Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Menata Ruang Tamu

3 min read

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang wajib ada di rumah-rumah Indonesia.

Namun banyak orang yang merasa bingung menata ruangan ini untuk membuat tamu terkesan.

Cara menata ruang tamu sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun Anda perlu mengetahui ilmu dasarnya terlebih dahulu sebelum praktik langsung.

Cara Menata Ruang Tamu Sederhana

Cara-Menata-Ruang-Tamu-Sederhana

Ruang tamu sederhana pun tetap memiliki daya tarik apabila Anda menatanya dengan baik.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menata ruang tamu yang sederhana.

1. Pilih Furnitur Yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih furnitur, terutama kursi dan meja tamu.

Sesuaikan gaya furnitur dengan konsep ruang tamu dan rumah Anda secara keseluruhan.

Sebagai contoh, rumah Anda menggunakan konsep minimalis modern. Pilihlah kursi tamu yang motifnya sederhana dan warna yang tidak terlalu mencolok.

Hindari memilih furnitur ruang tamu yang memiliki banyak ukiran atau ornamen. Sebab furnitur dengan gaya seperti itu akan lebih cocok diterapkan untuk ruang tamu yang bergaya mewah dan klasik. Bukan untuk ruang tamu minimalis.

Sebelum memilih furnitur, Anda disarankan untuk mencari referensi perabotan ruang tamu di internet. Anda dapat mencari informasi perabotan yang sesuai dengan gaya rumah.

2. Beri Penerangan Yang Cukup

Selain perabot atau furnitur, Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan atau penerangan baik di siang maupun malam hari.

Sebaiknya ruang tamu memiliki bukaan sebagai jalan masuk cahaya alami matahari. Contohnya adalah jendela yang ukurannya cukup besar.

Sedangkan di malam hari Anda dapat menggunakan lampu. Pemilihan lampu perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan konsep ruang tamu, sapa seperti saat akan memilih furnitur.

Jenis lampu yang paling cocok untuk ruang tamu minimalis yaitu downlight atau lampu gantung.

Namun Anda juga perlu berhati-hati ketika memilih lampu gantung. Pilihlah yang modelnya sederhana dan tidak terlalu mencolok atau memiliki banyak ornamen.

3. Pasang Hiasan Dinding

Meskipun ruang tamu yang akan dibuat memiliki tema sederhana, jangan biarkan dinding tampak terlalu polos. Tambahkan hiasan dinding seperti lukisan atau foto keluarga sebagai ornamen yang mempercantik dinding ruang tamu.

Perhatikan ukuran foto atau hiasan, jangan memilih bingkai yang terlalu besar. Hal itu justru akan membuat ruang tamu terkesan lebih sempit.

Anda juga sebaiknya tidak meletakkan terlalu banyak hiasan dinding, pasanglah secukupnya saja.

4. Tambahkan Lemari Hias

Apakah ruang tamu Anda masih menyisakan ruang kosong? Jika ya, Anda bisa mengisinya dengan lemari hias untuk menambah ornamen di ruang tamu.

Lemari ini hanya pilihan opsional. Apabila ruang tamu sudah penuh, Anda tak perlu memaksakannya.

Sekali lagi, Anda perlu memilih lemari hias yang selaras dengan konsep ruang tamu secara keseluruhan.

Hal ini harus dilakukan agar ruangan tersebut tampak harmonis.

Cara Menata Ruang Tamu Yang Memanjang

Cara-Menata-Ruang-Tamu-Yang-Memanjang

Apabila Anda memiliki ruang tamu yang bentuknya memanjang dan sempit, cobalah untuk menerapkan cara-cara di bawah ini.

1. Hindari Barang Terlalu Banyak

Pertama, Anda sebaiknya tak perlu meletakkan barang yang terlalu banyak di ruang tamu. Pasalnya, ruangan ini bisa terasa begitu sempit dan sesak apabila Anda meletakkan terlalu banyak barang.

Tenang, Anda tetap bisa meletakkan kursi, meja, dan bahkan rak penyimpanan di ruang tamu yang sempit ini.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu ukuran dari perabotan yang Anda pilih.

Carilah perabot rumah yang ukurannya tidak terlalu besar. Pada dasarnya, tidak ada ruangan yang terlalu sempit, yang ada hanyalah ukuran barang yang terlampau besar.

2. Buat Jendela Yang Besar

Pada pembahasan di atas sudah disebutkan bahwa jendela bisa menjadi bukaan untuk pencahayaan.

Namun tahukah Anda bahwa jendela yang besar dapat menciptakan ilusi ruangan terasa lebih luas? Nah, cobalah untuk meletakkan jendela ukuran besar di salah satu sisi ruang tamu yang memanjang.

Selain tampak luas, ruangan pun menjadi lebih terang di siang hari. Bila perlu, bukalah jendela sesekali untuk membiarkan udara di dalam ruangan bisa keluar dan berganti dengan udara segar dari taman rumah Anda.

3. Pilih Sofa Tunggal Memanjang

Karena bentuk ruangan yang sempit dan memanjang, Anda sebaiknya memilih kursi atau sofa yang berukuran serupa.

Ingat, pilihlah ukuran yang tidak begitu besar supaya tetap muat di ruang tamu. Hadapkan sofa tersebut mengarah ke jendela besar.

Dengan begitu, tamu dan juga Anda dapat melihat ke arah luar.

Padukan sofa panjang tersebut dengan coffee table yang ukurannya tidak terlalu besar.

Pastikan cukup untuk meletakkan minuman dan beberapa makanan kecil. Hindari memilih meja besar supaya ruangan tak terasa sempit.

4. Gunakan Rak Gantung

Sentuhan terakhir yang dapat Anda lakukan pada ruang tamu memanjang adalah meletakkan rak gantung.

Rak tersebut dapat dipakai untuk menaruh hiasan, seperti lukisan atau pot bunga.

Alih-alih sebagai tempat penyimpanan, rak gantung ini hanya berperan sebagai pemanis supaya ruang tamu tak tampak membosankan.

Contoh Desain Ruang Tamu

Contoh-Desain-Ruang-Tamu

Apakah Anda masih bingung untuk menentukan desain atau cara menata ruang tamu yang baik? Tak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa contoh dari nordarchitecture.com yang dapat dijadikan sebagai referensi.

1. Monokrom

Monokrom

Desain ruang tamu di atas menampilkan penggunaan warna hitam dan putih di seluruh ruangan. Sebagai pemanis, terdapat warna berbeda di bagian gorden. Pemilihan sofa sudut mencegah pemborosan ruang sehingga dapat dipakai untuk menaruh perabot lainnya.

2. Hybrid

Hybrid

Punya rumah berukuran kecil tak menjadi masalah. Gambar di atas menunjukkan ruang tamu yang digabung dengan ruang kerja. Pemilihan sofa panjang sudah sangat tepat untuk mengakali ruangan yang kecil.

3. Semi Terbuka

Semi-Terbuka

Salah satu dinding ruang tamu sengaja dibuat dari kaca agar cahaya lebih banyak masuk. Disuguhi pemandangan taman, tamu pun akan betah berlama-lama di sini.

4. Sederhana Dan Hangat

Sederhana-Dan-Hangat

Perpaduan antara warna lantai, dinding, dan ditambah penggunaan lampu downlight membuat ruang tamu tampak lebih hangat.

5. Penggunaan Coffee Table

Penggunaan-Coffee-Table

Tak perlu banyak furnitur, ruang tamu pun sudah tampak manis. Kehadiran dua coffee table dengan ukuran berbeda juga semakin mempercantik tampilannya.

Cara menata ruang tamu ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Apalagi Anda sudah menyaksikan langsung inspirasi desainnya. Tunggu apa lagi, segera pilih furnitur dan tata ruang tamu Anda sekarang juga.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Membeli Baju Bayi

Riski M.pd
2 min read

Cara Belajar Efektif

Riski M.pd
2 min read

Tata Ruang Kantor

Riski M.pd
3 min read

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *