Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Cerpen

9 min read

Mendengar istilah cerpen tentu semua orang akan terlintas dengan cerita yang sangat manarik untuk dibaca.

Cerpen atau cerita pendek ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu selain bahasanya yang sederhana dan mudah dipahami, cerpenpun memiliki latarbelakang yang cenderung padat dan langsung pada tujuan pokok cerita.

Berikut ini ada beberapa contoh cerpen yang menarik untuk dibaca selagi dalam keadaan senggang atau sekedar untuk mengisi waktu luang Anda.

Sebelum masuk ke teks contoh cerpen lebih baiknya untuk Anda pahami dahulu tentang struktur cerpen, sebagai berikut.

Struktur Cerpen

Struktur-Cerpen

Didalam kandungan cerita pendek setidaknya terdapat 6 (enam) struktur, diantara lain yaitu:

♦   Abstrak: Bagian awal yang menjelaskan tentang gambaran tentang cerpen itu sendiri.

♦   Orientasi: Bagian yang menerangkan tentang suasana cerita, waktu dan tempat.

♦   Komplikasi: Bagian yang menjelaskan bagaimana urutan kejadian cerita itu sendiri, baik berupa sebab ataupun akibat. Dan pada umumnya juga bagian ini menerangkan tentang watak dan karakter tokoh.

♦   Evaluasi: Bagian yang menerangkan tentang titik terang cerita itu sendiri atau penyelesaian dari masalah pada cerpen.

♦   Resolusi: Terdapat bagian yang menerangkan tentang solusi terhadap masalah yang sedang dialami pada cerpen.

♦   Koda: Bagian yang dapat diambil dari cerita pendek, baik berupa nilai atau pelajarannya.

Itulah setidaknya struktur didalam cerita pendek yang seharusnya ada.

Setelah dapat memahami struktur diatas, maka dibawah ini ada contoh cerpen yang sering dicari dan diminati oleh kebanyakan orang.

Contoh Cerpen Persahabatan

Contoh-Cerpen-Persahabatan

Berikut ini ada kisah cerita pendek dengan tema persahabatan, selamat membaca dan semoga terhibur.

Nama saya dafi. saya merupakan seseorang anak kilang minyak yang kaya raya, hidup ku elegan, apa saja yang ku ingin tentu bisa, tetapi kalo permasalahan sahabat ataupun teman saya gak bisa, sebab apa? saya tidak memiliki sahabat ataupun teman di sisiku, karena saya orang nya pendiam dan jutek.

Waktu itu saya sekolah di suatu Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) swasta. Waktu mos saya bisa punya sahabat tetapi cuman sebentar karena saya pendiam, sulit buat berteman. Setelah 2 jam sehabis mos saya juga menemukan kelas baru bersama anak- anak lainnya.

Waktu itu terdapat orang mendekati saya, namanya alif ia anak kurang sanggup tetapi ia banyak teman waktu MOS. Alif mendekati saya sebab ia kasihan sama saya tidak memiliki sahabat.

Alif saat itu mendekati saya dengan membagikan saya santapan. Saya juga saat itu pertama-tama sombong tetapi karena ia memaksa akhiranyapun saya menerima santapan dari nya, saya juga mulai bergaul dengan nya.

Keesokan nya saya diajak kerumah nya, Alif adalah anak yatim bapak nya wafat karena terkena sakit stroke. Pada waktu itu ingin membawa kerumah sakit tetapi karena terkendala tidak memiliki duit buat ke rumah sakit maka bapak nya dirawat dirumah.

Selang seminggu setelah itu penyakit bapak nya kambuh lagi serta penyakit nya kian parah. Dan pada akhirnyapun bapak alif terpanggil oleh yang maha kuasa. Alif pun masih juga tidak yakin bapak nya pergi untuk selamanya.

Seminggu sehabis bapak nya wafat ia juga mengambil alih posisi bapak nya bagaikan kepala keluarga serta tulang punggung untuk keluarga nya. ia memiliki adik wanita nama nya aisyah kelas 2 SD.

Aisyah juga menolong bunda nya buat berjualan gorengan itu juga kadangkala laris manis kadangkala tidak.

Sedangkan alif setelah pulang sekolah ia juga berangkat ke pasar untuk mencari nafkah keluarga nya dirumah.

Tiap hari ia jadi kuli panggul, saya juga menangis memandang keadaan rumah nya yang atap-atap nya telah bolong, cat bilik rumah telah kumal.

Pekerjaan bunda nya yang menjadi cuci, tiap hari ia mendapatkan order baju dari orang sebelah nya.

Dalam satu hari pemasukan mencuci baju dari bunda nya cuma tidak seberapa cuma 10 ribu hingga 40 ribu rupiah.

Kadangkala itu dapat buat buat makan saja, Alif juga tidak sempat memohon apa- apa dari bunda nya. buat duit sekolah, saku, dll alif dapatkan duit nya hasil dari kuli panggul nya di pasar.

Sebenarnya saya ingin menolong nya namun ia menolak dengan halus, karena segan saja sama saya.

Pada suatu hari saya juga kerumah nya untuk menolong nya bekerja dipasar, saat itu ia menolak buat bekerja dengan nya, tetapi saya ngotot buat bekerja dengan nya, akhir nya ia juga menerima pula.

Dari sekitar jam 8 pagi hingga jam 5 sore saya membantu nya,  awalnya berat mengangkut beban yang ku membawa sebab menjajaki bagaikan kuli panggul, tetapi ku coba untuk membantu alif.

Pada akhirnya saya dapat mengangkut beberapa barang yang memiliki pelanggan alif, dan akhirnya kami berdua menemukan kan duit 60 ribu rupiah.

Alif sebenarnya memberiku duit tetapi saya tolak

“ fi ini buat mu sebab kamu udah nolong saya”

saya juga menanggapi“ gak harus lah kan itu kan buat mu”

Saya udah ada duit ku sendiri, itu buat mu aja kan kalian perlu duit buat sekolah” akhir nya ia menaruh duit nya dalam saku.

Jam 5. 30 sore kami berdua kembali kerumah alif, duit tersebut di bagikan buat bunda nya buat beli beras serta lauk pauk.

Besoknya hari senin pagi saya pun berangkat ke sekolah, saya menjemput nya dirumah dengan bawa mobil.

“ lif mari lah naik ke mobil saya kita berangkat bersama”

alif menanggapi“ tidak ah fi, lebih baik aku berjalan kaki saja”

Kemudian saya menyaut “  Jangan lah lif, nanti malah kesiangan loh kerena saat ini sudah jam 7.”

“ ya udah deh saya turut sama kalian” kata alif“

Nah gitu dong kita berangkat kembali bersama sebab saat ini saya memiliki sahabat spesial seperti kamu.

Kami juga menangis senang seakan- akan ini suatu mukjizat, Kami juga peluk hangat sebab senang jadi teman.

–Susah dan bahagia kami lakukan bersama sama–


Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi


Contoh Cerpen Terbaik

Contoh-Cerpen-Terbaik

Berikut ini ada kisah cerita pendek dengan kategori terbaik, selamat membaca dan semoga terhibur.

“ Bu, hari ini dagangan Ayah cuma sedikit yang laku. Cuma segini yang dapat Ayah bagikan pada Bunda.” Sembari membagikan duit kepada istrinya buat kebutuhan rumah tangga.“ Iya Yah. Nda papa yang penting Ayah telah berupaya, masalah hasil rejeki serahin semunya kepada Tuhan.”

Keesokan harinya, pak Reno mulai berangkat bekerja dengan seperti biasa membawa barang dagangannya ke pasar. Di dalam perjalanan dia berjumpa dengan nenek tua yang kebimbangan di jalan.

“ Ada yang bisa saya bantu nek?” Tanya pak Reno mendatangi nenek tua tersebut.

“ Nak, bolehkah aku meminta duit? Aku mau pulang ke rumah tetapi tidak ada ongkos.” Pinta nenek lirih kepada Pak Reno.

“ Uangku pula mepet, dagangan dari kemarin gak laku, buat makan saja kadangkala masih kurang, ah tetapi gak papa. Kata pak ustad sedekah dapat melancarkan rejeki, bismillah saja.” Gumamnya dalam hati.

“ Baiklah, Nek, ini ada sedikit duit segini buat naik bus nenek hingga tujuan ya. Supaya aku antar hingga halte.” Ucapnya sembari mengantar nenek tersebut mengarah halte.

“ Terima kasih nak, mudah- mudahan rejekimu senantiasa dipermudah.”

“ Aamiin, Nek”.

Sehabis mengantar nenek tersebut, Pak Reno kembali ke pasar buat menjual dagangannya. Sesampainya di pasar, terdapat seseorang pembeli yang memborong dagangannya hingga habis.

“ Alhamdulillah rejeki memanglah tidak ke mana. Memanglah sedekah dapat melancarkan rejeki.” Gumam Pak Reno bersyukur.

Demikanlah ringkasan cerita pendek terbaik yang dapat diambil pelajarannya, bahwasannya bersedekah dapat membuka pintu rejeki. 

Contoh Cerpen Pendidikan

Contoh-Cerpen-Pendidikan

Berikut ini ada kisah cerita pendek dengan tema pendidikan yang kami dapatkan dari inews, selamat membaca dan semoga terhibur.

Kejujuran itu memanglah susah dilakukan, akan tetapi dibalik kejujuran terdapat kebahagiaan yang indah sekali. Sama halnya dengan ceritaku kali ini, ketika dahulu kala saya masih SD belum paham apa itu tentang kejujuran.

Sehingga pilihan buat berbohong serta jujur itu masih banyak yang terjadi saat mengalami tes Nasional di SD.

Dikala saat itu tes sedang berlangsung bisa jadi banyak temanku yang mencontek sampai pada akhirnya temanku berdialog padaku“ Sil kalian ingin nyontek gak? Saya membawa contekan nih” ucap temanku dengan membagikan suatu kertas berbentuk contekan.“ Boleh pula” ucapku dengan menerima kertas tersebut.

Dahulu saat tes itu saya tidak begitu mengetahui tentang mukjizat dari suatu kejujuran.

Aktivitas menyontek cuma kulakukan pada satu pelajaran, yaitu matematika yang tidak begitu kupahami materinya.

Sampai akhirnya pengumuman kelulusan juga datang, diriku serta sahabat begitu tegang dikala menunggu hasil tes. Dan waktu itu Kepala Sekolah berkata kalau seluruh siswa lulus kami seluruh sangat bahagia, saat ini cuma menunggu nilai hasil tes di Ijazah keluar.

Sehabis satu bulan lamanya Ijazah kuterima dikala itu saya telah duduk di bangku SMP. Nyatanya nilai Matematikaku kurang baik, diriku cuma menemukan nilai 4, 0 sebaliknya nilai yang lain besar.

Dikala itu ku merenung, bernostalgia dikala saya tes ku baru ingat dahulu ku mencontek saat tes mata pelajaran Matematika setelah itu hasil dari sikap mencontek merupakan menemukan nilai kurang baik serta mata pelajaran yang lain yang saya kerjakan dengan kemampuanku mencapai hasil yang baik.

Perihal itu kuterapkan dikala tes di SMP. Saat diriku niatkan buat jujur dalam mengerjakan tes Nasional kali ini karena saya tidak ingin mengulangi perbuatanku dahulu kala di SD.

Kali ini modul yang sudah kupelajari serta yang dianjurkan guruku di kelas seluruhnya keluar. Tanganku menuliskan jawaban di LJK dengan tenang tanpa sesuatu keraguan. Sampai akhirnya penerapan tes juga berakhir, saat ini cuma tinggal menunggu hasilnya.

Kurang lebih satu minggu pengumuman datang,  Kepala Sekolah membacakan hasil Tes Nasional dan siswa yang mencapai nilai paling tinggi berjumlah 5 siswa saja yang mendapatkannya, seluruh siswa tegang menunggu hasilnya.

Setelah itu Kepala Sekolah membacakan satu per satu para siswa yang mencapai peringkat 5 besar paralel sampai pas pembacaan siswa yang mencapai peringkat awal.

“ Siswa yang mencapai peringkat awal adalah…” ucap kepala sekolah, seluruh siswa begitu tegang menunggu kelanjutan perkataan dari Kepala Sekolah.“ Ananda Sila Ardila” Diiringi senang serta haru atas kerja kerasku belajar sepanjang ini tidak percuma.

Setelah itu seluruh sahabat berikan selamat padaku, kemudian Kepala Sekolah berkata padaku kalau peraih peringkat awal hendak menemukan beasiswa sekolah di kota.

Diriku begitu bahagia mencermatinya. Anggapanku tentang kejujuran itu memanglah benar“ jika jujur itu bawa senang walaupun awal mulanya itu susah”

Cerpen Karangan: Durotun Nur Laili


Baca juga: Contoh Surat Tugas


Contoh Cerpen Anak Sekolah

Contoh-Cerpen-Anak-Sekolah

Berikut ini ada kisah cerita pendek dengan tema anak sekolah, selamat membaca dan semoga terhibur.

Rendy duduk termenung di meja belajarnya, Jam pulang sekolah menunjuk angka 4. Petang ini, Dia bernazar hendak belajar semaksimal karena esok hendak diadakan UTS ataupun tes tengah semester hendak dilaksanakan serentak di segala SMA di DKI Jakarta.

Rendy nampak bimbang ingin mulai belajar darimana. Langsung saja dia membuka tas serta dan ternyata terdapat soal ulangan tahun kemarin yang barusaja dia fotokopi tadi siang dari kawan nya.“

Cukup lah buat latihan” katanya dalam hati. Tanpa basa- basi Rendy mengambil pulpenya serta mengisi soal itu.

Terdapat sebagian soal yang telah dia kuasai semacam teori/ hipotesis masuknya agama Hindu ke Indonesia. Hipostesis Waisya yang melaporkan kalau agama Hindu dibawa oleh para orang dagang dari tempat asal mereka ialah dari India.

Semacam soal nomer 28: Aliran Budha memiliki makna“ kendaraan besar” yang artinya… serta banyak lagi yang belum terjawab. terhitung lebih dari 20 soal yang masih belum terjawab.“ ah ini mah soalnya mudah tetapi jawabanya sulit” dia cekikikan dengan iktikad menghibur diri.

“ latihan soal aja udah sulit ini terlebih UTS beneran” bisiknya dalam hati. Diibaratkan menaiki anak tangga, terus menjadi ke atas terus menjadi berat. Semacam soal yang dialami Rendy, bila tidak dituntaskan, sama saja kalah saat sebelum bertarung.

Seluruh modul nyatanya terdapat di text book. Text book yang tebalnya“ ZZZ” dibuka pula. dari sana ia mulai membaca sejarah kerajaan di nusantara.

Pada kesimpulannya Rendy bisa menanggapi soal- soal tersebut dengan mudah jaya. Sama semacam cerita ini yang mudah jaya serta adem ayem tanpa konflik antar tokoh.

Tidak terdapat hasrat sedikitpun dari penulis buat membuat cerita ini jadi menarik. Sebab pada kesimpulannya pembaca telah memahami satu babak berarti yang mempengaruhi pada sejarah indonesia. Tamat


Baca juga: Contoh Surat Resmi


Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

Contoh-Cerpen-Beserta-Strukturnya

Berikut ini ada kisah cerita pendek dengan kategori terbaik beserta strukturnya, selamat membaca dan semoga terhibur.

-SANG PENYEMANGAT-

Suhu malam sangat dingin untuk dirasakan, kulitku sendiri yang dapat tahu, serta ia mulai membisikannya ke segala bagian tubuhku. Udaranya sangat tidak aman, bisa jadi tidur merupakan salah satunya jalur tetapi saya tidak memiliki sandaran, apalagi rasa kantuk juga saya tidak memiliki.

Disela- sela lamunanku saya terpikir dengan peristiwa sore tadi yang terus terbesit dalam pikiranku.

Sore itu pas di hadapanku duduk seseorang perempuan yang sepanjang 2 tahun ini kuanggap bagaikan bidadari dalam hidupku, kepalanya tertunduk diiringi linangan air mata yang membasahi wajah teduhnya, ia menyodorkan secarik pesan.

Serta langsung bangkit, dia pernah memelukku sejenak dalam situasiku yang belum betul- betul paham apa iktikad dari pemberian pesan ini.

Iya…

Nama perempuan tersebut merupakan nur zahra, biasa saya memanggilnya dengan zahra.

Wujud perempuan yang sudah mengisi penuh hatiku ini, serta pada hari ini pas di hari serta tempat ini jadi saksi bisu cerita cinta serta perjuangan seseorang lelaki demi menciptakan tempat sandaran yang dapat buatnya aman serta senang apabila terletak di sisinya.

Ikatan kami sudah merambah tahun kedua pas hari ini, tetapi saya belum betul- betul paham dengan peristiwa sore tadi.

Tanganku masih terus memegangi pesan pemberian zahra yang masih belum berani saya membacanya. Kesimpulannya saya terlelap dalam tidurku dengan banyaknya persoalan tentang zahra.

Mentari pagi terbit dari ufuk timur serta menembus jendela kamar tidurku. Tidak seperti biasanya cuma terdapat satu pemberitahuan di handphonku serta itu dari temanku yang mengingatkanku buat mengisi absensinya, biasa penyakit mahasiswa.

Umumnya zahra senantiasa meneleponku pagi- pagi sekali cuma buat mengingatkanku buat makan pagi, dengan kata- katanya yang telah kuhafal.“ selamat pagi haikal sayang jangan kurang ingat makan pagi serta jangan sampai telat ke kampus ya” tetapi hari ini tidak terdapat perkataan penyemangat bagiku di pagi ini.

Kulirik jam bilik di kamarku yang sudah menampilkan jam 8 yang tandanya sejam lagi saya wajib telah di kampus. Saya tidak mau mendengar ocehan diiringi ceramahnya pak yasir yang ialah dosen terkiler di kampusku.

Sehabis jam kuliahku berakhir, saya langsung bergegas mengarah ke rumahnya zahra. Jarak dari kampusku ke rumah zahra bisa di tempuh dalam waktu 15 menit dengan kecepatan wajar, dalam ekspedisi pikiranku senantiasa terjalin dengan kekasihku zahra, setibanya ku di rumah zahra, kondisi rumahnya hening tidak nampak mobil kepunyaan bapak zahra yang biasa terparkir di taman rumah, tetapi bisa jadi bapak zahra lagi tidak di rumah.

Kucoba ucapkan salam hingga 3 kali tetapi tidak terdapat satu orang juga yang keluar dari rumahnya, tetapi cuma terdapat tetangganya yang keluar serta menghampiriku kemudian berkata“ maaf mas, keluarga pak muzammil telah pindah semenjak kemarin”

Mendadak hati ini bagai terserang sambaran petir, kaget bercampur dengan kesedihan, dikala seperti itu terbesit di ingatanku dengan pesan pemberian dari zahra kemarin sore.

Kuucapkan terimakasih kepada orang tersebut serta langsung pulang ke rumahku. Dalam ekspedisi kembali air mataku mulai menetes saya tidak dapat menempuh kehidupan ini tanpa hadirnya zahra di sampingku,“ kemana zahra si penyemangat hidupku ini” ucapku lirih.

Langkahku cepat menelusuri rumah, adikku yang lagi duduk di ruang keluarga nampak heran memandang kelakuan si kakak yang nampak risau serta tergesa- gesa mengarah kamarnya,

Kugapai pesan pemberian zahra yang tadi malam kuletakkan di atas tumpukan buku- buku bacaanku.

Tanganku ragu buat membukanya, tetapi seluruh jawaban dari peristiwa menghilangnya jejak zahra terdapat di dalamnya. Kucoba kuatkan hatiku buat membaca pesan pemberian zahra.

Dear haikal

Aku sayang kamu, bahkan sangat menyayangimu, aku tidak mampu buat mengatakannya padamu, serta satu perihal yang wajib kamu tau tanganku berat kala wajib menulis tiap kata di pesan ini, sangat banyak air mata di tiap katanya.

Haikal saya wajib turut dengan keluargaku yang pindah ke jerman.

Jaga dirimu baik- baik, jangan malas berangkat ke kampus ya.

Salam cinta

Zahra Si penyemangat

Cerpen Karangan: Rachmad Maulana

Struktur Cerpen Sang Penyemangat

Abstrak: Diceritakan sebuah kisah ada seorang pasang kekasih yang sebelumnya menjalin hubungan dengan penuh kasih sayang dan saling menyemangati, kurang lebih dua tahun. Setelah itu karena keluarga dari perempuan pindah ke negera lain sehingga pasangan kekasih ini pisah.

Orientasi: Mengharukan, sedih, dirumah haikal, di kampus, waktu malam, pagi hari dan sore.

Komplikasi: kejadian pada awalmula saling penuh kasih sayang dan seorang wanita ini selalu memberikan semangat kepada si pria.

Evaluasi: Dan pada akhirnya si wanita ini pindah tempat ke negara lain, sehingga mereka berdua pisah hubungan.

Resolusi: Menerima dengan segala hal resiko terkait dengan tempat tinggal dengan pisah hubungan.

Koda: Sabar, Penuh kasih sayang, saling memberi semangat.

Demikianlah pembahasan dari berbagai contoh cerpen baik dari cerita pendek persahabatan, terbaik, pendidikan, sekolah hingga contoh cerpen beserta strukturnya.

Semoga dengan adanya contoh dari Cryptowi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu segala keperluan Anda.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Observasi

Danar
3 min read

Pengertian Implementasi

Danar
3 min read

Pengertian Komunikasi

Danar
3 min read

Pengertian Pendidikan

Danar
2 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

4 Replies to “Contoh Cerpen”

  1. Kalau saran dari saya di cerpen nya dikasih bagian mana yg termasuk Abstrak, Orientasi, Komplikasi, dll. Tapi terimakasih kak ini cukup membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *