danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Karakteristik Wirausaha

3 min read

Karakteristik-Wirausaha

Apakah Anda ingin memulai usaha sendiri?

Apakah Anda ingin tahu apa kunci dan karakteristik wirausaha?

Menjadi wirausahawan adalah sikap dan cara hidup. Banyak faktor yang mempengaruhi bisnis untuk berhasil atau gagal, namun profil wirausahanya adalah kunci dasar.

Jika ingin menjadi wirausahawan, Anda perlu mengetahui dengan sempurna karakteristik kepemimpinan usaha Anda.

Anda tidak perlu memiliki semua karakteristiknya, tapi semakin banyak yang Anda miliki, semakin besar peluang untuk sukses.

Berikut 17 Karakteristik Wirausaha Supaya berhasil

1. Visi Usaha

Visi tersebut terdiri atas kemampuan Anda memvisualisasikan seperti apa proyek atau bisnis Anda dalam 1, 3, 5, 10 dan 20 tahun ke depan. Bagaimana Anda membayangkan bisnis Anda mengubah kehidupan orang lain? Bagaimana Anda ingin usaha Anda diakui dalam jangka panjang?

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda harus memiliki visi sebesar imajinasi Anda. Pertama, biarkan pikiran Anda terbang ke mana Anda ingin pergi, dan sedikit demi sedikit Anda akan menemukan rencana strategis untuk mencapai masing-masing tujuan.

2. Serba Bisa

Jika Anda baru memulai usaha dan belum memiliki anggaran untuk merekrut orang, untuk sementara Anda akan memikul tanggung jawab yang berbeda dari layanan pelanggan, akuntan, sekretaris, dll.

Menjadi serba guna dan memiliki kemampuan untuk memenuhi tugas yang berbeda adalah salah satu karakteristik terpenting dari wirausahawan sukses.

3. Adaptasi

Pengusaha sukses memiliki kapasitas besar untuk beradaptasi dengan perubahan. Selalu perhatikan perubahan yang terjadi di pasar. Misalnya, untuk kebutuhan baru, selera dan preferensi konsumen, tren baru, mode baru, teknologi baru, dll.

Jika Anda bisa mendeteksi perubahan ini, Anda bisa dengan cepat beradaptasi dan merancang strategi baru untuk mengatasi pesaing baru.

4.Kreativitas dan Inovasi

Masih berhubungan erat dengan kemampuan adaptasi, wirausahawan harus memiliki ide-ide bagus yang memungkinkannya menciptakan produk atau jasa yang banyak diminati.

Tidak hanya menciptakan sesuatu, tapi juga memberikan kegunaan baru atau berbeda untuk produk yang sudah ada. Karena itu, penting untuk terus berinovasi mencari produk baru yang memungkinkan Anda bertahan atau tumbuh.

5. Optimisme

Pengusaha harus optimis dan percaya diri. Dua hal ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan dan menangani banyak masalah yang akan muncul dalam bisnis Anda. Carlos Bremer, seorang investor Meksiko, menyebutkan dalam sebuah wawancara bahwa semua pengusaha harus siap untuk skenario terburuk.

6. Kerja Tim

Tahukah Anda, bahwa satu orang saja tidak akan mencapai kesuksesan lho. Jadi, sangat penting untuk mendapatkan dukungan dari karyawan dan kolega, sehingga penting bagi Anda untuk meningkatkan kerja tim dan memilih orang-orang terbaik untuk proyek Anda. Selain itu, Anda juga harus menjaga hubungan baik dengan mereka.

7. Komunikasi

Salah satu kunci keberhasilan dari kerja tim adalah komunikasi. Setiap manajer atau pemimpin perlu mengetahui bagaimana mengkomunikasikan strategi perusahaan yang diwakilinya. Ini berarti bahwa seorang pemimpin harus ringkas dan sangat jelas.  Anda harus memastikan bahwa apa yang Anda sampaikan benar-benar dipahami dan merupakan komunikasi dua arah.

8. Positive Thinking

Pemikiran Anda harus selalu positif dan fokus pada pencapaian prestasi, tapi Anda juga harus sadar bahwa kegagalan akan selalu hadir dalam kehidupan wirausaha.

Untuk mengatasinya, Anda harus percaya bahwa tidak peduli betapa sulitnya usaha Anda, atau bahkan jika itu membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan, keberhasilan cepat atau lambat akan menjadi milik Anda.

9. Motivasi dan Contoh yang Baik

Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda perlu menginspirasi dan memotivasi karyawan Anda. Karyawan yang termotivasi bisa menjadi lebih produktif. Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus menjadi panutan dan berperilaku secara bertanggung jawab agar menjadi contoh untuk karyawan.

10. Ketekunan

Ketekunan adalah salah satu karakteristik utama dari pengusaha sukses. Ada jutaan orang yang ingin dan bisa memulai suatu usaha, tapi sangat sedikit yang benar-benar bertahan sampai mendapatkan apa yang diinginkan.

Pengusaha sukses membutuhkan ketekunan untuk menghadapi kesulitan dan peristiwa tak terduga yang mungkin Anda alami di sepanjang jalan.

Ketika kesulitan tak terduga muncul, jangan bersedih atau meratapi, tapi anggaplah sebagai tantangan dan sumber motivasi. Dan ketika Anda membuat kesalahan, jadikan ini sebagai pembelajaran, bangkit lagi, dan bergerak maju!

11. Kesabaran

Anda harus tahu bahwa jalan wirausahawan bukanlah jalan pendek di mana kesuksesan muncul dalam semalam. Dunia wirausaha adalah jalan panjang yang terjal, di mana kesuksesan hanya muncul setelah banyak kerja dan dedikasi. Dan, oleh karena itu, Anda perlu menempuh jalan ini selangkah demi selangkah, tanpa memaksakan sesuatu dan jangan mudah menyerah.

12. Kapasitas Perencanaan

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, Anda juga harus memiliki kapasitas perencanaan yang baik. Perencanaan dengan koordinasi tugas dan kegiatan yang baik akan mengurangi ketidakpastian dan meminimalkan resiko. Sebelum Anda melaksanakan setiap bisnis atau proyek, Anda harus mengumpulkan informasi, menganalisis, memilih sumber daya, strategi, dan perencanaan tindakan yang harus diikuti.

13. Keputusan

Dalam dunia usaha, setiap keputusan yang diambil sangat penting. Keputusan sekecil apa pun bisa berarti sukses atau gagal. Bahkan meskipun Anda harus mengambil keputusan dengan cepat, tetap lakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan, dengan cara melihat dari segala sudut, bukan hanya dari satu sisi.

14. Fokus pada Pelanggan

Pelanggan adalah orang-orang yang memutuskan apakah usaha Anda akan berhasil atau gagal. Untuk alasan ini, Anda juga perlu fokus dan mengenal klien dengan sempurna, memuaskan kebutuhannya, dan memberinya tindak lanjut purna jual yang baik.

15. Kelola Uang

Ada banyak pengusaha yang mulai sukses, tapi banyak juga lho yang pada akhirnya menghabiskan lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan, dan berakhir dengan gulung tikar. Jadi, karakteristik lain dari wirausahawan yang sukses adalah mengetahui cara mengelola uang dengan baik dan benar.

Rumusnya adalah: penjualan – (biaya tetap + gaji + pajak) = penghasilan. Sebagian besar penghasilan Anda juga bisa diinvestasikan kembali dalam bentuk usaha agar usaha Anda terus berkembang.

16. Proaktif

Sebagai pengusaha, Anda harus proaktif dalam setiap aspek bisnis dan pekerjaan. Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan memegang kendali atas usaha Anda sendiri. Tidak ada gunanya memiliki begitu banyak ide dan rencana jika pada akhirnya upaya tersebut tidak dilakukan. Anda harus tahu bahwa Anda akan belajar lebih banyak dengan melakukan, bukan dengan teori saja.

17. Pelatihan Konstan

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, Anda memang harus terus praktek dan dilatih. Belajar tidak pernah ada habisnya, selalu ada sesuatu baru untuk dipelajari. Semakin Anda terlatih, maka Anda akan semakin kompeten. Anda juga akan mendapat banyak informasi baru, ilmu baru, teknologi baru, bahkan teknik baru atau alat bisnis baru, yang nantinya bisa mendeteksi peluang dan menghadapi ancaman.

Banyak orang percaya bahwa wirausahawan besar memang dilahirkan dengan bakat itu, padahal yang benar adalah bahwa semua pengusaha mengembangkan karakteristik wirausaha, sikap, dan keterampilan tertentu yang diperlukan untuk berhasil.

danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *