Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Teks Diskusi

2 min read

Teks diskusi adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah argumentasi yang memantik diskusi.

Teks diskusi umumnya sering digunakan dan dibahas di beberapa acara ilmiah seperti simposium, seminar, lokakarya, sarasehan dan sebagainya.

Contoh teks diskusi hampir sama dengan opini yang menyampaikan sebuah pendapat dan gagasan. Dalam menuliskan teks diskusi, ada beberapa struktur yang perlu diperhatikan oleh Anda selaku penulis.

Struktur inilah yang menjadi panduan bagi beberapa penulis untuk menuangkan gagasannya ke dalam sebuah teks diskusi. Berikut adalah struktur yang terdapat dalam teks diskusi dan contoh-contoh teks diskusi.

Struktur Teks Diskusi

Struktur-Teks-Diskusi

Ada 4 struktur teks diskusi yang harus diperhatikan ketika Anda merancang sebuah tulisan, di antaranya adalah :

1. Isu

Anda harus memperhatikan isu atau topik yang akan diangkat dalam seminar, simposium atau diskusi panel untuk menjadi panduan utama Anda dalam menulis sebuah teks diskusi.

2. Argumentasi Mendukung

Setelah tahu isu apa yang hendak dituliskan, maka carilah alasan atau argumentasi yang mendukung dengan menyampaikan sudut pandang disertai bukti ilmiah untuk mendukung argumentasi tersebut.

3. Argumentasi Menentang

Jika ada argumentasi mendukung, maka ada pula argumentasi yang menentang. Sampaikan pendapat kontra dari isu yang ditulis.

4. Kesimpulan

Struktur teks diskusi yang terakhir adalah kesimpulan. Tutup tulisan dengan kesimpulan dari pro dan kontra isu yang dibahas dan sertakan pula rekomendasinya.

Setelah mengetahui bagian strukturnya, berikut adalah beberapa contoh dari teks diskusi yang biasa dipergunakan, semoga dapat menjadi sebagai bahan acuan Anda.

Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

Contoh-Teks-Diskusi-Tentang-Sampah

Pertama, ada diskusi mengenai pro kontra daur ulang sampah plastik, berikut contohnya :

Kehadiran sampah plastik memang sangat meresahkan, hal ini karena sampah jenis ini susah untuk terurai dalam tanah.

Banyak pegiat lingkungan yang kemudian menggalakan sampah plastik ini untuk daur ulang. Manfaat yang dihasilkan dari daur ulang sampah memang menguntungkan.

Daur ulang bagus untuk lingkungan karena mengurangi limbah yang mencemari tempat pembuangan sampah dan insinerator. Daur ulang juga berkontribusi pada pertumbuhan pekerjaan kreatif dalam perekonomian.

Sayangnya, daur ulang sampah juga menimbulkan kerugian. karena dapat menyebabkan polusi khususnya pada daur ulang sampah elektronik. Banyak barang elektronik dikirim ke luar negeri ke negara-negara kurang berkembang  dan disortir.

Selama proses penyortiran, logam dan bahan kimia lainnya dapat larut ke tanah dan air tempat daur ulang berlangsung sehingga juga berdampak buruk pada lingkungan dan penghuninya.

Simak Juga: Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir

Contoh-Teks-Diskusi-Tentang-Banjir

Contoh teks kedua adalah mengenai  fenomena banjir yang selalu melanda di Jakarta, berikut ini adalah contohnya :

Banjir pada awal tahun 2020 yang melumpuhkan aktivitas ibukota negara Indonesia menjadi polemik. Banyak orang yang menyebutkan bahwa banjir tahun ini benar-benar yang terparah karena pemerintah Jakarta sangat buruk dalam menanganinya.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan disebut lamban dalam mengurus banjir Jakarta sehingga tahun ini diklaim banyak warga Jakarta sebagai banjir terparah yang pernah ada.

Namun ada pula yang menyebutkan bahwa banjir yang melanda Jakarta tidak sepenuhnya kesalahan dari Anies Baswedan.

Faktor alam serta pola hidup masyarakat Jakarta yang buruk tentang pengelolaan sampah menjadi penyebab utama mengapa tahun ini banjir bisa sangat mengerikan melanda ibukota negara.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Contoh-Teks-Diskusi-Tentang-Kesehatan

Contoh selanjutnya yakni diskusi di bidang kesehatan, mengenai Hydroxychloroquine (HCQ)  sebagai obat efektif menyembuhkan COVID-19.

Dengan meningkatnya kasus coronavirus, perburuan obat perawatan coronavirus yang efektif masih berlangsung. Dari semua pilihan pengobatan yang sedang didekati saat ini, Hydroxychloroquine banyak digunakan di negara-negara yang terkena coronavirus.

HCQ muncul sebagai salah satu obat yang paling mudah tersedia. Sayangnya banyak sekali perdebatan besar mengenai kemampuan kerja dan kemanjuran dari Hydrochloroquine untuk pengobatan virus corona ini.

HCQ dipandang sebagai salah satu obat yang paling menjanjikan sejak kasus-kasus mulai meningkat. Sebagai obat anti-malaria, HCQ adalah obat oral anti-virus, yang telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit autoimun, termasuk rheumatoid arthritis juga.

Namun WHO menghentikan uji coba HCQ karena efek sampingnya pada pasien COVID-19 cukup tinggi. Terlihat bahwa pasien yang menerima obat HCQ mempunyai tingkat kematian yang lebih tinggi daripada yang tidak diberikan HCQ.

Terlepas dari ini, perdebatan kuat tentang penggunaan HCQ telah berpusat di sekitar dosis dan penggunaan yang tidak tepat. Selain komplikasi jantung, aritmia, dan masalah jantung, obat ini telah diketahui memicu efek samping seperti sakit kepala, pusing, kram perut, mual, pembengkakan, hingga gangguan penglihatan.

Simak juga: Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Diskusi Tentang Olahraga

Contoh-Teks-Diskusi-Tentang-Olahraga

Terakhir, ada sebuah teks di bidang olahraga, contohnya adalah sebagai berikut:

Zumba adalah salah satu jenis olahraga yang telah terbukti membakar lebih banyak kalori daripada kardio standar seperti jogging, aerobik , dan yoga.

Alasan pembakaran kalori yang tinggi adalah banyak fluktuasi antara gerakan intensitas rendah dan tinggi. Berolahraga zumba dalam waktu lama dengan detak jantung yang tinggi juga dapat meningkatkan kekuatan jantung Anda.

Sayangnya, Zumba melibatkan banyak gerakan melompat dan berdampak tinggi lainnya yang menyulitkan persendian. Gerakan memutar libat dalam beberapa gerakan juga dapat memberi tekanan pada lutut Anda.

Simak Juga: Contoh Teks Eksposisi

Secara garis besar, teks diskusi dibuat dengan 4 struktur, yakni isu, gagasan pro, kontra dan kesimpulan. Setelah membaca contoh teks diskusi di atas, sudahkah Anda memahami cara membuatnya? Jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Observasi

Danar
3 min read

Pengertian Implementasi

Danar
3 min read

Pengertian Komunikasi

Danar
3 min read

Pengertian Pendidikan

Danar
2 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *