Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Kajian Pustaka

3 min read

Banyak pelajar yang tidak dapat membedakan antara kajian pustaka dan landasan teori.

Banyak yang beranggapan bahwa keduanya sama saja, padahal ada perbedaan mencolok antara keduanya.

Kajian pustaka lebih kepada daftar resensi yang diambil langsung dari kajian penelitian seperti hasil penelitian dalam jurnal yang mendukung.

Agar lebih memahami perbedaannya, berikut contoh kajian pustaka yang telah diberikan oleh Cryptowi.

Contoh Kajian Pustaka Makalah

Contoh-Kajian-Pustaka-Makalah

Kajian pustaka dalam makalah biasanya tidak perlu terlalu panjang. Namun hal ini tentu bergantung kepada jenis makalah tersebut.

Anda dapat memberikan satu hingga dua referensi pada kajian pustaka makalah.

Penelitian deposisi lapisan tipis di atas substrat kaca menggunakan teknik sputtering pernah dilakukan oleh Yunanto dan Wirjodadi.  Target yang digunakan adalah ZnO  dengan parameter yang ditetapkan berupa tekanan gas, waktu, suhu substrat serta kandungan In.

Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa distribusi lapisan tipis cukup homogen di seluruh permukaan kaca.

Ketebalan lapisa yang diperoleh adalah 0,41 mikro meter dengan deposisi selama 75 menit. Suhu substrat kaca yang ditetapkan adalah 225 derajat Celcius. Alat yang digunakan adalah DC Sputtering sementara untuk pemeriksaan transmitansi menggunakan UV-Vis.


Simak Juga: (Kumpulan) Contoh Makalah


Contoh Kajian Pustaka Artikel

Contoh-Kajian-Pustaka-Artikel

Pada artikel yang bersifat ilmiah maka dibutuhkan sub bab khusus yang membahas kajian pustaka.

Tujuannya adalah sebagai landasan teoritis dan ilmiah mengenai tulisan yang Anda paparkan.

A. Teknis Preparasi Sampel Air dan Tanah untuk Uji Radioaktivitas

Teknik preparasi sampel air serta tanah untuk uji radioaktivitas pernah dilakukan oleh Magdi Hassan Saad yang mengambil sampel di Danau Miri yang terletak di selatan Sudan. Pengambilan sampel air yang disimpan pada botol harus ditambahkan dengan larutan asam dengan tujuan agar adsorpsi radionuklida berkurang pada dinding botol.

Pencacahan radioaktivitas sampel air dilakukan selama satu bulan hingga mencapai kesetimbangan sekuler. Sementara untuk preparasi sampel tanah dilakukan dengan mengambil dari beberapa titik sekitar danau.

Tujuan pengambilan sampel dari beberapa titik adalah untuk merepresentasikan keseluruhan area di sekitar danau. Sampel tanah harus dikeringkan dengan sinar matahari baru kemudian diperam 3 minggu.


Simak Juga: Contoh Artikel


Contoh Kajian Pustaka Skripsi

Contoh-Kajian-Pustaka-Skripsi

Umumnya, data yang dituliskan dalam kajian pustaka skripsi diambil dari data hasil penelitian yang diterbitkan dalam skripsi, tesis, disertasi, paper maupun jurnal.

Data hanya boleh diambil dari sumber valid.

3.1. Pemanfaatan Isotop Alam untuk Hidrologi

Teknik isotop alam D/H dan 18O/16O dapat memberikan gambaran interkoneksi airtanah yang selama ini teknik konvensional tidak dapat menentukannya.

Penentuan ini berhubungan erat dengan konservasi sumber daya yang dapat diperbaharui yakni airtanah sedangkan penentuan umur airtanah berhubungan dengan potensi atau jumlah deposit airtanah.

Penelitian yang mengambil lokasi Danau Aneuk Laot ke Mata air Zweembat dilakukan untuk mengetahui asal-usul dan interkoneksi hidraulik keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemeriksaan kandungan isotop stabil (δD dan δ18O) terhadap air laut.

Hasil penelitian koneksi hidraulik Danau Aneuk Laot ke Mata air Zweembat menunjukkan bahwa mata air PDAM dan mata air TNI AL yang menyusun mata air Zweembat memiliki asal-usul airtanah yang berbeda.

Contoh Kajian Pustaka Proposal

Contoh-Kajian-Pustaka-Proposal

Proposal penelitian memang memiliki formatnya sendiri.

Namun pada umumnya harus memiliki bab khusus kajian pustaka untuk menguatkan alasan pengajuan proposal serta probabilitas keberhasilan penelitian.

A. Pemanfaatan Biota Sebagai Indikator Pencemaran Lingkungan

Penelitian kerusakan ekosistem danau pernah dilakukan oleh Fakultas Perikanan dari IPB pada tahun 2014 yang mengambil lokasi Danau Lido, Jawa Barat. Biota akuatik yang diteliti dalam penelitian ini adalah Tanypodinae yang merupakan sejenis larva serangga. Larva serangga ini memang sering dimanfaatkan sebagai bioindikator untuk mendeteksi pencemaran logam berat pada lingkungan air.

Pada ekosistem perairan yang telah mengalami pencemaran logam berat, larva Tanypodinae akan mengalami perubahan morfologi yang cukup mencolok. Apabila kandungan logam berat yang mencemari lingkungan semakin tinggi, maka hal tersebut akan membuat lebih banyak Tanypodinae yang cacat morfologinya.

Penelitian menunjukkan bahwa larva Tanypodinae mengalami deformitas ligula dengan komposisi 10 dari 55 populasi larva. Kerusakan pada deformitas ligula bisa menjadi indikator pencemaran timbal. Oleh karena itu perlunya dilakukan penelitian pada Danau Toba dengan mengecek biota untuk melihat adanya indikasi pencemaran logam berat.


Simak Juga: Contoh Landasan Teori


Contoh Kajian Pustaka Tesis

Contoh-Kajian-Pustaka-Tesis

Tujuan dari dilakukannya kajian pustaka pada tesis adalah untuk membuktikan hipotesis awal penelitian dan memperkirakan probabilitas kesuksesan penelitian.

2.1 Pemanfaatan Hidroisotop untuk Pemeriksaan Interkoneksi Hidraulik

Berbagai masalah lingkungan seringkali timbul di sekeliling ekosistem danau yang memiliki ekosistem terrestrial dan ekosistem akuatik.

Masalah yang sering timbul pada lingkungan danau disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak memperhatikan alam. Hal tersebut menyebabkan kualitas sumber daya air menurun hingga merusak kehidupan biota akuatik.

Kerusakan air pada danau berpotensi mencemari airtanah di sekeliling danau yang memiliki koneksi hidraulik dengan danau tersebut.

Pemanfaatan aplikasi hidroisotop dapat membantu mengetahui ada tidaknya koneksi hidraulik dengan air danau. Pemanfaatan aplikasi hidroisotop dalam penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui tingkat kebocoran pada bendungan Waduk Jatiluhur.

Penelitian memanfaatkan isotop alam dalam air yakni 2H dan 18O. Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan langsung antara air keluaran waduk dengan airtanah sekitar.

Melihat contoh di atas, maka sangat penting untuk dilaksanakan penelitian interkoneksi hidraulik pada airtanah yang ada di sekitar Danau Toba.

Mempelajari contoh kajian pustaka akan dapat membantu Anda untuk memahami batasan masalah apa saja yang harus ada dalam tema penelitian Anda.

Apalagi kajian pustaka memang terfokus membahas penelitian yang mengangkat tema hampir serupa sehingga akan membantu Anda memahami alur penelitian dan hasil yang diharapkan.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh SOP

Danar
2 min read

Pengertian Puasa

Danar
2 min read

Contoh Review Jurnal

Dhinda
13 min read

Contoh Batasan Masalah

Danar
2 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Danar
4 min read

Contoh Teks Diskusi

Danar
2 min read

2 Replies to “Contoh Kajian Pustaka”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *