Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Hewan Omnivora

3 min read

Hewan yang berbeda memiliki kebiasaan makan yang berbeda pula. Berdasarkan kebiasaan makannya, hewan dibagi menjadi tiga kelompok: karnivora, herbivora, omnivora.

Karnivora mendapat nutrisi dengan memakan daging. Herbivora menerima energi melalui konsumsi eksklusif tanaman.

Sedangkan hewan omnivora memiliki penjelasan sebagai berikut. Silahkan simak ulasannya hingga tuntas dibawah ini.

Pengertian Hewan Omnivora

Pengertian-Hewan-Omnivora


Hewan omnivora adalah jenis hewan yang memakan berbagai bahan, termasuk tanaman, hewan lain, alga, dan jamur. Meskipun memakan tanaman, tapi omnivora tidak sama seperti herbivora yang bisa memakan semua jenis tanaman. Omnivora hanya memakan beberapa jenis tanaman tertentu dan pada bagian tertentu.


Dibandingkan dengan herbivora dan karnivora, omnivora sering memiliki peluang lebih besar untuk selamat dari kondisi sulit. Karena hewan jenis ini memiliki kesempatan untuk mengatur pola makan berdasarkan makanan yang tersedia.

Misalnya, saat ada pembangunan perkotaan, proses pembukaan lahan untuk rumah, bisnis, dan pertanian yang tentunya menghancurkan habitat hewan di alam liar, herbivora seperti gajah tidak dapat bertahan hidup tanpa banyak pohon dan rumput untuk dimakan.

Tapi omnivora seperti opossum, burung camar, dan banyak spesies monyet dapat dengan mudah beradaptasi dengan kehidupan di daerah perkotaan dan lahan pertanian karena bisa menemukan makanan di tong sampah, pinggir jalan, dsb.

Simak juga: Hewan Karnivora

Ciri Hewan Omnivora

Ciri-Hewan-Omnivora

Karena lebih mudah menemukan makanan, omnivora kadang-kadang lebih baik dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dari pada makhluk dengan kebiasaan makan yang lebih spesifik seperti herbivora atau karnivora.

Beberapa karakteristik omnivora adalah:

✓   Memakan daging dan tumbuhan

✓   Dapat ditemukan di hampir semua ekosistem

✓   Sebagian besar hewan omnivora adalah oportunis

✓   Memiliki tulang punggung dan tulang belakang

✓   Berada di titik tengah dalam rantai makanan, dan dapat menjadi predator sekaligus mangsa

✓   Memiliki sistem pencernaan kompleks (sistem pencernaan sederhana dan langsung yang ideal untuk mencerna daging, tapi juga mampu memproses sebagian besar tanaman, dan mengeluarkan sisa makanan).

✓   Memiliki gigi kombinasi dari karnivora dan herbivora, yaitu gigi geraham untuk mengunyah/menggiling makanan, dan gigi depan tajam (taring) untuk menarik/ memotong/merobek makanan. Namun, ada juga omnivora tanpa gigi, seperti ayam. Tapi ayam memiliki kantung pencernaan yang dipenuhi batu (gizzard) yang dapat menghancurkan makanan.


Simak juga: Hewan Herbivora

Contoh Hewan Omnivora

Contoh-Hewan-Omnivora

Omnivora adalah kategori yang sangat luas dan beragam, yang mencakup binatang sebesar beruang atau sekecil semut.

Beberapa contohnya adalah:

1. Ayam

Ayam

Masuk ke dalam kelompok omnivora membuat ayam bisa makan makanan nabati dan hewani.

Ayam bisa memakan biji-bijian seperti jagung, kedelai, gandum, kacang polong, dan biji bunga. Bisa juga memakan serangga, tunas muda/pucuk daun, rumput, alfalfa, jenis ulat tertentu, dan cacing.

Saat menjadi hewan peliharaan atau peternakan, ayam juga seringkali diberi makan tepung atau dedak.

2. Ikan Lele

Ikan Lele

Sebagian besar spesies lele adalah omnivora yang biasa memakan ikan lain, invertebrata, tanaman air, dan telur ikan.

Namun, beberapa ikan lele, seperti beberapa spesies dalam keluarga Loricariidae, mengkhususkan diri pada makanan aneh, seperti kayu dan ganggang.

Sedangkan ikan lele lainnya bersifat parasit dan bisa memakan darah ikan lain.

3. Kucing dan Anjing

Kucing-dan-Anjing

Kucing dan anjing dianggap sebagai omnivora oleh para ilmuwan. Namun terdapat perbedaan pada keduanya.

Kucing tidak dapat mempertahankan hidupnya kecuali mengonsumsi daging dalam beberapa bentuk, sedangkan anjing dapat bertahan hidup hanya dengan bahan nabati.

Tetapi yang harus diingat adalah, hanya karena kedua hewan ini adalah omnivora, bukan berarti bahan nabati saja merupakan sumber nutrisi yang baik.

Memberikan daging dalam porsi yang cukup tetap menjadi pola makan terbaik untuk kucing dan anjing.

4. Monyet

Monyet

Monyet hidup di seluruh dunia dan hadir dalam berbagai ukuran, jenis, bentuk, dan warna. Banyak yang mengira bahwa monyet hanya makan pisang, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar.

Kebanyakan monyet memang memakan buah-buahan (termasuk pisang), kacang-kacangan, biji-bijian, dan bunga. Namun, beberapa monyet juga suka makan daging dalam bentuk kadal kecil, telur burung, laba-laba, dan serangga.

5. Tupai

Tupai

Tupai adalah hewan pengerat yang lincah dengan ekor berbulu banyak yang bisa ditemukan di seluruh dunia.

Sebagian besar tupai memakan kacang-kacangan, buah-buahan, jamur, dan biji – bijian, yang juga memakan burung kecil, serangga kecil, ulat bulu, ular muda, dan binatang kecil lainnya.

Dan jika tupai menemukan hewan mati, ia juga bisa memakannya.

6. Babi

Babi

Babi adalah hewan yang bisa memakan apa saja. Babi hutan memakan akar, buah, tikus dan reptil kecil.

Babi domestik diberi makanan yang terbuat dari jagung, gandum, kedelai atau jelai. Di peternakan kecil, babi sering diberi makan “slop” (campuran kulit sayuran, kulit buah, dan bahan makanan sisa lainnya).

7. Rakun

Rakun

Meskipun biasa aktif di malam hari, rakun juga bisa beraktivitas di siang hari untuk memanfaatkan sumber makanan yang tersedia. Makanannya terdiri dari sekitar 40% invertebrata, 33% bahan tanaman, dan 27% vertebrata.

Di musim semi dan awal musim panas, sebagian besar makanan rakun terdiri dari serangga, cacing, dan hewan lain yang sudah tersedia di awal tahun.

Rakun suka buah-buahan dan kacang-kacangan, seperti biji pohon ek dan kenari, yang muncul pada akhir musim panas dan musim gugur.

Rakun juga suka mangsa yang lebih mudah ditangkap, seperti ikan, amfibi, dan telur burung.

8. Burung Jalak

Burung-Jalak

Bentuk paruh dari burung jalak yang panjang dan runcing sangat cocok untuk makan invertebrata seperti serangga, laba-laba, cacing, siput, dan ulat. Namun jalak suka makan buah dan biji-bijian besar atau kecil.

Simak juga: Hewan Ovovivipar

Hewan omnivora adalah pemakan paling fleksibel dari kerajaan hewan. Dalam rantai makanan, omnivora masuk ke dalam kelompok trofik teratas, yang dapat membantu mengendalikan populasi hewan dan pertumbuhan vegetasi.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Energi Kinetik

Danar
2 min read

Energi Potensial

Danar
2 min read

Hewan Ovovivipar

Danar
2 min read

Hewan Karnivora

Danar
2 min read

Organel Sel Tumbuhan

Danar
2 min read

Organel Sel Hewan

Danar
2 min read

One Reply to “Hewan Omnivora”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *