Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

7 Tips Memilih Perusahaan Logistik Terpercaya, Wajib Anda Ketahui

3 min read

Jasa pengiriman logistik sangat berperan penting terhadap kesejahteraan masyarakat dunia. Agar perputaran keperluan menjadi seimbang, Anda perlu mengetahui info dan tips memilih perusahaan logistik terpercaya.

Perusahaan logistik akan sangat diperlukan bergerak cepat di saat ada sigap bencana. Bahkan, tidak ada bencana saja perusahaan ini harus tetap eksis karena dibutuhkan banyak orang.

Saking banyaknya manfaat gerakan usaha dibidang logistik ini, banyak pula jasa atau perusahaan yang tertarik untuk menggeluti dunia logistik ini.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang sering menggunakan jasanya, Anda tetap harus hati-hati dan waspada terhadap perusahaan abal-abal yang bisa saja Anda temui.

Adapun menghadapi kehati-hatian dalam memilih jasa logistik di Indonesia, Anda bisa menerapkan beberapa tips memilih perusahaan logistik terpercaya di bawah ini.

1. Dilihat dari Harga atau Tarif yang ditawarkan

Hal yang pertama saat Anda melihati perusahaan logistik, boleh juga melihat harga atau tarif yang perusahaan pasang. Sebagai salah satu contoh perusahaan logistik trawlbens yang memberikan tarif yang cukup detail.

Dalam dunia bisnis, terkadang ada jasa logistik atau pengiriman yang memberikan tarif terjangkau karena ingin membantu sesama pengusaha.

Tetapi, terkadang hal itu bukan hal yang baik jika harga yang ditawarkan terlalu ke bawah, bahkan berada pada batas bawah standar harga.

Hati-hati, bisa jadi harga yang murah atau terlalu murah banget merupakan salah satu tanda jasa atau perusahaan yang tidak benar.

Namun tidak dapat dipungkiri, harga murah masih menjadi primadona buat kalangan pebisnis yang membutuhkan jasa pengiriman barang. Boleh-boleh saja, selama masih dalam batas normal, kalau ada yang murah nggak perlu cari yang mahal kan?

2. Waktu Pengiriman, Bisa Menjadi Bukti Scam atau Asli

Tanyakan waktu pengiriman barang sampai pada lokasi yang Anda inginkan. Setiap perusahaan akan memberikan estimasi pengiriman barang sampai tujuan berapa hari.

Karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda nanti setelah memutuskan untuk memilih perusahaan tersebut.

Oh iya, jika Anda ingin memperhatikan detail, jangan lupa amati apakah perusahaan tersebut sudah punya cabang banyak di luar kota atau pulau.

Cabang yang banyak juga akan mempengaruhi kecepatan barang terkirim, jika cabangnya sedikit, barang bisa jadi terhambat di jalan dan lebih berpotensi pengiriman telat sampainya.

3. Kredibilitas Perusahaan dan Usianya

Pada poin ini, Anda juga perlu mempertimbangkan kredibilitas perusahaan logistik yang akan Anda gunakan. Amati kredibilitas perusahaan secara seksama, apakah perusahaan tersebut meyakinkan untuk mengirimkan barang Anda?

Biasanya kalau ingin mengamati ini, coba perhatikan pada pengalaman perusahaan dalam menjalankan jasa logistik. Untuk tahu seberapa berpengalaman, parameternya dari usia juga bisa.

Semakin lama perusahaan itu berdiri, maka semakin banyak pula pengalaman perusahaan dalam menghadapi klien atau pelanggan, betul tidak?

4. Amati Layanan yang diberikan

Jangan tergesa-gesa dalam memilih jasa atau perusahan logistik untuk pengiriman barang Anda. Pasalnya, perusahaan akan terlihat bagus karena pelayanan yang baik. Oleh karenanya, Anda harus jeli dalam mengamati pelayanan yang diberikan.

Melihat pelayanan perusahan logistik, biasanya hampir mirip dong, tapi ada beberapa yang membedakan. Misalnya saja, saat Anda menggunakan jasa pengiriman dengan paket ekspressnya di perusahaan tersebut, akan berbeda dengan perusahaan sebelah, mengapa?

Hal ini karena standar perusahaan berbeda ya, jadi lihatlah pelayanannya dulu, dan tanyakan pengiriman barang dengan paket ekspress menghabiskan berapa hari? Misal tidak sesuai dengan jadwal, maka perusahaan tersebut kurang baik untuk pengiriman berikutnya.

5. Jaringan Ekspedisi Perusahaan

Jika Anda belum mengerti benar seluk-beluk perusahaan, bisa dengan cara mengamati jaringan ekspedisi perusahaan terlebih dahulu. Biasanya, banyak perusahaan yang juga mengoptimalkan pengenalan jasa atau produk melalui media sosial.

Nah dari sini Anda bisa mengamatinya lebih detail bagaimana perusahaan itu aktif di sosmed, sekaligus melihat interaksi jaringannya. Karena penting banget, perusahaan logistik memiliki jaringan yang luas.

Semakin banyak jaringannya, akan memudahkan jasa perusahaan itu beroperasi. Baik dalam mengantarkan barang, atau kerjasama dengan pihak lainnya.

6. Amati Macam-Macam Pilihan Paket Pengiriman

Jangan lupa pula, teliti dalam mengamati macam-macam paket yang ditawarkan. Terkadang ada yang memberikan jenis paket yang tidak lazim, dan mengatas namakan promo, selama perusahaan tersebut legal dan sudah lama beroperasi, biasanya paket tersebut memang benar.

Hal ini akan berbeda jika yang menawarkan pilihan paket adalah perusahaan yang masih awam dalam menangani jasa logistik. Karena bisa jadi perusahaan itu hanya ingin mencari pelanggan baru tanpa mementingkan kualitas pelayanan yang baik.

Ada banyak macam paket pengiriman yang bisa Anda dapatkan biasanya kalau perusahaan itu telah lama beroperasi, sudah biasa dan lebih ahli dalam menangani kebutuhan pelanggan yang suka berbisnis. Jadi, Anda harus pandai membedakannya.

7. Baca Jaminan Keamanan yang diberikan

Terakhir, sebagai salah satu cara atau tips memilih perusahaan pengiriman barang untuk jasa pengiriman barang luar kota, Anda juga harus lihat jaminan keamanan yang diberikan.

Biasanya memang costumer service tidak akan mengatakan secara detail bagaimana jaminan keamanan yang diberikan. Namun, secara tertulis kadang ada.

Untuk bisa tahu apakah perusahaan tersebut aman digunakan atau tidak, bisa melihat dari sudah berapa lama perusahaan itu beroperasi. Atau dengan melihat hasil testimoni perusahaan, dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya.

Jika ingin testimoni, biasanya perusahaan akan langsung memajang di website resminya. Tapi kalau ingin lebih terpercaya, lihat di bagian sosmednya biasanya ada interaksi antara pelanggan dan tim yang bekerja di sana.

Itulah dia beberapa tips memilih perusahaan logistik terpercaya yang bisa Anda coba saat hendak menggunakan jasanya. Anda juga bisa mengunjungi tips lainnya mengenai kargo atau logistik di Blog Trawlbens. Semoga informasi terkait memilih perusahaan logistik bisa memberikan manfaat bagi Anda.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *