Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Menarik Konsumen Baru Lewat Upcoming Promotion

3 min read

Di zaman serba canggih seperti sekarang, pemanfaatan digital marketing begitu efektif meningkatkan angka penjualan. Para pelaku usaha memang sudah harus sadar betul mengenai penggunaan strategi marketing ini. 

Penggunaan website atau blog untuk bisnis pun bisa mulai dilakukan untuk memperbesar jangkauan konsumen. Pilih nama domain murah untuk blog yang mudah diingat agar lebih banyak konsumen yang mengenal dan menjadi pelanggan.

Tips Menarik Konsumen Baru

Tips-Menarik-Konsumen-Baru

Untuk jenis bisnis yang sudah berjalan dan memiliki konsumen tetap atau pelanggan, maka penting juga untuk membuat peningkatan. Peningkatan yang dimaksudkan di sini adalah penambahan jumlah konsumen agar angka penjualan pun juga meningkat. 

Salah satu caranya dengan menggunakan upcoming promotion. Berikut adalah beberapa cara menarik konsumen baru melalui upcoming promotion.

1. Kenali Target Konsumennya

Langkah pertama adalah mengenali dulu siapa target konsumen dari bisnis Anda. Pada saat awal memulai bisnis tentu sudah ada perencanaan target konsumen yang diinginkan. Seiring bisnis berjalan, target konsumen juga pasti sudah bisa dirangkul dan melakukan transaksi bahkan menjadi pelanggan. 

Baca juga: Cara Menggunakan TikTok untuk Mempromosikan Website

Lalu, bagaimana dengan strategi penarikan konsumen baru kali ini? Apakah ada target konsumen yang baru atau sama seperti semula?

Pahami kembali jenis dan tujuan bisnis yang dijalankan. Penentuan target konsumen jelas akan sangat dipengaruhi dua hal ini. Harus ada pemahaman mengenai jenis dan tujuan bisnis untuk menentukan kelompok konsumen yang ditargetkan. Terutama untuk konsumen baru yang ingin dijangkau lewat strategi upcoming promotion ini.

2. Berikan Edukasi Produk

Karena ingin menggandeng lebih banyak konsumen baru, maka edukasi produk sangat penting untuk diberikan. Calon konsumen tentu tidak ingin melakukan pembelian jika tak tahu sama sekali mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. 

Oleh sebab itu, pelaku usaha harus aktif untuk menunjukkan kepada calon konsumen produk atau jasa apa yang ditawarkan kepada mereka.

Edukasi produk ini bisa dikemas secara menarik dan informatif menggunakan beragam jenis cara. Mulai dari gambar hingga penjelasan berupa video. Gunakan cara yang dirasa paling menarik dan tidak membosankan agar calon konsumen merasa penasaran. 

Pastikan juga informasi yang disampaikan lengkap dan tidak meninggalkan tanda tanya di benak konsumen.

3. Tawarkan Promo Menarik

Rencanakan upcoming promotion ini dengan sebaik mungkin. Program promosi yang beredar saat ini sangat beragam dan semuanya terlihat begitu menarik. Bisnis Anda harus punya nilai lebih dan hal ini bisa ditunjukkan lewat bentuk promosi yang punya nilai keunikan. Perencanaan promosi yang menarik tentu tidak mudah karena harus mempertimbangkan berbagai aspek. 

Baca juga: √ [Definisi] Pengertian Website & Manfaat Yang Mudah Pahami

Bentuk promosi yang bisa dicoba sangat beragam mulai dari pemberian potongan harga, buy 1 get 1, bonus produk baru, dan lain sebagainya. Beragam jenis promo ini bisa diberikan melalui platform yang berbeda. 

Misalnya lewat blog, media sosial, email, dan lain sebagainya. Pilih platform yang dirasa paling menguntungkan dan memang bisa bekerja efektif sebagai media promosi aktif.

4. Arahkan ke Blog

Lewat upcoming promotion yang ditujukan kepada konsumen baru, usahakan untuk mengarahkan audiens ke laman website atau blog Anda. Jika belum ada blog bisnis pribadi maka segera beli domain untuk blog pribadi agar dapat dimanfaatkan. Pastikan untuk mendapatkan layanan ini dari penyedia jasa hosting yang juga berkualitas agar nantinya akses blog dapat stabil.

Setiap kali ada progam promosi yang diunggah di platform lain, media sosial Instagram misalnya. Cobalah untuk menyertakan tautan menuju laman blog tadi. 

Misalnya dengan membuat aturan konsumen baru yang ingin dapat diskon harus masuk dulu ke website ini dan mengisi data diri. Langsung berikan link sehingga calon pelanggan baru akan masuk ke blog atau website secara otomatis.

5. Kumpulkan Data

Masih berhubungan dengan langkah yang dibahas sebelumnya, setelah konsumen baru diarahkan ke laman blog atau website maka minta mereka mengisikan data. Dapatkan informasi mengenai nama konsumen serta alamat email mereka. Data ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk strategi marketing berikutnya.

Pengumpulan data konsumen baru ini sangatlah penting karena bisa menjadi senjata untuk melakukan promosi di kemudian hari. Tawarkan saja program upcoming promotion yang menguntungkan dengan syarat harus ada pengisian data tadi. Langkah ini tentu akan sangat membantu pelaku usaha dalam mendapatkan data sebanyak mungkin dari target audiens mereka.

6. Tonjolkan Benefit

Konsumen saat ini sudah semakin cerdas dalam membeli suatu produk. Mereka sudah sangat teliti memeriksa detail produk sebelum melakukan transaksi. Oleh sebab itu jangan sampai kehilangan pelanggan hanya karena langkah marketing yang salah. Lewat upcoming promotion, tonjolkan benefit apa yang akan didapatkan dari suatu produk atau jasa. 

Informasi ini sangat penting untuk dipaparkan karena akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Langsung jelaskan benefit apa saja yang bisa diperoleh tanpa perlu basa-basi. 

Namun pastikan bahwa benefit tersebut memang benar-benar ditawarkan dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Jangan melebih-lebihkan produk hanya demi mendapatkan antusias audiens Anda.

Kekuatan Upcoming Promotion

Kekuatan-Upcoming-Promotion

Mengapa melalukan marketing lewat upcoming promotion? Langkah promosi ini dilakukan lebih awal sebelum produk dirilis dan dapat dibeli oleh konsumen. Upcoming promotion ini memiliki banyak kelebihan sehingga banyak dipercaya oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan angka penjualan. Berikut adalah beberapa poin yang menjadi kekuatan dari upcoming promotion.

  • Memberi rasa penasaran pada audiens
  • Meningkatkan minat audiens untuk mencari tahu lebih jauh
  • Memberi waktu bagi audiens untuk membuat pertimbangan
  • Meningkatkan value suatu produk

Upcoming promotion ini juga bisa digunakan sebagai senjata untuk menarik minat target audiens agar mengunjungi website bisnis Anda. Jika ingin menjalankan strategi upcoming promotion ini maka penting sekali untuk membangun website bisnis yang berkualitas. 

Ketika target konsumen masuk ke website Anda karena melihat promosi tadi maka peluang mereka untuk bertransaksi pun bisa semakin besar.

Membangun sebuah website bisnis di zaman sekarang ini sudah semakin mudah untuk dilakukan. Layanan jasa hosting pun semakin banyak bermunculan sehingga akan memperlancar proses pembuatan website. 

Pilihlah layanan jasa yang tepat agar akses website bisa berjalan lancar. Selain itu pilih juga nama domain murah bisnis yang tepat dan bisa mudah diingat oleh konsumen. 

Layanan website yang lancar akan membuat bisnis berkembang lebih mudah. Termasuk saat menjalankan strategi upcoming promotion ini. Promosi yang diunggah ke berbagai platform sebaiknya langsung diarahkan ke website bisnis Anda. 

Langkah ini akan mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan dan transaksi. Selain itu cara ini juga efektif meningkatkan traffic website bisnis Anda.

Baca juga: Tips Belajar Pemrograman Dasar

Kini bisa dipahami bahwa strategi upcoming promotion bisa bekerja efektif jika pelaksanaannya pun tepat. Persiapkan rencana promosi ini sedini mungkin agar bisa memberikan hasil yang efektif.

Segera beli domain demi mengoptimalkan performa website bisnis Anda. Jadikan website ini sebagai platform yang tepat dalam pengembangan bisnis tersebut.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *