Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Kebutuhan Primer

2 min read

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi dan tercukupi untuk kelangsungan hidupnya.

Dari zaman prasejarah hingga saat ini, kebutuhan manusia semakin beragam. Kebutuhan dibagi menjadi 3 macam yaitu primer, sekunder, dan tersier.

Untuk mengetahui kebutuhan primer dan contohnya secara lebih jelas, simak ulasannya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Kebutuhan Primer

Pengertian-Kebutuhan-Primer


Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama dan pokok yang harus dipenuhi agar seseorang dapat hidup layak sebagai manusia. Kebutuhan ini bersifat mendesak dan tidak bisa ditawar lagi. Kebutuhan ini wajib dipenuhi untuk menjamin keberlangsungan hidup seseorang, karena jika tidak dipenuhi maka ia akan menderita.


Contoh Kebutuhan Primer

Contoh-Kebutuhan-Primer

1. Sandang

Sandang termasuk ke dalam kebutuhan pokok berupa pakaian yang berguna untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin.

Pada zaman dahulu, pakaian terbuat dari kulit hewan atau kayu. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, pakaian terbuat dari tenunan benang.

Manusia tetap bisa hidup meskipun tidak ada sandang, namun akan mengganggu kesehatan dan melanggar norma kesopanan.

2. Papan

Papan atau rumah merupakan tempat yang digunakan untuk tinggal, berlindung, dan berteduh dari teriknya matahari, perubahan cuaca, dan binatang buas.

Manusia tetap bisa bertahan hidup tanpa tempat tinggal, namun kesejahteraan hidupnya akan terganggu karena tidak adanya tempat untuk berlindung dari perubahan cuaca.

Seiring berjalannya waktu, rumah digunakan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga.

Oleh karena itu, papan atau tempat tinggal tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik saja, namun juga bermanfaat untuk mencegah gangguan psikologis.

3. Pangan

Papan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi untuk keberlangsungan hidup manusia. Pangan dapat berupa makanan dan minuman agar manusia mendapatkan energi untuk beraktivitas.

Tidak hanya untuk keberlangsungan hidup manusia saja, makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan juga membutuhkan pangan untuk bertahan hidup.

Contoh kebutuhan pokok pangan yaitu sembako yang terdiri dari beras atau jagung, daging, sayur dan buah, telur, gula pasir, garam, susu, minyak goreng, dan minyak tanah atau LPG.

Jika kebutuhan pangan tidak terpenuhi, maka bisa mengancam kelangsungan hidup akibat kelaparan.

4. Identitas

Setiap manusia tentu ingin dikenal dan dianggap di dalam lingkungan tempat mereka hidup.

Hal ini sejalan dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain.

Dengan adanya identitas, orang lain bisa mengenali dan bisa saling berinteraksi satu sama lain, sehingga terjalin ikatan pertemanan yang menyenangkan dan nyaman.

5. Hubungan

Hampir sama dengan identitas, semua orang membutuhkan suatu hubungan dengan orang lain, seperti hubungan keluarga, hubungan pertemanan, dan lain sebagainya yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

6. Pengetahuan

Salah satu kebutuhan primer yang tidak kalah penting yaitu pengetahuan. Pengetahuan hampir sama dengan pendidikan, namun cakupan pengetahuan lebih luas daripada pendidikan.

Pengetahuan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pengetahuan formal, nonformal, dan keterampilan atau skill hidup yang dijadikan sebagai pengetahuan untuk bertahan hidup.

7. Pekerjaan

Pekerjaan juga termasuk ke dalam golongan kebutuhan pokok atau primer di mana setiap manusia yang bekerja akan memperoleh penghasilan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Upah atau gaji yang diperoleh dari bekerja bisa digunakan untuk membeli makanan, minuman, pakaian, obat-obatan, dan lain sebagainya.

8. Privasi

Privasi menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia, karena ada beberapa hal di dalam hidup seseorang yang hanya boleh diketahui oleh dirinya sendiri dan bersifat rahasia.

9. Komunikasi

Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk saling berinteraksi, komunikasi merupakan salah satu hal yang penting untuk berbagi informasi antara individu dengan individu lain.

Dengan adanya komunikasi, pemenuhan kebutuhan sehari-hari baik kebutuhan jasmani maupun rohani yang dibutuhkan oleh manusia akan tercukupi dengan baik.

10. Kasih Sayang

Kasih sayang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, baik kasih sayang yang berasal dari keluarga, teman, maupun orang lain yang ada di sekitar lingkungan hidupnya.

Dengan adanya kasih sayang, maka manusia dapat lebih peduli dengan sesama dan lingkungan sekitar mereka.

11. Kesehatan

Kesehatan sangatlah penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Dengan kondisi tubuh yang sehat, akan memudahkan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya.

Pemerintah juga mulai memberikan fasilitas dan jaminan kesehatan demi kesejahteraan dan kelangsungan hidup masyarakat.

12. Keamanan

Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang aman dan nyaman.

Oleh karena itu, tidak hanya membutuhkan rumah untuk tempat tinggal, manusia juga membutuhkan suasana lingkungan yang aman dan nyaman untuk menciptakan kehidupan yang tenang, damai, dan terhindar dari perasaan was-was terhadap hal-hal negatif yang mungkin terjadi dan bisa mencelakainya.

13. Keselamatan

Selain kesehatan dan keamanan, setiap orang juga membutuhkan jaminan keselamatan terutama bagi para pekerja untuk memperhitungkan antara faktor keselamatan dengan jaminan keselamatan yang akan ia dapatkan.

14. Ketentraman

Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang damai dan tentram, lingkungan yang aman dan nyaman, kesehatan yang baik, dan tercukupi segala kebutuhan sehari-harinya.

Dengan begitu, ia akan merasa tentram dan tidak ada perasaan was-was yang dapat mengganggu kehidupan sehari-harinya.

15. Pengakuan

Setiap orang tentu membutuhkan pengakuan dari orang lain yaitu dengan menunjukkan kemampuan dan prestasi yang dimilikinya.

Tidak hanya itu saja, setiap orang juga memiliki kecenderungan untuk dicintai dan mencintai, serat dihargai dan menghargai.

Seseorang akan merasa lebih bahagia ketika keberadaannya diakui dan dianggap oleh orang lain yang ada di sekitarnya.


Simak Juga: Hak Dan Kewajiban Warga Negara


Kebutuhan primer atau pokok merupakan sebuah kebutuhan yang bersifat mendesak dan wajib dipenuhi agar manusia dapat bertahan hidup. Apabila salah satu kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka dapat mempengaruhi kesejahteraan dan kelangsungan hidup Anda.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Sejarah Bahasa Indonesia

Riski M.pd
2 min read

Macam-Macam Ideologi

Riski M.pd
3 min read

Ideologi Pancasila

Riski M.pd
3 min read

Demokrasi Pancasila

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *