Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Atletik

2 min read

Bidang olahraga atletik juga penting untuk dipelajari, baik berupa penjelasan hingga sejarahnya.

Bukan suatu hal yang jarang didengar jika mengatakan olahraga atletik, pastinya banyak orang yang mengetahui jika olahraga ini berpatokan pada kekuatan fisik yang kuat.

Banyak orang yang mengatakan jika olahraga atletik merupakan jenis olahraga tertua. Dengan demikian, penting rasanya untuk mempelajari pengertian atletik berikut dengan sejarahnya.

Pengertian dan Sejarah Atletik

Pengertian-dan-Sejarah-Penting-Atletik

1. Pengertian Atletik

Untuk yang pertama mengenai olahraga atletik yakni mengetahui tentang pengertian atletik itu sendiri.

Memang didalamnya terdapat beberapa jenis olahraga gabungan, yang memang membutuhkan ketahanan fisik.

Didalamnya terdapat olahraga lari, melempar, lompat, dan juga jalan. Jika dilihat dari segi etimologisnya, olahraga ini berasal dari Yunani yakni “Athlon” artinya perlombaan atau kontes.

Beberapa pendapat mengatakan jika, atletik merupakan salah satu jenis olahraga fisik, yang didalamnya menggunakan lintasan atau lapangan.

Sehingga beberapa olahraga pun termasuk seperti jalan, ari, lempar lembing, dan lompat tinggi. Sehingga olahraga ini mengacu pada beberapa jenis olahraga, latihan, dan beberapa permainan. Namun memang menggunakan sepenuhnya kekuatan fisik manusia.

2. Sejarah Atletik

Penting rasanya untuk mempelajari pengertian atletik dan sejarahnya, karena hal ini berpengaruh pada peradaban manusia itu sendiri.

Pada saat itu ada kegiatan Olimpiade di Yunani tahun 776 sebelum Masehi.

Perlombaan lari saat itu adalah satu-satunya yang diperlombakan. Sehingga diciptakanlah organisasi formal pada abad ke-19, dan mulai diadakan latihan regular di beberapa sekolah di Eropa.

Bahkan pada tahun 1986, olahraga ini sudah mulai diperlombakan di beberapa event Olimpiade. Bukan sebuah acara yang kecil pada saat itu, karena memang sudah diikuti oleh beberapa negara bagian.

Di Indonesia itu sendiri, olahraga ini mulai dikenal saat awal tahun 1930-an. Kala itu di Indonesia pemerintah dari Hindia-Belanda lah yang memiliki ide untuk mengajarkan pelajaran ini.

3. Pendapat dari Para Ahli

Setelah mengetahui sejarah olahraga ini, tidak terasa cukup jika belum mendengar pendapat dari para ahli.

Dimana ada beberapa pandangan yang memang cukup penting untuk dipahami, sehingga bisa memberikan konsep yang lebih jelas.

Beberapa pendapat Pengertian atletik menurut para ahli berikut ini semoga dapat bisa membantu untuk mengenal lebih jauh mengenai atletik.

  • Eddy Purnomo

Atletik dapat diartikan sebagai salah satu dari aktivitas atau sebuah kegiatan jasmani.

Dimana didalamnya terdiri dari berbagai gerakan dasar, yang dapat dikatakan harmonis dan dinamis. Sehingga termasuk jalan, lari, lompat, dan juga lempar.

  • Sukirno

Tidak berbeda jauh dengan Eddy Purnomo, namun Sukirno lebih menjelaskan tentang teori dari pengertiannya.

Yakni, olahraga ini merupakan induk dari semua cabang olahraga. Dirinya sering menggunakan istilah Mother of Sport, yang merupakan salah satu jenis olahraga paling tua.

4. Jenis Atletik Lari Jangka Pendek

Salah satu jenis olahraga yang memang cukup terkenal di bidang atletik adalah jenis lari jangka pendek. Dimana ada beberapa peraturan yang dituliskan untuk olahraga ini.

Salah satunya adalah jarak tempuh, yang mencapai 100 hingga 200 meter, bahkan bisa mencapai 400 meter. Yang biasanya diawali dengan start jongkok, hanya dibedakan oleh jarak yang ditempuhnya.

5. Pengertian Atletik Jalan Cepat

Berikutnya cabang dari olahraga atletik yaitu jalan cepat, yang dimaksud dengan jalan cepat adalah olahraga yang bergerak maju dengan cara melangkahkan kaki dengan syarat tidak boleh terputus dengan tanah.

Jalan cepat dengan melangkahkan kaki depan harus menempel tanah sebelum kaki belakang diangkat. Meninggalkan tanah.

Ada hal yang harus Anda perhatikan untuk melakukan olahraga jenis ini:

Pada saat berjalan usahakan badan tegap, tidak condong kedepan maupun belakang dan badan terus bergerak.

Ketika melangkahkan kaki diharapkan pandangan lurus menuju depan, agar tetap fokus.

Ketika menumpu posisi tumit lebih baik mendarat lebih dulu dan terus bergerak kedepan secara teratur.

6. Pengertian Atletik Lompat

Cabang olahraga lompat merupakan bagian dari Atletik yang mempunyai arti olahraga yang memerlukan skill tertentu yang membutuhkan kecepatan, kekuatan dan ketangkasan supaya seorang atlet dapat melompat sejauh yang akan dicapainya.

Olahraga lompat ini dibagai dalam beberapa macam diantara lain: Lompat Jauh, Lompat Tinggi, Lompat Galah dan Lompat Jangkit atau Triple Jump.

Seorang atlet lompat ini dituntut untuk mempunyai kecepatan berlari ( sprint ) dan juga kekuatan tolakan kaki atau tumpuan supaya mendapatkan lompatan yang baik.

7. Pengertian Atletik Lempar

Menutut KBBI arti kata lempar adalah membuang, sehingga dalam olahraga atletik jenis lempar ini dapat diartikan olahraga yang membuang jauh-jauh atau melontarkan benda yang ada ditangan seorang atlet.

Jenis olahraga lempar ini ada dua macam yaitu: lempar lembing dan lempar cakram.

Lempar lembing adalah olahraga yang membutuhkan kecepatan, teknik dan kekuatan untuk melemparkan lembing sejauh mungkin.

Lempar cakram adalah olahraga yang melontarkan benda cakram berukuran garis tengah sekitar 220 mm dengan massa 2 kg bagi pria dan 1 kg untuk wanita.

 

Dengan mengenal sejarah dan pengertian atletik lebih dalam, maka akan memberikan semangat berolahraga yang lebih baik.

Apalagi sejarahnya telah ada Sejak zaman dahulu, sehingga penting hukumnya untuk mengetahui langkah awalnya. Apalagi Indonesia telah berkontribusi dengan baik.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai olahraga atletik ini, segera berikan tanggapan Anda dikolom bawah.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Ukuran Lapangan

Danar
4 min read

Sejarah Bola Basket

Danar
7 min read

Sejarah Renang

Danar
3 min read

Sejarah Sepak Bola

Danar
2 min read

Sejarah Olahraga

Danar
2 min read

2 Replies to “Atletik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *