Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Menggunakan TikTok untuk Mempromosikan Website

3 min read

TikTok merupakan aplikasi social media yang saat ini tengah digandrungi. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna terbanyak di dunia. Kesempatan ini, ternyata bisa dimanfaatkan oleh pemilik website dengan hosting web murah, maupun tipe paket hosting lainnya.

Saat ini, TikTok bisa kita manfaatkan untuk promosi bisnis, maupun website. Terutama untuk Anda yang sudah beli hosting. Ingin tahu caranya? Berikut telah kami rangkum semuanya untuk Anda:

Tips Menggunakan TikTok untuk Mempromosikan Website Anda

Tips-Menggunakan-TikTok-untuk-Mempromosikan-Website-Anda

1. Sering Membuat Konten

Aktif membuat konten adalah syarat utama yang harus Anda lakukan. Karena, semakin banyak konten yang Anda buat, semakin besar penghargaan yang TikTok berikan. Buatlah konten video yang menarik, sesuai dengan topik yang Anda sukai.

Buatlah minimal 2 konten per hari. Agar konten yang dibuat semakin berkualitas, buatlah editorial content plan secara rinci.

2. Manfaatkan Hashtag yang Relevan

Perlu Anda ketahui, kepopuleran video di TikTok sangat bergantung pada hashtag yang digunakan. Nantinya, pada menu Discover, video pada aplikasi tersebut akan diurutkan sesuai dengan tagar paling trending. Artinya, hashtag akan membantu Anda untuk memperluas jangkauan audiens konten.

Semakin luas penyebaran video Anda di TikTok, tentu akan semakin bagus untuk konten Anda. Begitu juga untuk promosi yang sedang Anda lakukan. Akan tetapi, Anda harus selektif dalam memilih hashtag. Usahakan untuk tidak memilih tagar yang terlalu umum dan populer.

Penggunaan tagar yang populer, akan membuat konten terkubur. Jadi, pilihlah tagar yang spesifik. Sesuaikan dengan tema bisnis atau website Anda. Selain itu, jangan  terlalu banyak menggunakan tagar seperti di IG. Jangan lupa juga untuk menggunakan tagar #fyp agar konten muncul di halaman depan users.

3. Terus Mengikuti Trend di TikTok

Anda tidak akan bisa membuat konten yang menarik di TikTok tanpa mengikuti trend yang berkembang. Terus pantau jenis-jenis konten apa yang paling disukai oleh pengguna. Namun, tetap sesuaikan temanya dengan hashtag, atau website Anda.

Dengan terus mendapatkan update trend dan perubahannya, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat konten yang disukai. Maka dari itu, luangkanlah waktu Anda untuk melihat-lihat konten yang sedang tren dan berkaitan dengan website Anda.

Jika Anda berjiwa kreatif, Anda juga bisa membuat trend baru yang unik dan khas. Silahkan sesuaikan trend dengan brand atau website Anda. Konten yang unik dan menarik, akan membuat pengguna tertarik untuk mengunjungi website Anda.

4. Berinteraksi dengan Sesama Pengguna

Jangan ragu untuk berkomentar di konten milik orang lain. Pasalnya, aktivitas dan kehadiran Anda di aplikasi tersebut, akan membantu akun TikTok Anda tetap hidup dan mudah dicari oleh para pengguna. Hal tersebut karena, TikTok sudah mendukung fitur bernama frequent user engagement.

Artinya, jika Anda sering berinteraksi, maka semakin bagus untuk citra dan akun Anda. Berkomentar adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Pengertian Internet

Anda juga bisa membangun sebuah percakapan pada kolom komentar dengan audiens. Terlebih jika audiens tersebut berpotensi untuk menjadi seorang customer. Namun, jangan buat percakapan yang monoton. Buatlah postingan komentar yang matang agar percakapan bermakna dan menarik.

Selain itu, Anda juga bisa berkomentar pada konsumen yang membahas produk Anda di TikTok. Buatlah komentar dengan tulus, dan usahakan jangan komentar yang bersifat promosi atau berjualan.

5. Kolaborasi dengan Para Influencer

Setelah Anda beli hosting dan domain murah, dan membuat website, bangunlah akun TikTok Anda agar banyak audiens yang suka. Salah satu caranya yaitu, dengan mengajak para influencer TikTok untuk berkolaborasi.

Silahkan bangun hubungan yang baik dengan mereka. Carilah influencer yang sudah memiliki audiens banyak, dan sesuai dengan target pemasaran Anda. Dengan begitu, audiens mereka, akan berpotensi menjadi customer Anda.

Cara mencari dan memilih influencer yang tepat tidaklah sulit. Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan produk/layanan, atau website Anda. Misalnya, mencari influencer yang sering membahas konten skincare, jika website Anda membahas seputar produk skincare.

Selain itu, silahkan Anda analisa juga audiens dari influencer yang akan Anda ajak kerjasama. Pastikan audiens mereka cocok dengan brand atau produk/layanan Anda.

Akan lebih baiknya lagi jika Anda memilih influencer yang memang suka dengan website atau produk Anda. Hal ini akan menjadi nilai tambah. Selain itu, biarkan influencer yang Anda ajak kerjasama mengemas kontennya sesuai dengan selera audiens mereka sendiri, ya.

6. Manfaatkan Efek Video yang Tersedia

TikTok adalah aplikasi yang menyediakan banyak sekali efek video yang menarik. Dengan jutaan efek yang tersedia, seluruh user-nya bisa menampilkan konten yang lebih baik dan menarik. Namun, untuk menggunakannya Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mengklik tab Effects pada aplikasi. Ada banyak sekali kategori efek yang bisa Anda gunakan. Pilihlah efek yang  sedang trend seperti beauty, editing, animal, world, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Cara Cepat Belajar IT

Selain itu, aplikasi TikTok juga menyediakan efek green screen. Efek ini sangat populer dan biasa digunakan untuk membuat konten-konten yang viral. Efek TikTok memungkinkan Anda untuk membuat tren baru yang akan mudah diikuti.

Efek ini semata-mata untuk meningkatkan kualitas video agar lebih menarik. Semakin menarik konten Anda, semakin banyak audiens yang suka. Artinya, promosi Anda sukses dilihat oleh para pengguna TikTok di Indonesia.

7. Buat Deskripsi yang Jelas Pada Video

Selain membuat video yang menarik, Anda pun harus membuat deskripsi untuk videonya juga. Karena, TikTok mirip-mirip Instagram di mana postingannya menyediakan fitur deskripsi di dalamnya.

Durasi video TikTok maksimal 1 menit. Dalam durasi yang terbatas tersebut, Anda harus bisa menyampaikan informasi sedetail mungkin kepada audiens. Untuk melengkapi informasinya, Anda juga bisa menambahkan deskripsi.

Buatlah deskripsi yang mengulas keuntungan produk/layanan di website Anda, informasi yang ada di website Anda, dan lainnya. Selain itu, buat juga deskripsi video yang bagus dan sesuai aturan SEO.

Gunakan juga keyword yang relevan dengan konten. Buatlah kalimat yang singkat, padat, baik, dan benar. Nah, video yang Anda buat di TikTok ini, bisa juga di-upload di media sosial bisnis Anda.

8. Memanfaatkan Fitur Pengiklanan

Bagi Anda yang sudah membeli hosting murah, dan membuat website, kini, platform TikTok juga sudah menyediakan fitur periklanan. Artinya, Anda bisa memasang iklan secara resmi di TikTok untuk mempromosikan website Anda.

Ada beberapa jenis periklanan yang tersedia. Anda bisa memilih jenis iklan pre-roll, promoted hashtag challenges, in-feeds, maupun branded effects.

Pre-roll adalah jenis iklan video yang muncul pada saat user membuka aplikasi. Sementara itu, in-feeds adalah jenis iklan yang muncul di tengah feed akun user. Sedangkan bagi Anda yang ingin mempromosikan hashtag tertentu, bisa memilih promoted hashtag challenges.

Baca juga: Tips Belajar Pemrograman Dasar

Nah, untuk katergori terakhir, yaitu branded effects, adalah iklan yang menyediakan banyak filter informasi seputar brand tertentu. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang sudah memiliki hosting murah, dan membuat website, kini Anda bisa mempromosikannya di TikTok. Melalui cara-cara di atas, Anda bisa membuat website menjadi populer, dan produk/layanan Anda pun dikenal oleh banyak orang. 


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Membeli Baju Bayi

Riski M.pd
2 min read

Cara Belajar Efektif

Riski M.pd
2 min read

Tata Ruang Kantor

Riski M.pd
3 min read

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *