Danar P. Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Hak Dan Kewajiban Warga Negara

3 min read

Kewarganegaraan adalah benang merah yang menghubungkan semua orang Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak terikat oleh ras atau agama, tetapi oleh nilai-nilai kesatuan dalam keberagaman yang dimiliki bersama.

Meski berbeda ras, suku dan agama, namun hak dan kewajiban warga negara semuanya sama.

Hak dan kewajiban semua warga negara Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Untuk lebih memahami apa sih hak dan kewajiban yang dimiliki warga negara, di bawah ini adalah ulasan dari Cryptowi mengenai pengertian dan contoh hak dan kewajiban warga negara.

Pengertian Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian-Hak-Dan-Kewajiban-Warga-Negara

Istilah warga negara bisa dipahami secara sempit atau dalam arti luas. Dalam arti sempit, warga negara berarti penduduk  atau orang yang tinggal di sebuah daerah. Dalam arti luas warga negara berarti orang yang bertempat tinggal dalam batas teritorial negara.

Berbicara dalam ilmu politik, warga negara berarti orang yang tergabung dalam negara dan mempunyai hak sosial dan politik. Lalu bagaimana dengan pengertian hak warga negara itu sendiri? Berapa banyak hak warga negara? Siapa yang akan menjamin hak-hak warga negara ini?

Nah, hak adalah kondisi kehidupan sosial yang tanpanya tidak seorang pun dapat berusaha menjadi dirinya yang terbaik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa, hak adalah apa yang dapat Anda harapkan dari orang lain dan orang lain dari Anda.

Semua hak yang paling benar adalah yang bertujuan memberikan kesejahteraan sosial.

Dengan demikian hak-hak setiap warga negara yang paling esensial adalah terjaminnya kebebasan untuk hidup, berpendapat dan hak untuk pemenuhan fungsi aspek kemasyarakatan darinya. Hak yang diberikan oleh semua warga negara ini dijamin oleh hukum negara.

Sama halnya dengan hak warga negara, UUD juga mengatur tentang kewajiban warga negara. Warga negara wajib mematuhi aturan konstitusional yang berlaku di Indonesia.

Kewajiban utama warga negara adalah tunduk pada tatanan konstitusi dan ikut serta dalam pertahanan negara.  Kewajiban yang dilakukan oleh warga negara bisa membantu tatanan negara ini menjadi lebih baik dan tersistematis.

Simak juga: Demokrasi Pancasila

Pengertian Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut Para Ahli

Pengertian-Hak-Dan-Kewajiban-Warga-Negara-Menurut-Para-Ahli

Untuk lebih jauh mengerti apa itu pengertian dari hak dan kewajiban warga negara, berikut adalah pendapat yang dikemukakan oleh para ahli yang akan dibagi menjadi dua klasifikasi definisi.

Pertama, adalah mengenai pengertian hak warga negara, adapun pengertian hak dari para ahli adalah :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Hak adalah sesuatu yang dianggap benar dan menjadi milik oleh seorang individu. Hak adalah sebuah kekuasaan untuk melakukan sesuatu yang telah diatur secara konstitusional untuk menuntut sesuatu demi mengangkat derajat atau martabat.

2. Srijanti

Hak adalah unsur normatif yang mempunyai fungsi untuk menjadi sebuah pedoman bagi orang untuk bertindak. Hak berfungsi untuk melindungi adanya kebebasan individu dan menjamin harkat dan martabat yang dimiliki.

3. Prof. Dr. Notonegoro

Hak merupakan kuasa dari seseorang untuk melakukan apapun yang memang sebagaimana mestinya ia terima dan hak yang dimiliki oleh seseorang tidak bisa diminta atau dilakukan oleh pihak lain dengan atau tanpa paksaan.

Sementara pengertian kewajiban warga negara menurut para ahli adalah :

1.  KBBI

Kewajiban adalah sesuatu dimana seseorang terikat untuk melakukan hal-hal tertentu, dan hal ini dari  hasil dari adat, hukum, dll.

2. Prof. Dr. Notonegoro

Beban seseorang dalam menjalankan sesuatu sebagaimana mestinya dari pihak lain adalah pengertian dari kewajiban.

Simak juga: Demokrasi Liberal

Contoh Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Contoh-Hak-Dan-Kewajiban-Warga-Negara

Adapun contoh dari hak warga negara itu sendiri adalah :

1.  Mendapat Hak Kebebasan Beragama

Negara menjamin bahwa setiap orang dapat mengikuti agama apa pun yang mereka pilih dan negara menghormati kebebasan beragama.

2. Hak Bebas Berbicara

Hak atas kebebasan berbicara sangat penting dalam demokrasi, karena menjamin bahwa siapapun dapat berbicara menentang kebijakan yang mereka yakini salah. Mengutarakan pikiran adalah langkah penting untuk mewujudkan perubahan sosial dan politik.

Kebebasan pers juga dianggap menjadi salah satu hak untuk berbicara secara bebas. Pers adalah media yang bisa memasukkan segala opini publik yang mengkritik pemerintah atau orang dan institusi yang berkuasa.

Seorang individu yang bukan jurnalis dapat menuliskan opini dan hak ini harus dijamin oleh negara.

Tanggung jawab yang menyertai hak ini adalah tidak memicu kekerasan atau pembatasan terhadap kebebasan berbicara orang lain.

3. Hak Bertahan Hidup

Semua warga negara mempunyai hak untuk tetap hidup dan bertahan hidup atas apapun yang terjadi padanya.

Sementara kewajiban warga negara sendiri adalah :

1. Mematuhi Hukum

Setiap warga negara Indonesia harus mematuhi undang-undang yang berlaku di negara dan siap mendapat hukuman apabila suatu undang-undang dilanggar.

2. Membayar Pajak

Semua warga negara harus membayar pajak termasuk pajak properti, penjualan dan sebagainya.

Setiap layanan dan program negara seperti sekolah, jalan, fasilitas kesehatan dan pertahanan nasional tidak mungkin berjalan tanpa kewajiban pembayaran pajak.

3. Membela Pertahanan Negara

Pertahanan negara Indonesia menjadi kewajiban semua warga negara untuk terus mempertahankannya. Setiap warga negara harus membela dan mempertahankan stabilitas pertahanan nasional.

Makna Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Makna-Hak-Dan-Kewajiban-Warga-Negara

Setelah membaca pengertian hingga contoh dari hak dan kewajiban warga negara, maka bisa disimpulkan secara garis besar, bahwa makna hak dan kewajiban warga negara adalah satu kesatuan yang perlu dimiliki dan dijalankan oleh warga negara.


Hak dan kewajiban warga negara adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Di mana ada hak yang diberikan oleh negara, di situ juga ada kewajiban yang perlu dilaksanakan oleh warganya. Warga negara yang baik adalah ia yang senantiasa menjalankan hak dan kewajiban dengan seimbang dan sebagaimana mestinya.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar P. Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Sejarah Bahasa Indonesia

Danar P.
2 min read

Sunan Kudus

Danar P.
2 min read

Sunan Gresik

Danar P.
3 min read

Sunan Giri

Danar P.
3 min read

Sunan Drajat

Danar P.
3 min read

Sunan Ampel

Danar P.
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *