dhinda penulis Seorang yang mempunyai hobi membaca dan suka berbagi melalui tulisan.

Contoh Karya Ilmiah

5 min read

Contoh-Karya-Ilmiah

Dalam perkembangannya, contoh karya ilmiah sangat dibutuhkan oleh pelajar dan mahasiswa yang biasanya akan diminta membuat karya ilmiah di sekolah.

Panduan berupa contoh karya tulis ilmiah langsung akan sangat membantu pelajar maupun mahasiswa mendapatkan gambaran langsung bentuk karya ilmiah. Apalagi penulisan karya ilmiah tentu sedikit berbeda dibandingkan essay.

Karya ilmiah bisa dibilang sangat beragam. Untuk mahasiswa, karya ilmiah paling besar yang harus dibuat berupa skripsi ataupun tesis untuk magister.

Namun, pelajar SMA juga biasanya sudah dibiasakan untuk menulis karya ilmiah. Karya ilmiah memiliki kerangka khusus yang harus Anda ikuti. Berikut adalah panduan dari Cryptowi selengkapnya.

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Contoh-Kata-Pengantar-Karya-Ilmiah

Secara umum, bentuk kata pengantar karya tulis ilmiah hampir sama antara satu dan lainnya. Meski begitu, berikut kami lampirkan salah satu contoh kata pengantar.

Contoh kata pengantar berikut merupakan kata pengantar yang umumnya digunakan pada karya ilmiah formal seperti skripsi dan thesis.

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunianya, penulis dapat menyelesaikan skripsi berjudul “Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak dan Keinginan Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Situbondo, Jawa Timur”. Skripsi ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya keterkaitan antara latar belakang pendidikan orangtua terhadap minat melanjutkan pendidikan oleh anak-anak daerah Situbondo.

Skripsi ini diajukan sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana S1 Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Panca Bakti. Karya tulis ilmiah ini berhasil disusun berkat bantuan dari banyak pihak yang membantu penulis dari mulai penelitian hingga penulisan. Penulis mengucapkan terimakasih kepada:

  1. (Isi nama lengkap beserta gelar). Ketua Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Panca Bakti
  2. (Isi nama lengkap beserta gelar). Ketua Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Panca Bakti
  3. (Isi nama lengkap beserta gelar). Pembimbing I yang sangat membantu penulis menyelesaikan penelitian beserta karya tulis ini dari awal sampai akhir.
  4. (Isi nama lengkap beserta gelar) Pembimbing II yang banyak mengarahkan penulis dalam melakukan penelitian dan memberikan arahan serta masukan hingga karya tulis ini dapat terselesaikan.
  5. (Isi nama lengkap beserta gelar). Penguji utama yang telah memberikan saran dan masukan agar karya ilmiah ini semakin baik.
  6. Bapak, Ibu dan seluruh keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moril kepada penulis agar penulisan karya ilmiah dapat cepat terselesaikan
  7. Teman-teman satu angkatan Program Studi Psikologi tahun 2015 yang telah membersamai penulis sejak awal masuk hingga kelulusannya.

Penulis sadar bahwa karya tulis ilmiah ini tidak terlepas dari kesalahan dan memang jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi karya tulis yang lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat untuk penelitian selanjutnya.

Kota, tanggal

Nama penulis

 

Itulah contoh kata pengantar yang umumnya digunakan pada skripsi. Sementara untuk karya ilmiah sederhana seperti tugas sekolah biasanya tidak menyebutkan orang-orang yang diberikan ucapan terimakasih.

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Contoh-Abstrak-Karya-Ilmiah

Abstrak untuk karya ilmiah umumnya dalam bentuk satu paragraph yang memuat latar belakang dan tujuan utama penelitian pada tiga baris pertama atau sesuai kebutuhan.

Selanjutnya abstrak akan berisi metode penelitian yang dilakukan apakah menggunakan penelitian di laboratorium atau dengan mengambil sampel wawancara.

Abstrak kemudian akan menjelaskan terkait hasil penelitian hingga kesimpulan dari penelitian apakah menjawab tujuan atau tidak.

Berikut adalah contoh abstrak untuk memberikan Anda gambaran yang lebih jelas.

ABSTRAK

Kangkung Sutera adalah tanaman berusia pendek yang tahan terhadap serangan penyakit karat daun (Puccina sp). Produksi kangkung darat saat ini semakin menurun akibat semakin meningkatnya alih fungsi lahan pertanian yang digunakan untuk lahan pemukiman daerah perkotaan. Oleh sebab itu, kini dikembangkan solusi efisiensi pemanfaatan lahan menggunakan pot batang semu pisang. Kelebihan pot batang semu pisang adalah lebih ramah lingkungan. Kandungan air pada pot batang semu pisang terbilang tinggi mencapai 96,2% sehingga efektif untuk wadah menanam tanaman. Untuk menanam dengan media pot batang semu pisang dibutuhkan komposisi yang tepat antara pupuk kandang sapi, kompos sampah kota, dan kompos azolia yang diharapkan efektif untuk pertumbuhan kangkung. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh komposisi meda tanam yang efektif untuk pertumbuhan tanaman kangkung darat. Penelitian dilakukan dengan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan enam perlakuan berbeda.Pot 1 dengan komposisi tanah + kompos Azolia (1:1); Pot 2 dengan komposisi tanah + kompos sampah kota (1:1); Pot 3 dengan komposisi tanah + pupuk kandang sapi (1:1). Dari Pot 1 sampai 3 menggunakan media tanam polybag. Pot 4 dengan komposisi tanah + kompos Azolia (1:1); Pot 5 dengan komposisi tanah + kompos sampah kota (1:1); Pot 6 dengan komposisi tanah + pupuk kandang sapi (1:1). Pot 4 sampai 6 menggunakan media tanam pot batang semu pisang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan pupuk kandang sapi di polybag menghasilkan tanaman segar dengan bobot lebih besar.

Contoh Daftar Isi Karya Ilmiah

Contoh-Daftar-Isi-Karya-Ilmiah

Daftar isi karya ilmiah umumnya akan sangat tergantung oleh isi dari karya ilmiah itu sendiri.

Selain itu format daftar isi biasanya juga sudah ditentukan untuk jenis karya tulis ilmiah formal seperti skripsi maupun thesis. Meski begitu berikut ini adalah daftar isi yang umumnya aka nada pada karya tulis ilmiah.

DAFTAR ISI

Halaman Judul………………………….i

Halaman Pengesahan…………………ii

Kata Pengantar…………………………iii

Abstrak………………………………….…iv

Daftar Isi………………………………….v

BAB I Pendahuluan………………..…1

  • Latar Belakang…………………1
  • Rumusan Masalah……………2
  • Tujuan Penelitian…………….3
  • Manfaat Penelitian…………..4

BAB II Tinjauan Pustaka…………..5

BAB III Dasar Teori…………………10

  • Pengertian Air Tanah……….11
  • Aliran Air Tanah………………13
  • Sifat Air Tanah…………………14
  • Faktor Air Tanah……………..15

BAB IV Metode Penelitian…………17

BAB V Hasil dan Pembahasan……20

  • Hasil Penelitian……………….21
  • Pembahasan……………………24

BAB VI Kesimpulan dan Saran….28

  • Kesimpulan…………………….28
  • Saran……………………………..29

Daftar Pustaka…………………………30

 

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Contoh-Latar-Belakang-Karya-Ilmiah

Berikut adalah latar belakang karya ilmiah yang berhubungan dengan abstrak di atas.

LATAR BELAKANG

Lahan untuk pertanian khususnya di daerah perkotaan semakin berkurang akibat semakin meningkatnya jumlah penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Hal ini merupakan efek dari semakin bertambahnya populasi penduduk Indonesia maupun dikarenakan arus urbanisasi yang semakin meningkat. Hal ini berakibat terhadap luas lahan pertanian produktif yang semakin berkurang. Salah satu produk pertanian yang terkena imbas dari berkurangnya luas lahan pertanian produktif adalah tanaman kangkung darat. Menurut catatan produksi tanaman kangkung yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik Nasional di tahun 2011 sampai 2012 menurun dari 355.466 ton menjadi 320.144 ton.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi lahan dan produksi tanaman kangkung. Salah satu cara yang umumnya dilakukan adalah menggunakan pot batang semu pisang sebagai pengganti penggunaan polybag. Batang semu pisang sendiri adalah limbah pertanian potensial yang sampai saat ini belum banyak dimanfaatkan (Rahman,2006).

Pot batang semu pisang memiliki beragam keunggulan yang membuatnya efektif digunakan sebagai pengganti polybag. Pot batang semu pisang mengandung jumlah air yang tinggi mencapai 96,2% sehingga baik untuk wadah pertumbuhan kangkung. Selain itu, persediaan batang semu pisang cukup melimpah dan tersedia dalam bentuk limbah pertanian. Salah satu tanaman yang cocok ditanam di batang semu pisang adalah tanaman kangkung sutera.

Pemilihan tanaman kangkung sutera disebabkan varietas ini lebih tahan terhadap serangan virus kuning. Selain itu tanaman ini juga tahan terhadap penyakit karat daun. Sifat tanaman kangkung sutera yang dapat hidup di lahan kering juga membuatnya banyak dipilih untuk dibudidayakan di batang semu pisang.

Untuk memaksimalkan penggunaan pot batang smeu pisang akan sangat bergantung terhadap media tanam. Untuk itu penelitian mengenai media tanam yang tepat digunakan pada pot batang semu pisang perlu dilakukan.

Contoh Karya Ilmiah Sederhana

Contoh-Karya-Ilmiah-Sederhana

Karya ilmiah sederhana meliputi karya ilmiah dimana penelitian beserta penulisan yang dilakukan jauh lebih sederhana ketimbang karya ilmiah formal.

Karya ilmiah sederhana umumnya merupakan karya tulis yang dilakukan untuk tugas sekolah yang mana formatnya jauh lebih simpel ketimbang skripsi dan sebagainya.

Contoh karya ilmiah sederhana ini misalnya berjudul “Penyalahgunaan Internet oleh Remaja di Indonesia”.

Daftar Isi yang terdapat pada karya ilmiah sederhana umumnya hanya terdiri dari:

  • Halaman Judul
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Bab 1 Pendahuluan (Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan)
  • Bab 2 Pembahasan, berisi
  1. Definisi Penyalahgunaan Internet
  2. Penyalahgunaan Internet yang Umumnya Dilakukan Remaja Indonesia
  3. Faktor Penyebab Remaja Menyalahgunakan Internet
  4. Dampak dari Penyalahgunaan Internet
  • Bab 3 Kesimpulan dan Saran
  • Daftar Pustaka

Bisa dikatakan karya ilmiah sederhana memiliki isi yang jauh lebih simpel ketimbang karya ilmiah formal seperti skripsi. Selain itu penelitian yang dilakukan juga umumnya melibatkan sampel yang lebih sedikit.

Perlu Anda ketahui bahwa ada terdapat perbedaan antara Tinjauan Pustaka dan Dasar Teori. Oleh sebab itu kedua pembahasan ini diletakkan dalam bab terpisah.

Bab Tinjauan Pustaka berisi penjelasan singkat mengenai penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian yang Anda lakukan.

Di dalam tinjauan pustaka Anda merangkum singkat 1 sampai 2 paragraf terkait penelitian lainnya baik diambil dari paper, jurnal maupun skripsi sebelumnya yang terkait atau mendukung penelitian Anda.

Sementara Bab Dasar Teori berisi tentang teori-teori yang umumnya diambil dari buku maupun pedoman terkait suatu penelitian. Bab Dasar Teori berisi teori-teori dasar yang berhubungan dengan penelitian Anda dan bukan hasil dari penelitian sebelumnya.

Ada berbagai perlombaan yang ditujukan untuk siswa SMP hingga SMA. Salah satu perlombaan yang digelar untuk siswa SMP maupun SMA adalah lomba karya tulis ilmiah remaja. Beberapa contoh karya ilmiah remaja juga bisa mengikuti format di atas.

Untuk membuat contoh karya ilmiah populer, baik tema kesehatan maupun pendidikan dapat mengikuti format di atas. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan penulisan karya ilmiah, referensi di atas bisa Anda manfaatkan sebagai pedoman awal dalam membuat karya ilmiah.

Semoga contoh tersebut dapat memudahkan Anda dalam membuat karya ilmiah baik sebagai tugas sekolah maupun perlombaan.

dhinda penulis Seorang yang mempunyai hobi membaca dan suka berbagi melalui tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *