Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Ide Pokok

2 min read

Gagasan utama ini disebut dengan ide pokok, yang menjadi sebuah topik utama yang harus selalu ada di dalam sebuah paragraf. Adanya ide dan kalimat penjelas di dalam sebuah paragraf, membuat paragraf tersebut menjadi paragraf yang baik dan tepat.

Fungsi dari ide atau gagasan utama ini adalah topik pembahasan dalam suatu paragraf, sedangkan fungsi dari kalimat penjelas di dalam sebuah paragraf adalah untuk menjelaskan topik yang dibahas itu sehingga lebih rinci dan detail.

Pengertian Ide Pokok

Pengertian-Ide-Pokok

Pada umumnya paragraf dalam suatu cerita akan terbentuk oleh 2 unsur yang ada, ide pokok dan kalimat penjelas itulah yang nantinya akan menjadi unsur yang akan membentuk sebuah paragraf.

Definisi atau pengertian dari ide yang pokok dalam paragraf ini adalah topik utama atau pokok pengembangan.

Ide ini juga akan berada di dalam kalimat utama, dan di dalam sebuah paragraf hanya ada satu gagasan utama atau gagasan pokok saja.

Sedangkan yang dimaksud dengan kalimat utama adalah kalimat yang ditempatkan di gagasan pokok tersebut, kemudian kalimat ini akan diikuti dengan kalimat penjelas, agar terbentuk suatu paragraf yang utuh yang terdiri dari ide dan gagasan pokok serta kalimat penjelas.

Ada beberapa jenis paragraf yang memang diletakkan di dalam gagasan pokok, yang mencakup tiga hal diantaranya yaitu paragraf induktif, deduktif serta campuran.

Gagasan utama yang berada di awal kalimat, merupakan jenis paragraf deduktif. Sedangkan gagasan utama yang disimpan di akhir kalimat merupakan jenis paragraf induktif.

Dalam sebuah paragraf tentu akan selalu diperlukan ide atau gagasan pokok yang tepat, dan harus sesuai dengan isi cerita. Jika sebuah paragraf hanya mengandung umpan klik saja maka gagasan utama di dalamnya akan menjadi tidak jelas.

Ide utama ini harus dijelaskan di dalam sebuah paragraf, agar pembaca memahami inti dari cerita itu sendiri.

Dalam setiap paragraf hanya terdiri dari satu ide pokok saja tetapi sudah mencakup keseluruhan cerita atau inti cerita, yang dibantu oleh kalimat penjelas.

Kalimat utama sama dengan kalimat pertama, tetapi kalimat pertama ini bisa ditaruh di mana saja. Bisa di awal kalimat, akhir kalimat atau berada di keduanya.


Simak Juga: √ Pendidikan Karakter


Fungsi dan Ciri Ide Pokok

Fungsi-dan-Ciri-Ide-Pokok

Ide pokok ini berfungsi sebagai penjelasan dari inti cerita atau suatu paragraf di dalam sebuah cerita, yang tujuannya adalah untuk membuat setiap pembaca paham ke mana arah cerita tersebut dan membuat mereka memahami isi cerita yang ada.

Selain itu pembaca juga akan dengan mudah mengetahui ide utama di dalam sebuah paragraf, apabila kita mengidentifikasi apa saja ide utama yang ada di dalam paragraf itu.

Selain fungsi, ciri dari sebuah ide utama ini diantaranya yaitu :

✓   Menjadi inti dari suatu paragraf atau menjadi pusat pembahasan di dalam sebuah paragraf.

✓   Mempunyai kalimat pengembang atau kalimat yang menjadi pendukung atau penjelasan dari sebuah inti cerita.

✓   Ide utama ini bisa berupa apa saja, berupa alasan yang menguatkan atau bisa juga berupa penjelasan.

✓   Ada di kalimat utama.

Cara Menentukan Ide Pokok

Cara-Menentukan-Ide-Pokok

Dalam menentukan sebuah ide atau gagasan pokok di dalam sebuah paragraf sebenarnya hal yang mudah. Salah satunya adalah dibutuhkan ketelitian dalam menentukan atau menemukan ide tersebut dengan cara yang mudah.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menentukan ide atau gagasan pokok tersebut, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memisahkan Kalimat Utama dengan Kalimat Khusus

Biasanya suatu kalimat utama akan akan didahului atau diikuti oleh kalimat khusus yang dulu. Untuk bisa mengenali kalimat khusus dengan baik, maka Anda harus memerhatikan ciri-cirinya.

Ciri tersebut adalah kalimat itu memiliki rincian secara khusus, contoh dan buktinya.

Jika sudah menemukan apa saja kalimat khususnya maka pisahkan antara kalimat khusus dengan yang utama, di situlah Anda akan menemukan apa saja ide dan gagasan utamanya.

2. Membaca dengan Lebih Seksama

Cara yang paling sederhana dalam menentukan ide pokok adalah konsentrasi serta waktu untuk membaca kembali suatu paragraf dengan lebih teliti.

Cara inilah yang akan membuat Anda paham dan menemukan mana bagian yang termasuk ke dalam kalimat penjelas, dan mana bagian yang termasuk ide utama.

3. Menyimpulkan Paragraf

Dalam menentukan gagasan utama dari suatu paragraf atau cerita, Anda juga harus menentukan kesimpulan dari paragraf itu sendiri.

Maka Anda harus membaca paragraf dalam suatu cerita kemudian menyimpulkan isinya, dengan begitu Anda akan menemukan ide pokok di dalamnya.

Contoh Ide Pokok

Contoh-Ide-Pokok

Sejak kejadian Tsunami di Aceh tahun lalu, maka setiap kali ada bencana alam yang terjadi di sana dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari bencana. Ada banyak kelompok atau organisasi yang tidak bertanggung jawab, yang meminta sumbangan dengan dalih untuk bencana alam tersebut. Biasanya mereka akan meminta sumbangan di jalan raya, dekat lampu merah, dan datang ke tempat-tempat tertentu. Bahkan ada pula yang mengatasnamakan sebagai Departemen Sosial.

Ide pokoknya bisa ada di kalimat pertama yaitu orang-orang yang tak bertanggung jawab yang meminta sumbangan, atau di kalimat akhir yaitu mereka meminta sumbangan di beberapa tempat.


Jika melihat pengertian, fungsi, ciri hingga contohnya maka ide pokok ini sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah, selama Anda membaca isi suatu paragraf dengan cermat dan teliti dari awal sampai akhir.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Majas Paradoks

Riski M.pd
3 min read

Contoh Cerpen

Riski M.pd
9 min read

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *