Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Batas Wilayah Indonesia

3 min read

Terletak di lepas pantai daratan Asia Tenggara di lautan Hindia dan Pasifik, Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia terdiri dari 13.000 pulau yang mencakup wilayah gabungan sekitar 0,735 juta mil persegi.

Sama seperti setiap negara di dunia, Indonesia juga memiliki batas wilayah negara. Batas wilayah Indonesia terdiri dari maritim (laut) dan kontinen (darat).

Perbatasan suatu wilayah adalah bingkai dari suatu negara, sekaligus menjadi tanda pemerintahan dan kekuasaan suatu negara.

Berikut adalah batas-batas resmi Negara Indonesia yang telah diulas oleh Cryptowi dari semua sisi.

1. Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Batas-Wilayah-Indonesia-Secara-Astronomis

Letak astronomis adalah lokasi suatu tempat di titik koordinat bumi, yang perhitungannya dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Dan secara astronomis, Negara Indonesia terletak di 6˚LU – 11˚LS dan 95˚BT – 141˚BT.

Garis bujur adalah garis khayal yang memotong kutub utara dan selatan memotong garis Khatulistiwa. Garis ini bertemu dan menentukan posisi timur-barat dari suatu lokasi.

Sedangkan garis lintang adalah garis imajiner (garis khayal) yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Lintang menentukan posisi utara-selatan dari lokasi suatu tempat di bola dunia.

Lokasi di belahan bumi utara diidentifikasi oleh garis lintang utara dan diberi akhiran N untuk utara. Lokasi belahan bumi selatan, berada di lintang selatan dan diberi akhiran huruf S.

Setiap tempat di bumi dapat terletak persis dengan persimpangan meridian dan paralel, yaitu dua angka (koordinat) yang mewakili garis lintang dan garis bujur tempat itu.

Setiap angka menunjukkan jumlah derajat utara atau selatan dari Ekuador (lintang), dan timur atau barat dari 0º meridian (bujur). Dengan demikian, lintang dan bujur adalah garis sudut yang ditunjukkan dalam derajat, menit dan detik.

2. Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Wilayah-Indonesia-Secara-Geografis

Perbatasan geografis adalah garis yang memisahkan dua negara, divisi administratif, atau area lainnya. Garis perbatasan geografis dibuat untuk membatasi wilayah entitas politik dan yudisial, namun garis ini sering tidak terlihat.

Secara geografis, batas wilayah Indonesia sebelah utara adalah Benua Asia (benua terbesar di dunia).

Sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia (benua terkecil di dunia). Indonesia sendiri masuk ke dalam wilayah Benua Asia paling selatan.

Sedangkan batas geografis wilayah Indonesia sebelah barat adalah Samudera Hindia, dan batas sebelah timur adalah Samudera Pasifik.

Dua samudera ini sama luasnya, namun dengan karakteristik yang berbeda. Karena diapit oleh dua samudera, Indonesia menjadi salah satu negara dengan garis pantai terindah di dunia dan kaya akan hasil laut.

Diapit oleh dua benua juga membuat Indonesia menjadi negara yang paling strategis di dunia.

Karena Negara Indonesia berada di jalur persimpangan lalu lintas dunia yang bisa sangat ramai di waktu-waktu tertentu, sekaligus menjadi sasaran pasar dunia.

Lebih dari 50.000 kapal melewati jalur lalu lintas ini setiap tahun, membawa sekitar 20 hingga 25% barang dagangan, yang merupakan seperempat dari perdagangan global. Tentu saja, letak ideal Indonesia ini menguntungkan dari segi ekonomi.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

  • Batas Darat

Daratan Indonesia di sebelah utara adalah Pulau Kalimantan (Borneo) yang secara langsung berbatasan dengan Malaysia bagian timur, tepatnya daerah Serawak dan Sabah. Kedua daerah ini memiliki kehidupan satwa liar yang spektakuler, rumah-rumah komunal atau rumah panjang, dan Gunung Kinabalu yang kokoh.

  • Batas Laut

Sedangkan wilayah perairan Indonesia sebelah utara (selat Malaka) memiliki batas langsung dengan laut dari 5 negara, yaitu Negara Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam dan juga Filipina.

Selat Malaka adalah salah satu saluran air terpenting di dunia, yang volumenya setara dengan Terusan Suez yang terkenal, dan merupakan rute penting untuk pasar minyak dunia.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

  • Batas Darat

Batas darat suatu negara bisa berupa gunung, hutan, dan bentangan darat lainnya. Perbatasan ditetapkan melalui kesepakatan antara entitas politik atau sosial yang mengendalikan suatu negara / wilayah.

Di bagian timur, wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini bagian barat, tepatnya Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Provinsi Barat (Fly) adalah bagian kecil dari wilayah Papua yang dibatasi oleh Sungai Fly.

Sedangkan Sandaun adalah provinsi besar yang belum berkembang, dan hanya memiliki dua kota, yaitu Aitape dan Vanimo.

  • Batas Laut

Sedangkan wilayah laut Negara Indonesia bagian timur berbatasan langsung dengan perairan Samudera Pasifik yang terkenal dengan Palung Mariana. Menjadi lautan terbesar di bumi, samudera ini juga dikenal sangat berbahaya, di mana sering terjadi gempa bumi, letusan gunung berapi, dan angin topan.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

  • Batas Laut

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana menentukan batas laut suatu wilayah atau negara? Batas laut diukur dengan menarik garis dasar dari jarak 19,3 km (12 mil) ke luar ke arah laut lepas.

Garis dasar adalah garis patokan yang ditarik saat air laut surut.

Batas laut sebelah selatan wilayah Negara Indonesia adalah perairan Australia dan Samudera Hindia yang merupakan lautan terbesar ketiga di bumi.

Batas wilayah Indonesia dan Australia ini telah disepakati dan diresmikan sejak tahun 1997, yang meliputi hak otonomi, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan batas landas kontinen.

  • Batas Darat

Wilayah darat Negara Indonesia bagian selatan berbatasan dengan Timor Leste, tepatnya di Kabupaten Belu.

Timor Leste dikenal juga dengan Provinsi Timor Timur, namun pada 30 Agustus 1999, Timor Timur menurunkan bendera merah putih di wilayahnya dan menyatakan telah memisahkan diri, dan ingin menjadi negara sendiri. Namun Timor Leste baru diakui menjadi negara merdeka pada tanggal 20 Mei 2002.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Di sebelah barat, wilayah Negara Indonesia tidak memiliki batas langsung dengan negara manapun. Hal ini karena tidak ada daratan di sebelah barat Indonesia. Batas bagian baratnya adalah laut lepas, yaitu Samudera Hindia.

Meskipun daratan Indonesia terpisah sangat jauh dengan India, namun kedua negara telah menentukan dan sepakat tentang batas-batas wilayah yang terletak di titik-titik tertentu sekitar Laut Andaman dan Samudera Hindia.

Ada juga dua pulau yang menjadi tanda perbatasan dua negara ini, yaitu Pulau Nicobar dan Pulau Rondo.

Pulau Rondo adalah pulau yang masih hijau jika dilihat dari satelit, dan memiliki kekayaan laut yang melimpah, dan secara administratif pulau ini adalah bagian dari kota Sabang, Provinsi Aceh. Sedangkan Nicobar adalah pulau yang terletak di Teluk Benggala dan menjadi rumah bagi banyak suku asli.

Perbatasan mencerminkan pentingnya demokrasi suatu Negara dan dan merupakan simbol identitas nasional yang penting dan kuat. Dan sebagai warga negara Indonesia yang baik, Anda harus mengetahui batas-batas wilayah Indonesia dengan benar.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Sejarah

Danar
2 min read

Sejarah Pencak Silat

Danar
3 min read

Sejarah Paskibra

Danar
2 min read

Nilai Nilai Pancasila

Danar
2 min read

Urutan Pangkat TNI

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *