Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Essay

6 min read

Berikut ini merupakan Contoh Essay ✅ dari Beasiswa, Pendidikan, Bahasa Inggris, Ilmiah, Motivasi yang diulas Lengkap ✅.


Essay atau sering diucap pula dengan esai merupakan serangkaian macam opini serta laporan- laporan faktual pada saat terjadinya permasalahan tertentu, yang dituliskan secara subjektif (berlandaskan sudut pandang sipenulis).

Karangan essay atau karya tulis ini bertujuan untuk bisa mengetahui tentang sesuatu apa yang sedang terjadi baik fenomena alam ataupun fenomena sosial. Contohnya yaitu seperti pendidikan, lingkungan, kesehatan dan yang lainnya.

Biasanya essay ini disajikan dalam bentuk tulisan yang singkat, padat namun jelas dan mudah untuk dimengerti. Jika Anda ingin memahami karangan essay dengan jelas, silahkan simak dari berbagai contoh essay dibawah ini.

Sebelum masuk ke contoh-contohnya, sebaiknya Anda pahami dahulu tips menulis essay berikut:

Tips / Cara Menulis Essay

Tips--Cara-Menulis-Essay

Setidaknya ada beberapa hal yang harusnya Anda pahami sebelum menulis essay yaitu:

#1. Ketahui Kemauan Pemberi Beasiswa / Investor

Ketika sudah dapat mengetahui kriteria atau kandidat yang sedang dicari, maka Anda tinggal mencocokkan saja gaya penulisan sesuai yang diinginkannya tersebut.

Contoh: Semisal pihak beasiswa / investor menginginkan kriteria anak yang jujur dan telaten, sehingga Anda tinggal jelaskan didalam penulisan essay Anda adalah orang yang jujur serta teliti dan tekun.

#2. Ciptakan Essay Yang Unik

Maksudnya yaitu Anda diminta untuk menuliskan essay yang sedang Anda buat berbeda dengan yang lain, tidak sama seperti biasanya.

#3. Ciptakan Kedekatan

Gunakan penulisan bahasa yang dapat bisa membangun kedekatan dengan calon pembaca essay Anda, sesuaikan bahasa yang dapat mudah dimengerti dan dipahami.

#4. Percaya Diri

Jangan sampai ketika Anda membuat essay ada kata-kata yang malah membuat kepercayaan diri Anda berkurang, sehingga tampilkan dan periksa kembali essay yang Anda buat sebelum menyerahkan ke pihak yang terkait.

#5. Punya Target Yang Jelas

Terangkan semua yang menjadi benak visi dan misi yang sedang Anda inginkan kedepan, supaya para pihak yang terkait lebih yakin dan dapat menerima Anda.

Itulah setidaknya hal-hal sebelum Anda membuat essay sendiri, untuk supaya lebih paham silahkan perhatikan setiap contoh essay berikut:

Contoh Essay Beasiswa

Contoh-Essay-Beasiswa

Hidup merupakan suatu perjalanan panjang yang didalamnya ada bermacam- macam kejutan. Tidak dapat yang mendefinisikan kejutan tersebut ialah perihal yang baik, adapula yang mengatakan kebalikannya.Tetapi, pada hakikatnya perihal baik serta perihal kurang baik senantiasa berjalan beriringan. Walaupun begitu, orang- orang umumnya baru merasakan perihal baik sehabis melewati hal- hal yang kurang baik.

Saat kita sanggup bertahan dalam seluruh perihal yang kurang baik, hingga kita hendak menikmati sesuatu pencapaian yang tidak ternilai harganya. Orang- orang sering berkata pencapaian tersebut dengan kata sukses.

Pastinya arti sukses bukanlah sesimple itu. Sukses dimulai dengan hasrat untuk menggapai suatu. Keinginan yang kokoh hendak mendesak kita buat terus berjuang walaupun jalan yang ditempuh berbeda-beda dengan jalur orang lain.

Fakta nyata yang aku rasakan untuk menggapai kesuksesan tersebut sangatlah terasa. Aku berasal dari keluarga dengan ekonomi yang rendah. Kemauan untuk menggali ilmu dijenjang perguruan tinggi terasa bagaikan mencapai bulan.

Beruntung, aku mempunyai perihal yang sangat aku butuhkan dikala itu ialah tekat, semangat, serta dukungan dari orang- orang terdekat. Aku berupaya peruntungan dengan menjajaki jalan masuk PBUD sekalian mendaftarkan diri dalam program beasiswa bidikmisi sebagai pendukung buat masuk ke Universitas Riau. Tetapi nasib berkata lain, aku dinyatakan tidak lulus.

Sedih, bisa jadi itu merupakan perihal yang normal dialami orang wajar apabila mengalami suatu kegagalan. Tetapi tidak membuat tekat aku terhenti, sekali tekat itu tertanam hingga wajib terdapat realisasi bagaikan perwujudan suatu kesuksesan.

Berikutnya aku kembali berupaya peruntungan dengan mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tertulis serta nyatanya masih mengikutsertakan registrasi beasiswa bidikmisi.

Aku dinyatakan lulus seleksi masuk perguruan tinggi yang merupakan kesuksesan awal aku dalam mewujudkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi. Perjuangan tidak sampai disini saja, Aku dihadapkan pada kondisi dimana aku wajib melaksanakan registrasi ulang dengan bayaran yang lumayan besar.

Sedangkan orangtua saya tergolong ekonomi rendah, aku merasa sangat terbebani dengan bayaran tersebut sebaliknya pengumuman kelulusan beasiswa bidikmisi belum diterbitkan dikala itu. Kembali semangat ku diuji, aku nyaris putus asa mengalami perihal itu sampai pada akhirnya aku putuskan buat menunda registrasi ulang tersebut sembari mencari duit buat registrasi.


Baca juga: Contoh Surat Tugas


Contoh Essay Pendidikan

Contoh-Essay-Pendidikan

Pendidikan mempunyai peranan berarti untuk membawa kesuksesan seorang. Pendidikan memang memberikan peluang seorang untuk dapat jadi lebih produktif di warga dengan bermacam skill yang telah didapatkan. Kita belajar hendak sesuatu permasalah serta metode menanggulangi permasalahan.

Kita belajar gimana jadi diri kita serta mengaplikasikannya pada budaya kita. Pendidikan mengajari orang hendak norma, ketentuan, peraturan serta nilai– nilai dalam warga.

Tidak hanya itu, pendidikan yang bermutu hendak membawakan kita mengarah kehidupan yang lebih sukses, tingkatkan kecerdasan, pengetahuan, skill serta membagikan merubah kehidupan jadi lebih positif.

Pendidikan merupakan pondasi buat masa depan kita. Seorang yang tidak menempuh pendidikan hendak menghadapi bermacam permasalahan buat menanggulangi aspek kehidupan. Dengan terdapatnya pendidikan, pemikiran kita hendak terus menjadi luas.

Pendidikan mengarahkan kita buat jadi individu yang lebih disiplin. Tidak hanya itu, pendidikan memberikan peluang besar buat kita memperoleh suatu yang lebih positif. Lebih hebatnya lagi, dengan pendidikan kita hendak mengenali dunia lebih luas lagi. Lagipula, pendidikan ialah ketentuan absolut buat bangsa yang lebih maju.

Dikala ini pendidikan lebih terbuka serta liberal. Perihal ini ialah fakta hendak pergantian warga dikala ini. Pendidikan merupakan alibi dasar seorang buat mengarahkan suatu. Alasannya, pembelajaran bersumber pada kemanusian, kebebasan, hak asasi, kesetaraan serta demokrasi.

Namun, pembelajaran wajib sejalan dengan kebutuhan warga serta jadi gambaran hendak masa depan. Warga industri saat ini membuka banyak peluang kerja untuk yang mempunyai keahlian serta pengetahuan yang spesial.

Jadi, pendidikan memanglah sangat berarti buat menanggulangi permasalahan sosial. Dengan begitu, kemiskinan pula dapat menurun. Namun kita wajib ingat kalau pendidikan keahlian pula wajib ditingkatkan sehingga seluruh orang mempunyai peluang yang sama untuk memperoleh karir serta kesejahteraan hidup yang mereka inginkan.


Baca juga: Contoh Notulen Rapat


Contoh Essay Motivasi

Contoh-Essay-Motivasi

Aku mempunyai banyak impian yang mau aku capai. Salah satunya merupakan dengan berkarya di bidang yang dinamis, penuh tantangan, diisi oleh orang- orang yang cakap, dan menaruh banyak kesempatan- kesempatan baru yang menunggu untuk dibuka. Aku pikir cara supaya aku dapat memperoleh perihal tersebut merupakan lewat pendidikan.

tuntutlah ilmu sampai ke negeri china ucap pepatah populer yang menginspirasi manusia untuk jangan sampai menyerah dalam mencari ilmu. Ilmu merupakan senjata manusia buat dapat mengganti kondisi dirinya ataupun orang- orang disekitarnya.

Tanpa pembelajaran yang mencukupi, seorang hendak susah bangkit dari keadaan sulitnya, serta kesimpulannya menemui kebuntuan.

Aku pikir pembelajaran yang aku miliki dikala ini belum lumayan buat dapat bawa aku ke tempat yang mau aku tuju. Buat dapat mencapainya aku wajib menaikkan pendidikan aku dengan ilmu yang mencukupi, dan mempunyai kesempatan yang bagus kedepannya.

Untuk seperti itu aku memilah program Magister Manajemen Pemasaran di Universitas Indonesia ini bagaikan pembelajaran aku berikutnya.

Pemasaran, bidang yang dinamis serta penuh tantangan dan ialah ujung tombak dari suatu organisasi bisnis, menarik atensi aku buat dapat menggali lebih dalam lagi menimpa bidang ini.

Ditambah lagi dengan pertumbuhan teknologi yang terus menjadi mutahir yang membuat sesuatu organisasi memasarkan produknya dengan cara yang lebih menarik serta efektif pula menarik atensi aku.

Reputasi MMUI yang kredibel di Indonesia serta sistem pendidikannya yang terbukti dengan baik membuat aku menguatkan hati memilah program ini buat melanjutkan pendidikan aku.

Tidak hanya itu banyaknya alumni dan dosen yang berkompeten pula memotivasi aku buat dapat menaikkan kedekatan, supaya nantinya dapat menolong aku membuka banyak kesempatan baru buat bekerja sama. Lokasinya yang lumayan dekat pula jadi pertimbangan aku buat mengambil program pascasarjana di Universitas Indonesia.

Pada kesimpulannya, aku berharap tidak hanya menaikkan ilmu dan mempunyai kedekatan serta peluang yang luas, dengan menjajaki program ini aku pula dapat membuat orang- orang terdekat aku bangga.


Baca juga: Contoh Surat Resmi


Contoh Essay Bahasa Inggris

Contoh-Essay-Bahasa-Inggris

Today’s progress makes internet access easier, whether through smartphones, laptops or computers. No wonder there are many young people who spend more time playing the internet. Actually, is the internet good or bad for young people?One of the advantages of the internet is that it is now easier and faster to find resources for school and home work. This also makes young people get more knowledge that cannot be obtained at school.

Another benefit of the internet is that it can learn other foreign languages ​​easily. The reason is, we can chat and chat with various people in this part of the world. The internet is also the best way to connect with family or friends far away.

Unfortunately, the internet also has a bad impact. One of them is that young people are now becoming more addicted to playing the internet.

This made them lose much of their youth. Of course, this will greatly affect school work to their social life. Even most young people who are addicted to the internet rarely spend time with family because they are busy at the computer.

It can be concluded that the internet for the current generation may have benefits, but also seen the negative impact it provides. Personally, the internet is the best creation and accessing the internet is able to avoid danger. However, as a young child also must limit the use of the internet so as not to overdo it.


Baca juga: Contoh Slogan


Contoh Essay Ilmiah

Contoh-Essay-Ilmiah

Pemimpin merupakan titik utama dimana tanpa adanya kepemimpinan suatu organisasi tidak akan berjalan sesuai dengan harapan. Tanpa kepemimpinan serta leadership yang dapat diandalkan, bukan tidak mungkin akan menjadi suatu organisasi akan berhenti ketika cuma ada sebab permasalahan yang terbilang“ sepele”.

Kepemimpinan yang ada dalam organisasi pada umumnya terstruktur, di dalam organisasi ataupun bagian bawahan dari bermacam jabatan yang terdapat.

Titik utama kepemimpinan yang membawahi bawahan dalam struktur kepemimpinan menampilkan kalau jabatan prestisius tersebut sangat diperlukan serta mempunyai kekuatan buat menggerakkan segala elemen dalam berorganisasi.

Saking utamanya, antara gaya leadership antara satu pemimpin dengan satu pemimpin yang lain hendak dapat memberi pengaruh visi ataupun misi ke depan suatu organisasi. Gaya kepemimpinan sangatlah bermacam- macam macamnya.

Tetapi umumnya gaya kepemimpinan ini tergantung pada karakter seorang serta metode mendidik seorang yang mempengaruhi pada gaya kepemimpinan orang tersebut.

Orang yang terbiasa terdidik secara moderat, gaya kepemimpinannya cenderung moderat serta demokratis. Sehingga gampang berdialog dengan siapa saja serta memiliki kecenderungan terbuka.

Berbeda dengan orang–orang yang terdidik hukum ataupun militer, hingga yang timbul dalam kepemimpinannya umumnya kesannya kaku tetapi tegas dalam mengambil tiap kebijakan. Beda lagi bila ia dibesarkan di golongan businessman. Aspek perhitungan serta kalkulasi terkadang jadi kelebihan tertentu. Sebagian politisi di Korea Selatan malah lahir dari golongan ini.

Masing–masing mempunyai kelebihan serta kekurangan dalam mengetuai dalam suatu organisasi. Masing–masing pula tergantung pada bawahan, apakah siap ataupun tidak dengan gaya kepemimpinan orang yang pastinya belum pasti sama gayanya.

Tetapi, dari bermacam kepemimpinan tersebut dapat memberi pengaruh serta dapat diintegrasikan cocok suasana ataupun keadaan yang terdapat dalam organisasi tersebut. Sebab pada hakikatnya kebergantungan tersebut dapat merekatkan antara pimpinan serta bawahan dalam menanggulangi kekurangan pada diri masing-masing.


♦ essay ilmiah terkait organisasi

Demikianlah pembahasan mengenai contoh essay dari berbagai macam-macam jenisnya dari Cryptowi, dan cara menulis. Semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu segala keperluan Anda terkait bahasan kali ini.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Surat Resmi

Danar
4 min read

Pengertian Kinerja

Danar
3 min read

Pengertian Jasa

Danar
3 min read

Struktur Cerpen

Danar
5 min read

Pengertian Ilmu

Danar
2 min read

Pengertian Analisis

Danar
3 min read

2 Replies to “Contoh Essay”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *