Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian CSR ( Fungsi, Tujuan, Contoh & Manfaat )

4 min read

Sebagai makhluk sosial, Anda tentunya tidak dapat hidup sendiri dan tidak bisa lepas dari bantuan orang lain.

Maka dari itu sebagian perusahaan juga mulai menerapkan CSR sebagai bentuk perhatian dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat golongan tertentu dan lingkungan sekitar.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan CSR? Seperti apa manfaatnya ataupun Fungsinya? Silahkan langsung saja simak penjelasan CSR dalam artikel berikut ini.

Pengertian CSR

Pengertian-CSR

CSR harus melebihi kepatuhan undang-undang yang berlaku dan mengikuti tips ISO 26000.

CSR juga harus menghitung dan mempertimbangkan kepentingan pemegang (stakeholders), baik yang berada di dalam maupun luar perusahaan.

Berikut pengertian CSR menurut para ahli.

1. Wibisono

Sebuah komitmen yang berkelanjutan yang dijalankan dalam dunia usaha untuk berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan kualitas dan taraf hidup karyawan perusahaan dan keluarganya, komunitas lokal, dan masyarakat luas.

2. Kotler dan Nancy

CSR adalah keputusan dan tindakan yang diambil perusahaan sebagai usaha atau kontribusi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar.

3. Suharto

Suharto mendefinisikan CSR adalah suatu operasi bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan dan laba yang diperoleh perusahaan saja, namun ikut serta dalam pembangunan lingkungan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.

Secara umum, penjelasan CSR atau Corporate Social Responsibility alah suatu konsep atau  mekanisme yang dijalankan oleh perusahaan untuk memberikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial di mana perusahaan itu berada.

CSR diterapkan oleh beberapa perusahaan dan dilakukan secara sadar sebagai bentuk sikap tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar perusahaan.

CSR dapat berupa pelaksanaan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh perusahaan dan pemberian beasiswa bagi anak yang kurang mampu secara ekonomi.

Contoh lain CSR yaitu pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, dana pembangunan desa, dan dana untuk menunjang sarana-prasarana di suatu lingkungan tertentu.

Program CSR dilaksanakan oleh perusahaan untuk meraih dan mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat.

Contoh perusahaan di Indonesia yang menerapkan program CSR adalah perusahaan Danone, PT.Pertamina, dan PT. Sinde Budi Santosa.

CSR sangat berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan (suistainable development) yaitu di mana sebuah perusahaan tidak hanya berorientasi pada aspek ekonomi dan hanya fokus pada laba dan keuntungan perusahaan saja, tapi mulai ikut memikirkan dampak sosial di lingkungan yang membutuhkan perhatian lebih.

Fungsi CSR

Fungsi-CSR

CSR dilaksanakan bukan tanpa tujuan.

Fungsi dari CSR anatara lain sebagai berikut:

1. Sebagai bentuk dari rasa tanggung jawab suatu perusahaan terhadap pihak-pihak terkait atau yang terkena dampaknya yang dapat dirasakan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. CSR berfungsi sebagai sarana untuk melibatkan masyarakat secara langsung atau tidak langsung dengan perusahaan dalam program-program CSR

3. Sebagai salah satu mengembangkan masyarakat dan membantu pembangunan berupa sumbangan dana dalam berbagai bidang

4. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan mitra bisnis perusahaan

Manfaat CSR

Manfaat-CSR

CSR bermanfaat bagi beberapa pihak. CSR bermanfaat bagi masyarakat dan perusahaan yang terlibat.

Berikut adalah manfaat CSR.

1. Manfaat CSR bagi Perusahaan

  • Memudahkan perusahaan memperoleh izin operasi dari masyarakat
  • Sebagai sarana untuk menaikkan dan meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat secara luas
  • Menunjukkan ciri khas perusahaan agar berbeda dari perusahaan lain atau kompetitor
  • Menumbuhkan kerja sama antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya
  • Membantu mengurangi risiko bisnis
  • Membantu meningkatkan semangat dan motivasi karyawan agar lebih produktif
  • Meningkat peluang untuk memperoleh penghargaan sehingga bisa meningkatkan reputasi dan menjadi suatu kebanggaan bagi perusahaan
  • Membantu memperluas akses sumber daya dan pasar
  • Membantu memperbaiki hubungan dengan regulator dan stakeholder

2. Manfaat CSR bagi Masyarakat

  • Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang ekonomi
  • Membantu pelaksanaan pembangunan suatu tempat atau daerah
  • Banyaknya beasiswa bagi pelajar kurang mampu yang bermunculan
  • Meningkatkan kualitas fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat

Jika Anda belum terlibat dalam kegiatan atau program CSR, Anda dapat melakukannya dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

Anda bisa memulainya dengan mulai peduli pada kebersihan lingkungan sekitar dan hal-hal kecil lainnya yang dapat memberi dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Tujuan CSR

Tujuan-CSR

Sebuah perusahaan menjalankan program CSR (Coporate Social Responsibility)  pastinya dengan tujuan dan target tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Salah satu tujuan umum yang biasanya diharapkan adalah menciptakan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

Berikut beberapa tujuan dari program CSR yang dijalankan sebuah perusahaan.

♦  Ikut melakukan kontribusi terhadap pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar, tentunya dalam hal-hal yang positif. Hal ini dapat membantu sebuah daerah menjadi lebih baik lagi dan  meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

♦  Menemukan sumber daya manusia dengan kualitas dan potensi yang baik. Seperti program-program beasiswa untuk anak berprestasi namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah.

♦  Mengurangi korupsi dan kerugian yang berpotensi merugikan sebuah perusahaan. Bisa dari gangguan masyarakat yang merasa tidak dirugikan dengan keberadaan perusahaan tersebut.

♦  Program menjadi pembeda dengan perusahaan yang lain (pesaing) melalui program baru yang positif dan menguntungkan banyak pihak lain.Pembeda ini nantinya akan secara tidak langsung meningkatkan citra perusahaan yang melakukan program CSR tersebut.

♦  Membentuk hubungan baik yaitu antara perusahaan dan masyarakat sekitar atau masyarakat lain yang tidak terhubung dengan perusahaan.Banyak program yang berupa bantuan secara langsung sehingga membuat masyarakat menjadi senang dan terbantu.

♦  Mengurangi biaya pajak karena program CSR ini secara otomatis akan mengurangi jumlah pajak yang akan dibayarkan perusahaan.Hal ini karena perusahaan tersebut telah membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam satu atau lebih daerah.

♦  Membuat hubungan baik yaitu antara perusahaan dan pemangku kepentingan sebagai bagian luar perusahaan, misal pemasok.Juga akan meningkatkan semangat karyawan dalam bekerja karena pekerja merasa bangga akan program baik yang dilakukan perusahaannya. Secara tidak langsung akan memberikan motivasi kerja untuk para karyawan dalam perusahaan.


Baca juga: √ Pengertian Akuntansi 


Bentuk CSR

Bentuk-CSR

CSR (Coporate Social Responsibility) ini memiliki bentuk atau karakteristik tertentu dalam pelaksanaannya.

Ketentuan ini dibuat agar program yang dijalankan tersebut bisa mencapai sasaran seperti yang diinginkan perusahaan dan pihak yang terlibat.

Berikut bentuk atau karakteristik CSR yang harus dipatuhi sebelum dilaksanakan.

♦  Program CSR harus tetap beraktivitas dengan memenuhi dan mematuhi undang-undang yang berlaku.Program yang mematuhi peraturan undang-undang akan lebih baik dan tidak berlebihan dalam melakukan aktivitas.Hal ini sangat penting karena setiap daerah memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda. Jangan sampai niat baik perusahaan malah menjadi masalah baru.

♦  Program CSR setidaknya memberikan dampak semi permanen, baik untuk masyarakat atau perusahaan yang bersangkutan.Program ini bisa dilakukan juga dalam waktu lama atau permanen  dengan merubah beberapa kebijakan perusahaan.Misal dengan mengganti bahan baku produksi dengan yang lebih ramah lingkungan selamanya.

♦  Program CSR harus memperhatikan berbagai kepentingan, baik kepentingan perusahaan dan luar perusahaan. Agar program dapat berjalan dengan baik tentunya harus tetap memperhatikan kepentingan pihak-pihak yang akan terlibat.

♦  Program CSR harus memiliki sistem govermance yang baik dan layak. Selain itu juga harus memiliki tanggung jawab terhadap program yang dijalankan tersebut. Juga sifat transparan yang tidak kalah penting karena dampak positif yang diharapkan harus dibuktikan. Jika tidak maka akan timbul masalah-masalah baru yang bisa merugikan perusahaan kedepannya.

♦  Program CSR juga tetap harus sesuai dengan mengikuti tip dari ISO 2600 yang berlaku. ISO (International Organization for Standardization) ini dibentuk pada tahun 2004 untuk pengaturan standar program CSR yang akan dilaksanakan perusahaan.Ada 7 isu yang termasuk dalam ISO 2600 yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan program CSR karena saling berkaitan.

Contoh CSR

Contoh-CSR

Program CSR ini sudah banyak dilakukan baik perusahaan dalam hingga luar negeri.

Sebut saja perusahaan raksasa dunia seperti Google, Lego, Disney dan lainnya.

Untuk di dalam negeri ada Pertamina, Sinde dan masih banyak lagi.

1. Google

Google memiliki salah satu progra unggulan CSR yang masih ada hingga saat ini yaitu transparasi dalam lingkungan kerja.

Selain itu perusahaan raksasa ini juga sangat mengutamakan perilaku yang baik.

Berkat program CSR yang dilakukan Google sempat mendapat peringkat dalam tingkat dunia.

2. Lego

Produsen mainan dunia ini sangat terkenal akan pelaksanaan bisnis yang adil, perilaku kerja etis dan sistem operasi yang transparan.

Selain itu tahun 2030 yang akan datang, Lego akan mengganti bahan baku pembuatan mainan dengan yang lebih ramah lingkungan.

3. Disney

Disney secara teratur terus memberikan laporan program CSR yang dipublikasikan secara langsung.

Program tersebut seperti perlakuan adil di dalam dan luar lingkungan kerja, hidup sehat dan meningkatkan kesejahteraan buruh.

Isasi toleransi tingkat emisi yang dilakukan pada taman-taman hiburan adalah salah satu program CSR unggulan Disney.

4. Larutan Cap Badak

Larutan Cap Badak dari PT.S inde Budi Sentosa memiliki program CSR yang bekerjasama langsung dengan WWF Indonesia.

Kerjasama ini sudah pasti tentang hewan yaitu pelestarian mamalia perissodactyl Jawa, tepatnya ditaman Ujung Kulon. Sinde memberikan dana sebagai bantuan yang berasal dari hasil penjualan untuk konservasi yang dilakukan.

5. Danone atau Aqua

Program CSR dari perusahaan Danone ini bahkan telah banyak dikenal masyarakat dengan bantuan iklan melalui stasiun TV nasional.

Nama program tersebut adalah WASH yaitu singkatan dari Water, Acces, Sanitation, Hygiene Program (Program Air, Akses, Sanitasi, Kebersihan). Sasaran program adalah daerah yang membutuhkan kesejahteraan lingkungan dan akses air lebih baik.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Nota

Danar
3 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Contoh Biodata

Danar
3 min read

Majas Metafora

Danar
2 min read

Evaluasi

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *