danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Kain Untuk Gaun Pesta

3 min read

Kain-Untuk-Gaun-Pesta

Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan kain untuk gaun pesta kini seakan menjadi kebutuhan dasar untuk sebagian besar orang. Pasalnya, gaun pesta kini banyak dibutuhkan bukan hanya untuk menghadiri pesta perayaan besar, melainkan pesta-pesta sederhana sekarang juga banyak digelar.

Hal inilah yang menjadikan koleksi gaun pesta bagi wanita tak boleh luput dari perhatian.

Dalam memilih koleksi gaun pesta, hal utama yang perlu Anda ketahui dan termasuk ke dalam hal mendasar yang tidak bisa dilupakan adalah pemilihan dan penggunaan bahan yang akan digunakan membuat gaun pesta Anda.

Informasi berikut ini Cryptowi akan membantu Anda dalam menentukan kain dengan karakter seperti apa yang bisa Anda gunakan untuk membuat koleksi gaun pesta Anda:

Jenis Kain untuk Gaun Pesta

1. Kain Brokat

Kain yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Memang benar bahwa brokat merupakan salah satu kain yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah gaun pesta.

Bahan pembuat kain ini yang banyak memunculkan motif tertentu seperti bunga, atau simetris membuat kain brokat memberikan kesan mewah dan elegan pada gaun Anda.

Penggunaan kain brokat ini bisa Anda gunakan sendiri, atau Anda kombinasikan dengan kain lain. Beberapa kain yang biasanya digunakan untuk kombinasi dengan bahan brokat adalah satin, silk, sutra, velvet atau bahkan katun.

Beberapa referensi penggunaan brokat biasanya ada pada pemakaian kebaya. Namun jangan salah, kini kebaya banyak yang di modifikasi sehingga terlihat lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman. Dan pastinya kebaya modern yang menggunakan brokat akan terlihat mirip dengan gaun pesta berkelas.

Menariknya, kain brokat memiliki range kelas yang cukup luas. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam penyesuaian budget. Anda bisa menemukan kain brokat dari mulai yang harganya murah hingga yang harganya cukup mahal atau bahkan berharga fantastis.

2. Kain Organza

Siapa yang tak tahu dengan jenis kain yang satu ini. Kain organza belakangan ini sangat mudah Anda jumpai di pasaran karena tengah naik daun. Kain organza ini bukan hanya terkenal dapat mempercantik gaun pesta Anda tetapi juga lazim ditemukan pada penggunaan hijab.

Kini, banyak orang yang mengembangkan desain kain organza untuk digunakan juga dalam hijab. Menarik, bukan?

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah karakter dari kain organza yang transparan, sehingga penggunaan kain untuk gaun pesta ini biasanya hanya digunakan sebagai luaran.

Artinya, ketika Anda hendak menggunakan kain organza sebagai bahan yang menutupi bagian tubuh Anda, pastikan Anda menambahkan bahan lain di bagian dalamnya.

Begitupun dengan penggunaan pada hijab. Karena hijab pada dasarnya digunakan untuk menutupi rambut Anda, maka sangat dianjurkan menggunakan ciput atau sejenisnya ketika kain ini Anda gunakan sebagai bahan hijab pesta Anda.

Selain itu, yang perlu Anda peritungkan juga adalah sifat kain organza yang mengembang. Ada baiknya kain ini hanya Anda gunakan untuk memberikan aksen mewah dan digunakan sebagai bahan tambahan saja.

” Baca Juga: Bahan Kain Untuk Kondangan ” 

3. Kain Satin

kain satin dan gaun pesta malam seperti sebuah hubungan komplementer yang tak bisa dipisahkan. Jika mendengar gaun malam pasti yang Anda pikirkan adalah ciri khasnya yang gemerlap dan mengkilap ketika terkena cahaya. Begitupun kain satin. Hal inilah yang menjadikan kain satin cukup sering digunakan sebagai bahan gaun pesta.

Namun, kain satin ini sendiri banyak jenisnya, ada yang disebut dengan Duchesse satin, ada pula kain satin yang terbuat dari dua bahan yakni campuran bahan sutra dan rayon lembut. Anda juga bisa menemukan bahan satin velvet yang cenderung lebih tebal dari satin biasanya.

4. Bahan Embroider

Berbeda dengan ketiga bahan yang telah disebutkan sebelumnya, jenis kain ini terbilang baru dan baru beredar di pasaran beberapa tahun belakangan. Meksipun terbilang cukup baru di dunia kain, namun nama kain ini langsung melambung karena memang kualitasnya yang tak perlu diragukan lagi.

Karakter yang paling kental pada kain untuk gaun pesta ini adalah adanya sulaman pada bahan kainnya. Aksen ini memberikan kesan lebih artistik dan anggun. Maka tak heran banyak yang memakai kain ini untuk membuat gaun pestanya.

Kain ini dapat terlihat bagus baik digunakan sendiri atau di kombinasikan. Namun, Anda tetap perlu menimbang penggunaan kain pelapis di bagian dalam jika ingin menggunakan bahan kain embroider ini.

Referensi penggunaan kain ini juga sudah makin banyak. Tak hanya dari kalangan artis, sleebgram dan influencer banyak yang telah menggunakan kain ini untuk membuat gaun pesta mereka terkesan lebih mewah dan menawan.

5. Lace

Sekilas, bahan kain ini akan terlihat mirip dengan brokat. Anda mungkin akan susah membedakan brokat dengan lace karena bahannya yang sama-sama cantik apalagi jika digunakan pada rancangan gaun pesta Anda.

Pada dasarnya, kain lace ini terdiri dari renda-renda yang tersusun rapi. Biasanya Anda akan lebih mudah menemui bentuk bunga pada rendanya. Tentunya karena bahannya merupakan renda yang tersusun rapi, jarang sekali bahan ini digunakan sendiri dalam penggunaannya untuk gaun pesta.

Lace banyak di kombinasikan dengan berbagai kain lainnya seperti linen, sutra, hingga kain katun yang sifatnya mudah menyerap keringat.

6. Tulle

Dari bahan kain lainnya, dapat dikatakan bahwa kain tulle ini adalah jenis kain yang masih jarang digunakan dalam pembuatan gaun pesta. Meskipun untuk beberapa designer, tulle merupakan kain yang sangat cocok untuk gaun pesta, namun di masyarakat bahan kain ini masih awam.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba kain ini digunakan untuk membuat gaun pesta Anda, ada baiknya Anda mencobanya, dijamin Anda tidak akan menyesal. Hal ini karena bahan kain ini memberikan kesan mewah dan elegan.

Meskipun sifat bahan ini yang mengembang dan tidak jatuh, namun justru hal itulah yang menjadi pembeda kain tulle dengan bahan kain untuk gaun pesta lainnya.

Karakter lainnya dari kain ini mirip dengan kain organza karena transparan dan biasanya hanya digunakan untuk bagian luar gaun sehingga gaun pesta Anda akan terlihat lebih mengembang.

7. Kain lycra

Karakter bahan ini yaitu lembut, elastis dan licin. Biasanya penggunaan kain ini ada pada gaun pesta yang dirancang fit to body, sehingga akan dengan mudah menunjukkan lekuk tubuh.

Dalam bahasa yang lebih familiar, kain lycra ini biasa juga disebut dengan spandex. Seperti yang kita tahu, penggunaan bahan spandex ini bukan hanya pada gaun pesta melainkan juga bisa digunakan pada pakaian kasual.

Bagaimana cara memilih kain yang tepat untuk gaun pesta Anda? Tentunya Anda harus memperhatikan kegunaan gaun pesta Anda, apakah akan digunakan untuk acara yang berlokasi di dalam gedung atau garden party. Dan tentunya sesuaikan rancangan gaun pesta Anda dengan konsep acara yang akan Anda hadiri. Sudah bisa memutuskan kain mana yang akan gunakan? ..Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan berkomentar dibawah.

danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Sejarah Sepak Bola

danar
2 min read

Sejarah Olahraga

danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *