Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Teks Anekdot

4 min read

Bagi Anda yang sudah sering membaca majalah berita atau yang lainnya, tentu saja sudah tidak asing dengan teks anekdot.

Teks anekdot merupakan tulisan yang berisi tentang materi yang populer menggunakan bahasa Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membuat anekdot, Anda bisa mencari contoh teks anekdot dengan mudah di internet.

Sekarang ini kemajuan teknologi dan perkembangan zaman semakin pesat, teks anekdot dapat dengan mudah ditemukan di situs-situs berita atau media sosial secara online.

Tidak seperti pada masa lalu, teks anekdot hanya tercantum dalam media koran saja. Agar Anda lebih memahami mengenai teks anekdot, berikut Cryptowi akan menjelaskan dengan secara detail dan mudah untuk dipahami.

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian-Teks-Anekdot

Teks anekdot merupakan cerita singkat. Teks tersebut berisi cerita lucu yang memiliki maksud dan tujuan mengkritik sesuatu. Teks anekdot ini biasanya mengangkat topik mengenai layanan publik, lingkungan, sosial dan politik.

Lebih singkatnya teks anekdot merupakan cerita singkat yang berbau humor tetapi bertujuan untuk mengkritisi. Selain dalam bentuk cerita, anekdot juga bisa dalam bentuk percakapan atau dialog antara tokoh.

Bahkan bisa dalam bentuk gambar. Teks anekdot harus menyampaikan pesan moral atau amanat di dalamya, atau mengandung fakta yang tengah terjadi dalam kehidupan sosial.

Struktur Teks Anekdot

Struktur-Teks-Anekdot

Teks anekdot memiliki strukturnya tersendiri. Struktur ini berfungsi untuk membuat teks agar menjadi lebih bagus dan rapi, serta sesuai dengan apa yang dimaksud penulis.

1. Abstrak 

Struktur pertama yaitu abstraksi. Abstrak ini berisi penjelasan mengenai gambaran teks yang akan dibahas. Pembahasan tersebut menjelaskan gambaran secara umum, dengan tujuan supaya pembaca mendapat bayangan mengenai cerita yang akan dibahas.

2. Orientasi

Selanjutnya ada orientasi, pada bagian ini akan diceritakan pendahuluan sebagai awalan cerita dan menjelaskan mengenai sebab terjadinya peristiwa dalam cerita.

3. Krisis 

Kemudian yang ketiga ada krisis yang merupakan puncak dari cerita. Bagian ini akan dijelaskan mengenai inti masalah dalam cerita dengan kekhasan penulisnya sendiri.

4. Reaksi 

Kemudian, yang keempat ada reaksi. Reaksi ini merupakan struktur pelengkap, fungsinya untuk melengkapi penyelesaian untuk masalah dalam cerita. Biasanya menggunakan cara yang berbeda dari yang lain atau dengan cara yang unik.

5. Koda  

Serta untuk menutup ceritanya menggunakan struktur terakhir yang dinamakan koda.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh-Teks-Anekdot-Pendidikan

Dibawah ini ada contoh dari teks anekdot tentang pendidikan, semoga dengan adanya contoh dibawah Anda dapat terhibur dan bermanfaat.

SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Ketika lonceng sekolah mulai berbunyi di Kota A, Bu Guru mulai masuk ke kelas satu persatu. Sambil membawa lembar pengumuman, Bu Guru berdiri di depan kelas.

“Murid-murid, hari ini Ibu memiliki pengumuman yang sangat penting dan juga kabar gembira untuk kalian semua. Dimulai dari bulan depan, sekolah kita ini statusnya akan berubah menjadi sekolah bertaraf internasional.

Bagaimana? Kira-kira apa yang kalian akan lakukan untuk menyambut hal tersebut?” Bu Guru mulai berbicara sambil membagikan lembar pengumumannya.

Beberapa saat kemudian Jono mengangkat tangannya. “Kalau saya mau mulai les bahasa inggris bu, untuk mendukung pembelajaran yang bertaraf internasional ini.” “Bagus sekali, Jono.” Bu Guru terlihat senang, kemudian mengalihkan pandangan ke Ical.

“Kalau Ical mau melakukan apa?”

“Saya Bu? Saya akan minta kepada orang tua saya agar menyiapkan uang sekolah lebih besar lagi.” “Hah? Kenapa begitu Ical” Bu Guru bertanya keheranan. Ical lalu menjawab, “Soalnya kalo status sekolahnya berganti menjadi taraf internasional, pasti biaya sekolahnya mahal juga. Iuran per bulannya akan lebih mahal, belum bayar buku dan lain-lain,” jawab Ical dengan jelas.

Bu Guru menjelaskan kembali sambil mengerutkan keningnya. “Kenapa jawabanmu sinis sekali Ical? Begini ya, Jika sekolah kita berubah menjadi bertaraf internasional kan kualitasnya jadi semakin bagus dan meningkat. Jadi sama bagusnya dengan sekolah-sekolah di luar negeri.”

“Tapi, Bu Guru, kalau menurut saya sekolah yang berstatus taraf internasional itu artinya sekolah dengan tarif internasional juga bu,” ungkap Ical.


Baca juga: √ (Kumpulan) Contoh Teks Deskripsi


Contoh Teks Anekdot Narasi

Contoh-Teks-Anekdot-Narasi

Dibawah ini ada contoh dari teks anekdot tentang narasi, semoga dengan adanya contoh dibawah Anda dapat terhibur dan bermanfaat.

LARANGAN MEROKOK

Lina merupakan wanita kecil yang berada dalam satu keluarga. Pada sesuatu hari, Lina memandang bapaknya lagi merokok di depan rumahnya.

Lina yang mengenali kalau merokok itu sangat beresiko untuk kesehatan, maka langsung menegur bapaknya.” Bapak, jangan merokok, rokok itu bahaya buat badan bapak.” Ucap Lina wanita kecil yang masih lugu.

Bapaknya juga merasa malu, lantaran anaknya yang sangat pintar. Bapak Lina juga cuma tersenyum sambil mengusap rambut gadis kecilnya.

“ Bapak, cepat matikan rokoknya.” Ucap Lina sekali lagi memerintahkan kebaikan buat Bapaknya.

Demi mencari jawaban yang pas, bapaknya juga berkata“ Nak, kamu benar sekali. Ini Bapak lagi memusnahkan rokok dengan membakarnya satu- persatu. Soalnya jika bakar pabriknya sekalian ya ga boleh dong.” Sang anak jitak pala ayahnya.

PRESIDEN KETIKA BERDOA UNTUK NEGARA

Presiden A: Ya Tuhan, kapan kira-kira negaraku ini akan bebas dari status kemiskinan?

Tuhan: Sekitar 25 tahun lagi, Presiden A.

Presiden A: (menangis kencang).

Presiden B: Ya Tuhan, kapan kiranya negaraku ini akan bebas dari status kemiskinan?

Tuhan: Sekitar 20 tahun lagi, Presiden B.

Presiden B: (menangis kencang).

Presiden C: Ya Tuhan, kapan kiranya negaraku ini akan bebas dari status kemiskinan?

Tuhan: (menangis kencang).


Baca juga: √ Contoh Teks Eksplanasi


Contoh Teks Anekdot Sosial

Contoh-Teks-Anekdot-Sosial

Dibawah ini ada contoh dari teks anekdot tentang sosial, semoga dengan adanya contoh dibawah Anda dapat terhibur dan bermanfaat.

MEMBUAT UNDANG-UNDANG SENDIRI

Suatu hari Ali dan Abi sedang jalan-jalan menggunakan kendaraan mobil, dan Abi yang menyetir. Ketika melewati perempatan jalan, tepat saat lampu merah menyala, Abi malah menerobos jalanan karena ketika itu jalannya kosong.

Ali: Abi, kenapa menerobos lampu merah? Gimana kalo ada polisi?

Abi: Tenang aja Li, kita kan bisa bikin aturan undang-undang sendiri.

Ali: Bisa gitu? Yang membuat perundang-undangan kan pemerintah dan DPR

Abi: Bentar. *memarkirkan mobilnya di pinggir jalan

Ali: Lho, kenapa malah berhenti?

Abi: Kan mau jawab pertanyaanmu. Gini Li, dengan menggunakan ini kita bisa buat undang-undang. *sambil membuka dompetnya

Ali: Owalah…!!

MANGGA MUDA

Budi kebingunan kala istrinya yang lagi mengandung memohon untuk dicarikan mangga muda. Alasannya, saat itu belum musim mangga muda berbuah.

“ Yang, kalau kalau gigantic dengan kedondong muda, gimana? Kan, sama-sama asem!”

Sang istri tidak mau dan senantiasa ngotot mau dicarikan mangga muda.“ Kamu ingin anak kita tukang ngeces?”wkwk

Budi tidak mampu membayangkan anaknya jadi tukang ngeces, jadilah ia berangkat keliling kampung buat mencari mangga muda.

Alkisah, ia tidak menemukan sama sekali mangga muda, karena memang belum musim untuk berbuah. Jadi, ia duduk di tepi jalur sembari berpikir gimana caranya iya bisa memperoleh mangga muda.

“ Ke toko buah saja, Mas!” kata Irfan kala Budi bertanya dimana ia dapat menemukan mangga muda.

“ Toko buah emang ada mangga muda?”

“ Ya, enggak, sih,” kata Irfan.“ Tetapi, Mas tulis saja teks muda di mangga itu. Jadinya, kan, mangga muda pula.”

Budi menggaruk kepala, menahan diri buat tidak menampol bahu Irfan.“ Memiliki sahabat, kok, gak beres!”

Irfan menimpali,“ Memiliki istri, kok, banyak ingin!” wkwk


Baca juga: (Terlengkap) Contoh Slogan


Contoh teks anekdot di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi ketika Anda akan membuat sebuah cerita anekdot. Hal yang terpenting dalam membuat teks anekdot yaitu harus berbau guyonan yang berbobot, dengan tujuan menyindir pembacanya dengan kehidupan sosial yang ada dan dirasakan sendiri.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh SOP

Danar
2 min read

Pengertian Puasa

Danar
2 min read

Contoh Review Jurnal

Dhinda
13 min read

Contoh Kajian Pustaka

Danar
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Danar
2 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Danar
4 min read

8 Replies to “Contoh Teks Anekdot”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *