dimanfaatkan warga kota tersebut. mulai dari spot track sepeda hingga playground.

Anda bisa duduk santai di alun-alun ini sambil menikmati air mancur dan lalu lalang warga.

Selain itu banyak kuliner khas Malang yang dijual oleh pedagang tradisional di sekitar alun-alun.

Harganya murah tapi rasanya sangat otentik, makanya jangan sampai melewatkan kesempatan mengitari alun-alun dan berbaur dengan warga kota tersebut.

Mengetahui sejarah hingga  wisata di Kota Malang akan menambah daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Bukan saja karena originalitas lokasi, keramahan masyarakat tapi juga karena kota itu menyimpan banyak keunikan yang harus Anda lihat dan buktikan sendiri. Ayo siapkan jadwal liburan Anda dan nikmati keindahan Malang sepuasnya.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Mengenal Kitchen Set

Danar
3 min read

Tips Memilih Printer

Danar
3 min read

Tips Membeli Baju Bayi

Danar
2 min read

Cara Belajar Efektif

Danar
2 min read

Model Baju Ulos

Danar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *