Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Membedakan RAM

2 min read

Sebagai salah satu bagian penting dalam komputer, pemilihan dan pemasangan RAM harus dilakukan dengan hati-hati. Selain itu, sewaktu merakit komputer Anda juga harus menentukan RAM yang cocok untuk digunakan. Penting untuk mengetahui cara membedakan RAM yang tersedia di pasaran.

Ada berbagai tipe RAM, seperti DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4. Selain itu, jenis RAM juga berbeda-beda. Yang paling penting adalah Anda bisa mendapatkan RAM yang asli dan cocok untuk komputer Anda demi membantu melancarkan performa komputer.

Supaya agar lebih paham, silahkan simak ulasannya dari Cryptowi berikut ini.

Cara Membedakan RAM Asli Dan Palsu

Cara-Membedakan-RAM-Asli-Dan-Palsu

Pada saat melakukan pembelian RAM, Anda wajib melakukan pengecekan dan memastikan bahwa komponen yang akan Anda beli tersebut merupakan RAM yang asli.

RAM dengan merk palsu tidak memiliki performa sebagus aslinya dan tentu akan membawa resiko untuk komputer Anda.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih RAM untuk komputer Anda:

✓  Perhatikan bagian yang berwarna hitam. Biasanya, terdapat logo atau tulisan merk pada bagian tersebut. Jika tulisan atau logo merk tidak terlihat, bisa jadi komponen komputer tersebut merupakan produk refurbish, rekondisi, atau sudah dimodifikasi.

✓  Jika Anda mendapati bahwa RAM tersebut memiliki chip dan merk yang tidak sama. sesuaikan foto RAM beserta chip tersebut dengan foto yang dirilis oleh situs resmi dari merk RAM yang sama. Pastikan Anda membeli RAM yang merk dan chipnya benar-benar sama.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli RAM merk Kingston, pastikan chipnya juga memiliki merk Kingston. Menggunakan RAM yang benar-benar asli akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Cara Membedakan RAM Laptop DDR2 Dan DDR3

Cara-Membedakan-RAM-Laptop-DDR2-Dan-DDR3

RAM hadir dalam berbagai jenis yang berbeda seperti SDRAM dan DDR.

Jenis DDR atau Double Date Rate sendiri hadir dalam berbagai tipe, yaitu DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4.

Saat ini, penggunaan SDRAM, DDR1, dan DDR2 sudah sangat jarang ditemui.

Bagaimana Anda bisa mengetahui RAM mana yang digunakan di dalam laptop Anda? Ada beberapa cara untuk mengetahui RAM DDR jenis apa yang terdapat di laptop Anda.

1. Mengetahui Perbedaannya dari Stiker atau Kardus Laptop

Masing-masing laptop dikemas dengan sebuah kardus dan dilengkapi dengan stiker yang memperlihatkan komponen yang digunakan dalam laptop tersebut.

Dari situlah Anda bisa mendapatkan informasi mengenai tipe DDR RAM yang laptop Anda miliki.

2. Cara Membedakan RAM DDR Laptop Lewat Google

Jika stiker dan kardus laptop Anda sudah hilang, ada cara mudah untuk mengetahui RAM mana yang laptop Anda miliki yaitu mencari keterangannya di mesin pencari.

Ketikkan kata ‘Spesifikasi’, kemudian ikuti dengan nama dan seri laptop Anda.

Tampilan spesifikasi laptop Anda akan muncul di layar monitor, termasuk keterangan mengenai DDR yang digunakan.

Anda tidak bisa mencoba cara ini pada laptop yang telah Anda upgrade dan pada komputer rakitan.

3. Menggunakan Command Prompt untuk Mengetahui RAM Laptop

Jalankan Command Prompt dengan mencari ‘cmd’ di bar pencarian komputer. Setelahnya masukkan perintah wmic MEMORYCHIP get BankLabel, DeviceLocator, MemoryType, TypeDetail, Capacity, Speed kemudian tekan tombol Enter.

Dalam sedetik Command Prompt akan menampilkan keterangan. Jika Anda melihat kode 21 pada bagian MemoryType, maka tipe RAM laptop Anda adalah DDR2.

Namun, jika kode yang muncul pada bagian MemoryType adalah 24, laptop Anda memiliki RAM DDR3.

Cara Membedakan RAM DDR3 dan DDR4

Cara-Membedakan-RAM-DDR3-dan-DDR4

Generasi penerus RAM DDR3 adalah DDR4.

Apa saja yang membedakan generasi baru ini dengan yang sebelumnya? Apakah Anda perlu melakukan upgrade pada komputer yang memiliki RAM DDR3? berikut merupakan keterangannya.

1. Dukungan Kepadatan Memori

DDR3 mampu memberikan dukungan untuk kepadatan memori 8 GB. RAM DDR4 memberi dukungan kepadatan memori yang lebih tinggi yaitu 16GB.

2. Frekuensi atau Kecepatan RAM

Dibandingkan dengan DDR3, RAM DDR4 memiliki frekuensi atau kecepatan kerja yang lebih tinggi, sehingga RAM yang baru ini bisa memberikan kecepatan transfer jauh lebih cepat dan lebih baik.

3. Tingkat Tegangan RAM

RAM DDR3 akan bekerja pada tingkat tegangan 1.5V. RAM DDR4 mampu bekerja pada tingkat tegangan yang lebih rendah, yaitu 1.2V.

Hal ini membuat RAM DDR4 lebih disukai karena hemat daya.

4. Modul Masing-Masing RAM

DDR3 hadir dengan modul 240 pin saja, sedangkan modul yang dimiliki oleh DDR4 mempunyai 288 pin.

Modul DDR3 tidak cocok dengan slot yang dirancang untuk RAM DDR4, begitu pula sebaliknya.

5. Perbedaan Slot untuk DDR3 dan DDR4

Slot untuk DDR3 memiliki posisi yang berbeda dengan slot untuk RAM DDR4. Hal ini membantu Anda agar tidak membuat kesalahan ketika menempatkan RAM sewaktu merakit komputer sendiri.


Simak juga: Perangkat Keras Komputer


Setelah mengetahui berbagai cara membedakan RAM di atas, Anda wajib mengikuti petunjuk yang ada dan sangat berhati-hati ketika mencari RAM, untuk mengupgrade laptop atau untuk merakit komputer baru. Pastikan Anda membeli yang asli dan kompatibel dengan perangkat komputer Anda.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Sound Card

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Scanner

Riski M.pd
2 min read

Pengertian WLAN WMAN WPAN

Riski M.pd
2 min read

Cara Cepat Belajar IT

Riski M.pd
2 min read

Sejarah Internet

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *