UX-Penting-dalam-Pembuatan-Toko-Online

Alasan Kenapa UX Penting dalam Pembuatan Toko Online

Diposting pada

Sudah membeli web hosting murah dan bagus  tapi belum tahu cara mengoptimalkan penampilan toko online? Yuk, saatnya optimalkan penampilan website Anda dengan mengaplikasikan UX (User Experience).

Tampilan adalah salah satu hal utama yang diperhatikan saat kita mengakses sebuah website. Khususnya saat mengakses website toko online saat berbelanja. Itulah yang menjadi alasan kenapa UX penting sekali di dalam pembuatan website.

Apa Itu UX?

User Experience merupakan sebuah pengalaman berdasarkan motivasi, kebiasaan, dan kebutuhan pengguna saat mereka menggunakan suatu produk. Pada dasarnya, UX tidak hanya diaplikasikan pada produk digital seperti website saja.

Contoh UX pada kehidupan sehari-hari seperti pada saat berbelanja di toko konvensional. Pengalaman Anda saat berbelanja, mulai dari masuk toko, hingga keluar toko tersebut semua dipengaruhi oleh User Experience.

Baca juga: Cara Menggunakan TikTok untuk Mempromosikan Website

UX juga menentukan kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan sebuah toko online atau menggunakan produk digital. Semakin bagus nilai UX tersebut, maka pengalaman pengguna yang berbelanja pun akan semakin baik.

UX adalah sebuah optimasi yang memudahkan para pengguna untuk mencapai tujuan mereka. Dalam sebuah toko online, UX berperan untuk mempermudah proses belanja.

Itu artinya, SSL murah Hostinger saja belum cukup untuk mengoptimalkan kenyamanan pengalaman berbelanja pada toko online.  Selain SSL, UX juga berperan di dalam memberikan kenyamanan saat proses berbelanja pengguna.

Tujuan Membangun UX yang Optimal

SSL murah belum cukup untuk memberi kenyamanan bagi para pengguna toko online. Maka dari itulah UX juga perlu dibangun untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi para customer.

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja tujuan-tujuan dibangunnya sebuah UX di dalam toko online:

1.   Mengoptimalkan Penampilan Desain  

UX tidak memengaruhi terhadap nilai estetika atau keindahan sebuah website toko online. Karena fungsi UX di dalam website bukan untuk memperindah penampilannya, tapi untuk memberikan pengalaman menyenangkan saat user berbelanja.

Sederhananya, UX dapat memengaruhi bagaimana pengalaman seorang customer saat belanja di sebuah toko online.

2.   Untuk Mendapatkan Feedback Positif dari Pengguna

Dalam pembuatan desain UX, biasanya membutuhkan sebuah aplikasi prototyping. Aplikasi tersebut bertujuan agar bisa membangun sebuah desain yang bagus dan mendapatkan feedback dari para pengguna.

Beberapa aplikasi yang digunakan untuk desain UX di antaranya seperti Figma, Adobe XD, Sketch, InVision, Axure, dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi prototyping juga sudah menyediakan fitur yang memudahkan kita dalam mengaplikasikan UX. Fitur-fitur di dalam aplikasi tersebut dapat memudahkan penggunanya untuk menghasilkan toko online yang user-friendly.

3.   Membuat Komponen-Komponen Penting

UX juga merupakan sebuah metode untuk membuat berbagai komponen penting pada website. Contohnya seperti fitur-fitur toko online, navigasi, struktur desain sebuah website, dan lainnya.

UX juga bertanggung jawab pada tampilan interface, branding, hingga copywriting. Maka dari itu, untuk membuat UX yang baik, biasanya dibutuhkan tim khusus.

Skill yang Dibutuhkan Saat Membangun UX

Ada sejumlah skill yang dibutuhkan saat membangun sebuah UX. Pasalnya, tanggung jawab seseorang atau tim yang membangun sebuah UX harus mampu membuat desain yang memberi kenyamanan bagi para pengguna.

Skill yang paling mendasar pada pembuatan UX yaitu melakukan riset, problem solving, critical thinking, creative thinking, dan analytical thinking.

Baca juga: Cara Menarik Konsumen Baru Lewat Upcoming Promotion

Riset bahkan menjadi salah satu hal penting dalam membangun sebuah UX. Pasalnya riset merupakan langkah awal yang harus diperhatikan. Riset sebelum membuat desain UX biasanya meliputi:

  • Mencari tahu kebiasaan orang yang berbelanja secara online.
  • Sistem pembayaran yang disukai oleh customer.
  • Bagaimana sistem belanja yang disukai oleh para pelanggan.
  • Memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan yang berbelanja online.

Proses Membangun Sebuah UX yang Baik dan Benar

Dalam membangun sebuah UX yang baik diperlukan sebuah proses yang terarah. Berikut beberapa proses pembuatan desain UX yang baik dan benar.

1.   Riset UX

Terkait langkah-langkah riset sudah kami jelaskan di atas. Riset sendiri merupakan salah satu langkah pertama saat mengaplikasikan UX pada sebuah toko online. Tujuannya yaitu agar desain yang diaplikasikan mampu memberikan kenyamanan bagi para pelanggan.

2.   Mulai Membuat Information Architecture

Setelah riset selesai, maka langkah selanjutnya yaitu membuat IA atau Information Architecture. IA sendiri merupakan sebuah proses menyusun struktur bagian-bagian pada toko online.

3.   Proses Pembuatan Wireframe

Selanjutnya, membangun sebuah UX yang perlu diperhatikan adalah proses membuat Wireframe atau sketsa visual dari toko online. Sketsa tersebut bisa Anda jadikan sebagai alur informasi untuk para pengguna agar bisa mengoperasikan produk.  

4.   Melakukan Pengaturan Pada UX Flows

Mengatur UX Flows adalah langkah berikutnya yang harus Anda lakukan setelah membuat wireframe. Flow sendiri dibuat dengan pendekatan UX yang tujuannya untuk memudahkan developer dalam mengembangkan toko online.

5.   Membuat Sistem Desain

Design system merupakan tahapan untuk menyimpan semua komponen desain. Beberapa di antaranya seperti penyimpanan komponen desain UI seperti warna, palette, icon, font, dan lainnya.  

Kenapa UX Penting untuk Toko Online?

Menilai dari penjelasan yang kami paparkan di atas, maka sudah tidak perlu diragukan kembali bahwa UX sangat penting sekali. Nah, berikut kami jelaskan lebih detail alasan-alasan kenapa UX sangat penting sekali dalam sebuah online store.

1.  Membangun Online Store yang Dibutuhkan Pengguna

UX membantu para pengguna atau customer nyaman saat berbelanja. Ketika website memfokuskan pada desain UX, maka peluang online store tersebut semakin diminati menjadi lebih terbuka.

2.   Meningkatkan Kepuasan Para Pelanggan

Optimasi UX mampu memudahkan customer saat mencari produk yang mereka butuhkan. Customer bisa menemukan produk secara cepat tanpa harus memakan waktu lama. Hal ini yang menjadi alasan kenapa para customer akan puas saat berbelanja pada sebuah toko online.

3.   Meningkatkan Pendapatan

Semakin baik optimasi UX di dalam sebuah website, maka akan mudah untuk menjaring para pelanggan yang mau berbelanja. Pengalaman belanja yang menyenangkan akan membuat customer ketagihan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa UX mampu meningkatkan pendapatan online store.

Kriteria UX yang Baik pada Toko Online

Setelah mengetahui berbagai penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini Anda tahu betapa pentingnya UX pada toko online. Bagi yang ingin tahu kriteria UX yang baik, berikut sudah kami rangkum di bawah ini:

  • UX yang bagus adalah yang memiliki konsistensi desain yang bisa membantu para pengguna untuk mengerti pola website itu sendiri. Dengan begitu pengguna akan lebih familier pada website tersebut.
  • Toko online dengan UX yang baik memiliki tampilan website yang nyaman saat diakses pada perangkat desktop maupun mobile.
  • Memberi kemudahan kepada para pelanggan dalam mencari produk yang diinginkannya.
  • Desain toko online jelas dan ringkas. Dengan begitu, pengguna bisa memahami informasi yang ada pada toko online secara mudah.

Baca juga: Tips Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan

Bagi Anda yang sudah membeli web hosting untuk toko online, maka mulailah mengoptimasi UX. Dengan begitu, toko online Anda tidak hanya memiliki penampilan yang bagus saja, juga memberikan kenyamanan bagi para customer.

Gambar Gravatar
Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *