danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Bahan Kain Untuk Kondangan

3 min read

Bahan-Kain-Untuk-Kondangan

Menyongsong acara pernikahan saudara atau keluarga tentu bukanlah hal yang sederhana, bahkan terkesan rumit karena banyak hal yang harus diperhatikan.

Bukan hanya memperhatikan tempat dan waktu, melainkan juga menimbang-nimbang kesesuaian konsep acara pernikahan.

Misal dengan baju yang akan dikenakan untuk kondangan. Dalam hal ini, tentunya Anda juga perlu memperhatikan bahan kain untuk kondangan.

Bagi Anda yang hendak menghadiri acara pernikahan saudara, kerabat atau teman terdekat, salah satu yang perlu Anda pikirkan sejak jauh-jauh hari adalah desain baju yang akan Anda kenakan.

Beberapa konsep pernikahan terkadang memaksa Anda untuk menggunakan kain dengan kriteria tertentu. Jika Anda masih bingung, simak beberapa rangkuman Cryptowi mengenai jenis bahan kain untuk kondangan di bawah ini.

Bahan Kain Kondangan Acara Resmi

1. Kain Organza

Kain organza atau biasa disebut juga dengan bahan organdi ini belakangan ini memang tengah me,rajai pasar. Kain ini tengah digemari banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Bahkan jika Anda hendak membeli baju seperti atasan, dress, hijab dan bahkan kebaya, pasti Anda akan dengan mudah menemukan perpaduan bahan organza ini.

Karakteristik bahan organza sebenarnya memiliki permukaan yang tipis dan cenderung menerawang. Namun, adanya efek transparan pada kain ini tidak menjadikan kain ini dihindari tetapi justru menciptakan siluet indah ketika dipakai.

Efek yang diberikan oleh kain mungkin adalah hal yang remeh namun hal semacam itu tak bisa dipungkiri bahwa termasuk ke dalam pertimbangan yang penting untuk penampilan Anda saat dalam acara formal seperti kondangan.

Tak hanya tamu kondangan yang perlu memperhatikan ini. Jika Anda adalah calon pengantin yang menggunakan konsep ‘bagi-bagi kain seragam’ untuk saudara atau bridesmaid, tentu Anda juga harus mempertimbangkan bahan kain untuk kondangan yang nyaman digunakan oleh saudara atau bridesmaid Anda.

2. Kain Sutra

Semua orang tentu sudah familiar dengan bahan kain yang satu ini. Bahan kain yang terkenal karena kelas dan kualitasnya yang sangat bagus. Tak ayal, kain ini memiliki harga yang tinggi di pasaran.

Jenis kain ini terbuat dari kepompong ulat sutra. Salah satu kesan yang diberikan kain mahal ini adalah efek mengkilap yang natural ketika dikenakan. Meskipun mengkilap ketika dipakai, namun permukaan kain sutra ini termasuk tipis dan mampu menyerap air.

Karena ketebalannya yang tidak seberapa itulah, bahan kain mahal yang satu ini sangat mudah sobek. Perawatannya pun harus diperhatikan agar bisa bertahan lebih lama.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan kain ini untuk menghadiri kondangan, sebaiknya perhatikan gerak Anda atau pastikan tempat pernikahannya tidak berkonsep pesta kebun.

Alasannya, untuk mengkindari kemungkinan banyak dahan pohon yang membuat kain ada sobek sebab tersangkut dahan.

3. Kain Velvet

Jika bagi Anda kain sutra masih terlalu mahal, Anda tak perlu khawatir sebab ada alternatif lain yang bisa Anda pilih yaitu bahan velvet. Bahan ini juga menjadi salah satu jenis kain yang juga memiliki penampilan mahal dan berkelas. Tentunya dengan harga miring yang jauh di bawah kain sutra asli.

Pemakaian kain velvet ini paling banyak ditemukan untuk gaun-gaun malam.

Hal inilah yang menjadikan kain velvet masuk ke dalam salah satu daftar bahan yang dapat Anda gunakan untuk mendatangi acara resmi seperti pernikahan saudara atau rekan kerja. Bahan ini juga direkomendasikan untuk menjadi salah satu bahan kain untuk kondangan terbaik.

Kain velvet bisa Anda gunakan sendiri atau dikombinasikan dengan bahan kain lainnya, seperti brokat, atau organza. Untuk kesan yang lebih mewah, Anda juga bisa menambahkan tulle yang akan membuat gaun Anda terlihat lebih mewah dan extra.

4. Kain Brokat

Bukan sebuah hal baru jika banyak orang yang menggunakan kebaya untuk menghadiri acara semacam resmi semacam pernikahan. Kebaya dan kondangan seakan tak bisa dipisahkan.

Bahkan, di era modern ini masih banyak yang menggunakan kebaya untuk menghadiri acara pernikahan. Namun tahukah Anda apa bahan apa yang biasa digunakan untuk membuat kebaya?

Ya, brokat adalah jawabannya. Brokat hingga kini masih sering digunakan sebagai bahan untuk rancangan kebaya. Tak jarang Anda juga dapat menemukan kebaya yang diinovasikan menjadi lebih modern. Namun, bahannya tetap saja brokat. Itulah mengapa Anda bisa mengandalkan bahan yang satu ini untuk acara kondagan anda.

Detail brokat menjadi ciri khas bahan ini yang membuatnya cocok digunakan untuk kondangan. Pasalnya, bahan ini terdiri dari sulaman bertekstur bunga atau dedaunan yang pastinya akan memperkaya tampilanmu saat menghadiri acara formal.

Brokat biasanya juga digunakan untuk kombinasi kain ketika mempelai membagikan kain seragam. Ya seperti yang kita tahu bahwa sudah bukan hal baru lagi jika sepasang mempelai akan membagikan kain untuk beberapa orang seperti saudara atau bridesmaid.

Konsep acara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh pasangan dalam negeri, meskipun konsep awal bridesmaid lebih terkenal di Negara barat.

5. Kain Sifon

Sifon juga bukan merupakan bahan baru yang bisa digunakan untuk mendatangi kondangan. Kain sifon adalah jenis kain yang terbuat dari bahan sintetis yang terbuat dari perpaduan antara bahan nilon, sutra, katun, polyester dan rayon.

Seperti yang kita ketahui bahwa kelima bahan penyusun sifon memiliki sifanya masing-masing namun bisa menghasilkan kain dengan kualitas seperti sifon.

Sebagai gambaran umum, kain sifon memiliki tekstur yang terasa ringan, tipis, dan transparan. Yang perlu Anda ketahui jika ingin menggunakan bahan sifon, bahan ini biasanya hanya digunakan untuk pelengkap alias tidak bisa digunakan sendirian tanpa kombinasi dengan bahan lainnya.

Lazimnya, bahan sifon akan dipakai sebagai pelapis gaun malam dan pakaian formal anda. Namun, bahan kain ini memiliki satu kekurangan yaitu susah bahkan cenderung tidak mampu menyerap keringat.

Jadi, sesuaikanlah penggunaan kain ini dengan kondisi cuaca dan tempat acara kondangan yang akan Anda datangi.

Misalnya, ketika Anda diundang ke sebuah acara pernikahan yang diadakan di siang hari dan di ruang terbuka tentunya ada baiknya menggunakan bahan yang menyerap keringat.

Lain halnya jika Anda akan menghadiri acara pernikahan yang diadakan di sebuah gedung mewah dan diselenggarakan pada malam hari.

Pastikan segala bentuk bahan kain untuk kondangan Anda, atau yang akan Anda bagikan kepada bridesmaid adalah bahan yang nyaman dan sesuai dengan konsep serta tempat acaranya.

Meskipun acara kondangan selalu dinilai sebagai acara yang formal, namun tak jarang acara kondangan juga memiliki konsep santai dan dress codenya menjadi lebih kasual.

Beberapa pertimbangan di atas harus Anda perhatikan baik-baik untuk bisa berpenampilan menawan namun tetap nyaman di sebuah acara pernikahan. Bagi Anda yang akan memberikan kain seragam kepada para breidesmaid, Anda juga bisa memilihkan kain yang akan sangat berguna, bukan hanya untuk mendatangi pernikahan Anda tapi bisa juga digunakan di acara formal lain.

danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar, Terutama di Dunia Pendidikan. Yang mempunyai hobi Membaca, Fotografi dan seputar Internet Marketing.

Sejarah Sepak Bola

danar
2 min read

Sejarah Olahraga

danar
2 min read

2 Replies to “Bahan Kain Untuk Kondangan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *