Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Kebutuhan Sekunder

3 min read

Setiap manusia tentu memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya.

Ada beberapa macam kebutuhan yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Namun, kali ini yang akan dibahas secara lebih detail dan lengkap adalah kebutuhan sekunder dengan penjelasan seperti berikut ini.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Pengertian-Kebutuhan-Sekunder

Sesuai dengan urutan atau tingkatannya, kebutuhan sekunder menduduki tingkat kedua yang artinya pemenuhan kebutuhan jenis ini dilakukan setelah kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik.

Tidak seperti halnya dengan kebutuhan primer, kebutuhan penunjang ini sifatnya tidak terlalu mendesak dan jika tidak dipenuhi tidak akan mengancam kelangsungan hidup seseorang.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pendamping atau penunjang yang bersifat subjektif, sehingga tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh yaitu Anda tetap bisa bertahan hidup dalam jangka waktu lama meskipun tidak memiliki mobil (kebutuhan penunjang/sekunder), namun tidak bisa hidup tanpa makanan (kebutuhan primer).

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Faktor-Yang-Mempengaruhi-Kebutuhan-Sekunder

Karena sifatnya yang subjektif, kebutuhan sekunder masing-masing orang bisa saja berbeda-beda dan beragam tidak seperti kebutuhan primer setiap orang yang hampir sama.

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yaitu sebagai berikut ini.

1. Perkembangan Zaman

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan tersier (barang mewah/berharga) akhirnya menjadi kebutuhan sekunder, seperti barang elektronik, handphone, laptop/komputer, dan lain sebagainya.

Beberapa tahun yang lalu, handphone menjadi barang mewah yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang.

Hanya mereka yang tergolong ke dalam menengah atas saja yang bisa memilikinya.

Namun, belakangan ini handphone menjadi kebutuhan penunjang yang hampir dimiliki oleh semua orang, bahkan hampir mencakup semua lapisan masyarakat, baik untuk sarana komunikasi jarak jauh, sumber mencari informasi, maupun untuk hiburan semata.

2. Adat Istiadat

Faktor lainnya yang mempengaruhi kebutuhan sekunder yaitu adat istiadat atau kebiasaan yang berlaku di masyarakat.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mudik atau pulang kampung saat menjelang hari raya menjadi salah satu kebutuhan untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga besar.

3. Lingkungan

Salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan penunjang/sekunder yaitu lingkungan. Lingkungan di mana seseorang tinggal akan berpengaruh juga pada kebutuhannya.

Bagi orang-orang yang tinggal di kota besar atau lingkungan dengan cuaca yang panas, kipas angin atau AC (air conditioner) menjadi kebutuhan pendukung yang harus dipenuhi agar aktivitas sehari-hari menjadi lebih nyaman.  

4. Agama

Agama juga bisa mempengaruhi kebutuhan sekunder seseorang atau kelompok masyarakat tertentu. Sebagai contoh misalnya bagi umat Muslim membutuhkan sajadah dan sarung atau mukena untuk menunaikan ibadah sholat.

Bagi pemeluk agama lain tentu akan memiliki kebutuhan yang berbeda, karena mereka tidak memerlukan perlengkapan sholat.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Contoh-Kebutuhan-Sekunder

Kebutuhan penunjang alias sekunder tentu lebih banyak jenisnya dibandingkan dengan kebutuhan primer.

Berikut contoh kebutuhan penunjang yang biasa ditemui di kehidupan sehari-hari serta penjelasannya.

1. Alat Elektronik

Alat elektronik seperti televisi, mesin cuci, kipas angin, rice cooker, dan lain sebagainya termasuk contoh kebutuhan penunjang/sekunder. Dengan adanya alat-alat elektronik, pekerjaan akan mudah diselesaikan.

Misalnya, kegiatan mencuci akan menjadi lebih cepat dan mudah dengan menggunakan mesin cuci.

2. Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor memiliki peranan penting untuk menunjang kehidupan manusia.

Dengan memiliki kendaraan pribadi, aktivitas dan mobilitas Anda akan menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Hiburan

Untuk mengurangi stress dan beban pikiran akibat rutinitas sehari-hari, seseorang tentu membutuhkan hiburan.

Anda bisa bermain games atau melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menghibur untuk memperoleh kebahagiaan dan kesenangan.

4. Peralatan Belajar

Bagi pelajar, kebutuhan akan peralatan belajar tentu sangat diperlukan seperti buku, alat tulis, meja belajar, dan lain sebagainya.

Dengan terpenuhinya kebutuhan akan alat-alat belajar, maka aktivitas belajar akan lebih baik dan nyaman.

Tanpa adanya buku dan alat tulis, kegiatan belajar dan mencatat poin penting dari pelajaran akan terhambat.

5. Perabotan Rumah Tangga

Pemenuhan kebutuhan rumah tangga yaitu perabotan seperti kulkas, meja dan kursi, peralatan dapur, kasur, dan lain sebagai juga harus terpenuhi untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti memasak, tidur, dan aktivitas lainnya agar lebih nyaman.

6. Smartphone

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kebutuhan akan smartphone atau ponsel pintar juga ikut meningkat untuk menunjang kehidupan manusia, terutama dalam hal komunikasi atau berbagi informasi.

Kehadiran smartphone dan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, atau Facebook juga semakin mempermudah berbagi informasi dan menunjang pekerjaan Anda.

7. Rekreasi

Rekreasi atau liburan ke tempat-tempat wisata yang menyenangkan juga menjadi salah satu kebutuhan penunjang yang diperlukan untuk mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan, naik secara fisik maupun rohani.

Rekreasi akan membantu Anda mengembalikan semangat dan menghilangkan kepenatan terhadap aktivitas sehari-hari yang padat.

8. Surat Kabar

Surat kabar atau koran menjadi sarana berbagi dan menyiarkan suatu informasi yang merupakan produk jurnalistik.

Meskipun sekarang ini sudah marak koran elektronik yang bisa dibaca melalui internet, namun tak sedikit pula orang-orang yang masih membutuhkan koran untuk memperoleh informasi.

9. Jam Tangan

Di zaman modern seperti saat ini, jam tangan sudah menjadi kebutuhan sekunder yang cukup penting bagi masyarakat.

Tidak hanya sebagai penunjuk waktu saja, jam tangan juga dijadikan sebagai accessories yang dapat menunjang penampilan seseorang agar terlihat lebih elegan dan berkarisma.

10. Olahraga

Olahraga juga termasuk salah satu kebutuhan penunjang yang membantu menjaga kebugaran tubuh dan merangsang otot atau bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Meski dinilai tidak terlalu mendesak dan tidak wajib seperti kebutuhan primer, pemenuhan akan kebutuhan sekunder harus tetap dilakukan untuk memperlancar dan mempermudah aktivitas Anda. Dengan terpenuhinya kebutuhan pendamping terutama di era modern seperti saat ini, kualitas hidup Anda akan meningkat dan menjadi lebih baik.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Demokrasi Liberal

Riski M.pd
2 min read

Sejarah BPUPKI

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Sejarah

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Integritas

Riski M.pd
2 min read

Sejarah Pencak Silat

Riski M.pd
3 min read

Pangkat Polisi

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *