danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Jenis Kain Untuk Gamis

5 min read

Jenis-Kain-Untuk-Gamis

Sebelum Anda membuat ataupun membeli gamis hal yang paling mendasar yang perlu diketahui ialah jenis kain yang akan dipakai. Karena ada begitu banyak jenis kain untuk gamis dengan kualitas yang berbeda pula.

Apabila Anda ingin memproduksi gamis tersebut, tentu bahan yang digunakan untuk membuat gamis harus Anda ketahui secara detail, supaya hasilnya memuaskan pasar dan berkualitas pastinya.

Begitupun bila Anda ingin membeli gamis, jenis kain dari gamis itu tentunya harus Anda ketahui. Pastinya Anda tidak mau membeli gamis dengan kualitas buruk. Karena itu, setidaknya Anda tahu jenis kainnya bagus dan nyaman dipakai.

Apalagi kalau Anda membelinya di online shope, Anda harus ekstra hati-hati. Oleh sebab itu, kali ini Cryptowi akan membahas jenis kain apa saja yang bagus digunakan dalam berbagai kebutuhan, baik untuk pria, gamis syar’i, gamis untuk pesta dan lainnya.

Jenis Bahan yang Bagus untuk Gamis

Mengapa Anda mesti mengetahui jenis-jenis dari bahan gamis sebelum membelinya? Apabila Anda beli bahan untuk membuat gamis ataupun membeli gamis di online shop, pengetahuan sekitar bahan baju tersebut patut diketahui. Terkadang deskripsi, foto dan harga tak sesuai dengan ekspektasi Anda.

Namun jika Anda sudah tahu jenis, kualitas dari bahan yang dibutuhkan baik Anda membeli online maupun untuk membuat gamis sendiri akan jauh lebih mudah dan tentunya merasa lebih puas.

1. Bahan Katun

Jenis kain untuk gamis pesta ini sangat nyaman dikenakan. Kain katun merupakan pilihan terbaik membuat gamis pesta. Sebab bahan ini dibuat dari serat alami kapas sehingga ketebalannya bisa disesuaikan.

Selain itu, gamis berbahan katun nyaman dipakai, jadi Anda tak perlu khawatir ketika menggunakan gamis dari bahan katun ini di pesta untuk waktu yang lama.

Kain katun tak hanya menjadi bahan untuk membuat gamis wanita, kain katun salah satu jenis kain gamis pria yang menduduki peringkat terbaik pada pembuatannya termasuk membuat gamis pria.

Karakteristik dari kain katun umunya memiliki tekstur yang lebih lembut serta halus, kain ini sifatnya kuat sehingga tahan lama dipakai. Saat dipakai terasa nyaman di badan, dan kain katun juga cocok dikenakan di segala cuaca, karena bahannya adem.

2. Kain Katun Jepang

Kain katun jepang sudah 5 tahun belakangan ini jadi best seller di pasaran. Umumnya dipakai untuk membuat gamis, mukenah, sprei, dan lain-lain.

Kain ini berkualitas 90-100% premium. Serat pada kain sangat lembut, permukaannya pun halus dan tak berbulu, warna katun Jepang cenderung awet serta tidak mudah luntur dan motifnya sangat beragam. Katun Jepang merupakan jenis kain mewah untuk gamis dan harganya cukup murah dengan kualitas terbaik.

3. Katun Paris

Kain Katun Paris adalah salah satu jenis katun dari sekian banyak jenis Katun. Ada sekitar delapan jenis Katun yang di perdagangkan di Indonesia.

Meski Katun Paris kerap dibandingkan dengan Katun Biasa karena ada kesamaan, akan tetapi Katun Paris lebih tipis. Katun ini biasa diproduksi menjadi sebuah gamis syar’i, blouse dan jilbab atau kerudung.

Katun biasa dan Katun Paris adalah jenis kain untuk gamis yang sering disamakan, sebab ke dua bahan tersebut terlihat serupa. Tapi kualitas ke duanya jelas berada meski Katun Paris lebih naik dari Katun Biasa.

Kain katun Paris sendiri mempunyai karakteristik kain yang ringan dan tipis daripada katun biasa. Tapi Katun Paris Polos tidak mempunyai kode warna di kain.

” Masih Kurang Paham Tentang Kain? Berikut ini ada Situs Terlengkap membahas tentang Kain ⏩  Kainpusat.com

4. Bahan Sutra

Bahan yang satu ini sering digunakan untuk membuat gamis terutama untuk pesta. Katun dapat menghasilkan kesan halus, lembut, dan berkilau pada pemakainya. Memilih kain ini untuk membuat gamis adalah hal yang tepat.

Apalagi kalau Anda memakainya ke pesta. Tentu akan membuat Anda tampak classy dan elegant.

Kain sutra cina merupakan jenis kain untuk gamis yang terbuat dari tenunan serat sutra. Karakteristik umum pada kain Sutra Cina memiliki bahan yang ringan meski kain ini cukup tebal.

Kain Sutra Cina pun tak bertekstur sehingga kain ini sangat lembut saat Anda sentuh. Kebanyakan Sutra Cina diproduksi dengan lebar kain 1.2 m walaupun ada yang lebarnya 1.5 m.

5. Bahan Linen

Karakteristik Kain linen termasuk istimewa dan cukup unik, setelah diklasifikasi dalam jenis bahan gamis.

Ciri khas lainnya yakni bahan Linen akan terasa sejuk saat digunakan saat di daerah yang suhunya panas, sedangkan di cuaca dingin akan bersifat menghangatkan.

Bahan ini cocok digunakan untuk membuat gamis dengan model tertentu. Sebab, Linen ini agak kaku sehingga bisa mempertahankan bentuk pakaian Anda. Apalagi kain ini tahan pula pada jamur pakaian. Jadi, jika ini dijadikan gamis, penampilan Anda pasti akan lebih menarik di pesta nanti.

6. Kain Rayon

Kain Rayon merupakan bahan yang berasal dari serat buatan yang diolah dari bahan sintetis. Serat sintetis ini ialah hasil penelitian yang dilakukan untuk memperoleh serat sutra dengan harga lebih murah.

Namun bahan ini terdapat kekurangannya, seperti bahan serat buatan ini mudah kusut dan Anda harus berhati-hati saat mencuci bahan tersebut dengan mesin cuci. Karena kekuatannya jadi lemah dalam kondisi basah.

Karakteristik jenis kain untuk gamis ini biasanya bahan ini mudah jatuh dan licin, bahan serat Rayon juga lembut, halus dan dingin, kain Rayon dapat menyerap keringat dengan baik.

7. Kain Polyester

Pilihan bahan yang terakhir ini dapat digunakan untuk pembuatan gamis ataupun busana muslim pria lainnya. Polyester merupaka bahan yang dibuat menggunakan proses kimia hingga bahan ini disebut kain sintetis.

Serat polyester ini terbuat dari sari bahan minyak bumi. Karena kain ini mudah panas kebanyakan orang memakainya di ruangan ber AC atau saat musim dingin. Bahan Polyester mudah sekali terbakar dan bisa mengakibatkan alergi kulit untuk kulit sensitive.

Karakteristik pada bahan ini yaitu, bahan ini panas namun tidak mudah kusut, cepat kering dan tahan lama, bahan Polyester tidak bisa menyerap air. Bahan ini harganya murah, jadi banyak bunsana muslim, koko maupun gamis memakai bahan ini untuk menekan budget.

8. Bahan Wolfis

Wolfis atau Woll Peach merupakan kain favorite dan selalu ramai di pasaran. Warna Wolfis lembut dan cerah dengan motif-motif yang cantik membuat bahan ini jadi primadona yang paling disukai.

Meski kain agak tebal namun tetap ringan. Kain ini agak tebal sehingga tak nampak menerawang. Kain ini juga adem dan tak mudah kusut saat dipakai. Bahan ini juga tidak licin tapi cukup lembut jadi sangat mudah untuk disetrika. Untuk gamis tampak mewah, harga per meter kain ini terbilang murah.

Wolfis biasa dipakai untuk memproduksi gamis dan busana muslim lainnya. Karakteristik istimewa pada bahan ini yaitu, susunan serat pada kainnya lebih halus dan rapat.

Jenis kain untuk gamis ini tidak panas, sehingga Anda akan merasa sangat nyaman saat memakainya untuk bahan pakaian ataupun kerudung. Dipasaran warna-warna kain ini tersedia lumayan banyak. Kain Wolfis mudah untuk disetrika meski bahan ini tak terlalu tahan bila tersentuh suhu tinggi.

9. Kain Cotton Combed

Jenis kain untuk gamis ini cocok sekali dibuat baju maupun gamis untuk anak muda. Selain mudah untuk disablon, bahannya pun kuat sehingga tidak mudah robek. tekstur Cotton Combed tidak kasar namun lembut.

Tak hanya itu, kain jenis ini juga menyerap keringat, kain tidak panas jadi adem bila dipakai. Kain ini memiliki ukuran tersendiri, makin kecil angka pada ukurannya maka makin tebal pula kainnya. Harganya lumayan bersahabat yakni, Rp 50.000,- per meter.

10. Bahan Balotelli

Jenis kain untuk gamis ini serat kainnya sangat rapat jadi tidak akan menerawang ketika Anda kenakan, tekstur bahan ini sangat khas karena kain ini berbentuk garis-garis memanjang dan kotak kecil segi empat.

Walaupun kain Balotelli tebal tapi ringan bila dipakai. Balotelli sangat cocok dibuat gamis atau abaya. Pilihan warnanya pun beragam.

Kain Balotelli sebetulnya masih berhubungan dekat dengan kain Katun. Di industri konveksi ataupun garment kain Balotelli dapat dimanfaatkan dalam pembuatan gamis kerja atau casual, jilbab, blouse formal, celana panjang, kemeja, dan lain-lain. Balotelli mempunyai ciri khas yakni, kain ini sifatnya jatuh.

Menyerap keringat dengan cukup baik hingga membuat pemakainya merasa nyaman. Kain ini agak tebal tapi sangat lembut, tidak kaku dan bertekstur. Karena itu B baik sekali digunakan untuk bahan gamis.

11. Kain Maxmara

Kain ini paling banyak diminati oleh sebagian besar wanita dari berbagai generasi. Apalagi terdapat banyak sekali motif yang unik pada bahan ini. Kain Maxmara sering disebut sutra satin karena teksturnya yang halus dan lembut.

Kain ini mudah dibentuk tidak mudah kusut, dan tidak menerawang. Tampilan Anda jadi glowing sehingga jenis kain untuk gamis pesta ini sangat cocok dipakai, baik itu untuk acara pesta maupun acara formal lainnya.

12. Kain Ceruti

Kain Ceruti cenderung tipis, akan tetapi ia sangat elastis dan lembut. Teksturnya hampir mirip dengan kain Crape di mana pada permukaan kainnya terlihat serupa kulit jeruk.

Meski bahan mudah jatuh tetapi Ceruti tidak mudah terbang atau melayang bila tertiup angin. Kain ini mudah dibentuk dan apabila diterawang akan terlihat serat-serat di bahannya.

13. Satin Velvet

Jenis bahan gamis syar’i yang adem ini terkenal dengan kilapnya yang lembut.  Bahan ini cocok untuk Anda yang ingin terlihat modis tapi tetap syar’i. Bahannya mengkilap, jatuh dan tidak terawang.

Kain ini bila dibuat gamis syar’i, kesannya jadi mewah dan elegan. Hal ini tak akan Anda dapatkan di kain Wolfis maupun Jersey.

14. Bahan Kaos

Bahan kaos dikenal juga dengan bahan lycra atau spandek. Biasanya gamis dari bahan ini terbuat dari katun sutera, polyester atau sintesis.

Bahan ini sangat elastis, lentur, ringan, jika dicuci cepat kering dan menyerap keringat dengan cepat. Cocok untuk dipakai gamis sehari-hari.

Sekarang ini banyak bahan gamis yang bermunculan. Pengetahuan akan jenis kain untuk gamis memang perlu untuk Anda ketahui.

Selain mencegah penipuan, dan rasa kecewa salah membeli bahan. Terdapat kepuasan tersendiri bila Anda bisa membeli gamis dengan kain yang nyaman, berkualitas, dan harganya pun terjangkau.

danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Sejarah Sepak Bola

danar
2 min read

Sejarah Olahraga

danar
2 min read

One Reply to “Jenis Kain Untuk Gamis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *