Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Cara Memilih Hosting Terbaik

2 min read

Website sudah menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang, terutama oleh para pebisnis yang menjual barang/jasa melalui websitenya. Walaupun begitu, fungsi dari website ini beragam bagi masing-masing orang. Bisa jadi fungsi dari website ini adalah sebagai sarana untuk menumpahkan hobi menulis saja.

Bagi Anda yang memiliki website, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih hosting terbaik. Hosting dengan website tentu akan saling berkaitan, karena baik atau tidaknya hosting akan berpengaruh pada kinerja website tersebut.

Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara terbaik memilih hosting yang tepat dan sesuai dengan isi dari website Anda itu sendiri. Bahkan kini sudah ada banyak paket hosting berbayar dengan kelebihannya masing-masing.

Tips Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tips-Memilih-Hosting-Terbaik

Hosting menjadi sarana dalam menyimpan segala jenis data dari website, misalnya video, foto, atau file dokumen tertentu. Dalam menentukan jenis hosting yang baik tidak boleh dilakukan asal-asalan.

Berikut ini cara memilih hosting terbaik yang bisa Anda lakukan :

1. Sesuaikan Dengan Jenis Website

Apabila Anda melihat suatu jenis hosting tertentu maka Anda tetap harus menyesuaikan dengan jenis website yang Anda miliki.

Setiap hosting mempunyai kriterianya masing-masing dengan spesifikasi yang juga berbeda, dan jenis hosting ini akan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing website.

Apabila website yang Anda miliki berupa blog maka Anda bisa memilih jenis shared hosting saja. Untuk Anda yang mempunyai website bisnis yang ingin cepat berkembang, Anda bisa memilih hosting paket bisnis yang sesuai.

2. Perhatikan Potensi Traffic

Anda juga harus memerhatikan bagaimana potensi traffic website Anda. Website dengan jenis traffic yang besar tentu akan memerlukan jenis hosting yang juga berbeda.

Apabila website Anda belum terbilang besar, ada baiknya Anda memilih jenis shared hosting saja.

3. Lokasi Target Audience

Supaya performa website Anda tetap terlihat baik, maka Anda juga harus memerhatikan bagaimana lokasi target audiencenya.

Anda bisa memilih hoseting dengan lokasi server yang cocok dengan target audience yang telah Anda tentukan sebelumnya. Hampir setiap perusahaan tentunya akan menawarkan web hosting dengan server yang juga berbeda.

Tujuan dari hal itu adalah supaya tingkat kecepatan website Anda tetap stabil dan tidak akan mengalami down server.

4. Menentukan Tipe Hosting

Tipe dari setiap jenis hosting yang ada menjadi hal yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih hosting terbaik.

Ada sekitar empat jenis web hosting yang bisa dijadikan pilihan diantaranya yaitu cloud hosting, VPS, dedicated hosting, dan shared hosting. Jika Anda masih bingung memilih salah satu diantaranya, sebaiknya Anda memilih shared hosting saja.

Karena Anda bisa melakukan upgrade akun hosting tersebut kapan saja, ketika Anda memerlukan resource yang jumlahnya lebih besar atau yang dibutuhkan pada saat membuat/membangun situs.

5. Kapasitas Bandwidth

Sejumlah data yang sudah diizinkan untuk ditransfer dari server menuju ke viewer disebut dengan bandwidth.

Ada beberapa layanan yang menawarkan bandwidth yang tidak terbatas, tetapi sebagian dari mereka tidak terbuka dengan batas dari bandwidth tersebut.

Jumlah bandwidth yang dipakai nantinya ditentukan oleh jumlah lalu lintas yang diterima dan sesuai dengan ukuran konten pada hosting itu sendiri.

Contohnya banyak situs yang dikunjungi dengan jumlah gambar yang banyak, dibanding situs yang isinya hanya teks saja.

6. Sistem Keamanan

Apabila Anda memakai layanan dedicated server, maka tingkat keamanannya tak akan menjadi masalah.

Biasanya para hacker hanya membuat target untuk tipe web hosting shared dan VPS dengan mengupload sesuatu yang melanggar aturan pada website atau memberi efek negatif pada website lainnya, tapi dengan server yang sama.

Namun hal itu tak akan terjadi apabila Anda menggunakan dedicated server hosting. Biasanya para penyedia web hosting juga akan memberitahu tools apa saja yang dimiliki, untuk mencegah serangan yang sifatnya bahaya.

7. Review Web Hosting

Anda juga harus memerhatikan review dibanding hostingnya sendiri, karena hal itu menjadi cara supaya Anda tidak salah pilih hosting.

Anda bisa melihat bagaimana review tentang web hosting itu, dan hal itu akan menjadi pertimbangan Anda ketika memilih jenis hosting tertentu.

Anda juga harus melihat review dengan tepat dan dari sumber yang memang bisa dipercaya.

8. Perhatikan Kualitas Performa Server

Bukan hanya jenis hosting saja yang harus diperhatikan, tapi Anda juga harus memerhatikan bagaimana kualitas dari performa servernya. Karena setiap provider masing-masing hosting ini berbeda-beda.

Sebaiknya Anda mencari tahu kembali dan mengecek kualitas performa dari setiap provider hosting yang ada.

9. Perhatikan Layanan Supportnya

Down dan error menjadi hal yang akan selalu berhubungan dengan website, sehingga apabila website mendadak error biasanya serverlah yang menjadi penyebabnya.

Itulah sebabnya layanan support juga penting dalam memilih hosting, Anda bisa memilih layanan support 24 jam penuh untuk teknikal support yang berkualitas.

10. Murah Berkualitas

Harga dari Barang/jasa yang kita butuhkan tentu akan menjadi pertimbangan utama ketika kita memutuskan untuk membelinya.

Sama halnya dengan hosting ini, sebaiknya Anda tetap memilih hosting yang harganya termurah namun memiliki fasilitas dan isi paket yang menarik dan juga lengkap.

Jika memang tersedia hosting yang harganya murah tapi kualitasnya bagus, sebaiknya pilih hosting tersebut.

Masih banyak cara memilih hosting terbaik lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat memutuskan untuk membeli hosting. Anda juga bisa mencari rekomendasi jenis hosting mana yang bagus dan sesuai dengan website yang Anda miliki.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian Sistem Operasi

Danar
2 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *